5 Cara Bikin Bisnis Warung Kopi Pinggir Jalan Laris Manis

Bisnis jualan kopi semakin ramai akhir-akhir ini. Tidak hanya sekadar pedagang keliling yang menekuninya, restauran besar pun mulai membuat inovasi dalam berjualan kopi. Namun, meskipun persaingan bisnis di sektor ini semakin semarak, tampaknya para penikmat kopi masih setia dengan warung kopi pinggir jalan. Tentu saja, selain harganya murah, juga terkesan merakyat.

Akan tetapi, menghadapi era milenial dan persaingan yang semakin ketat ini, seorang penjual kopi pinggir jalan pun harus punya inovasi dan kiat-kiat baru supaya tidak kalah dengan warung-warung modern yang digandrungi anak muda.

Contohnya dengan melakukan beberapa hal ini;

A. Desain Warung Kopimu Lebih Kekinian tetapi Tetap Sederhana

Desain Warungmu Lebih Kekinian tetapi Tetap Sederhana
Desain Warungmu Lebih Kekinian tetapi Tetap Sederhana

Selama ini warung kopi biasanya hanya berbentuk begitu-begitu saja, dengan sebuah kursi memanjang yang kusam, dan meja pelanggan yang dijadikan satu dengan meja dagang. Oleh sebab itu, cobalah berinovasi dengan membuat warung yang kecil tapi bersih. Sederhana tidak mengapa, asal bersih dan tidak terkesan sumpek.
Untuk mengatasinya, coba bikin gerobak kopi yang bentuknya mirip gerobak bakso. Kemudian sediakan bangku dan meja untuk pelanggan. Terlebih lagi, sebaiknya tidak menaruh rentengan kopi sasetan di depan meja pelanggan, supaya tidak mengganggu pemandangan.

B. Cari Tempat Strategis untuk Warung Kopi

Cari Tempat Strategis untuk Berjualan
Cari Tempat Strategis untuk Berjualan

Dalam berjualan, lokasi yang strategis juga sangat menentukan kelancaran usaha. Anda tidak mungkin jualan kopi di tempat yang tidak sama sekali pernah dilewati orang. Tidak ada yang melihat, dan pasti tidak ada yang mampir.
Tempat-tempat strategis bagi pengusaha warung kopi sederhana biasanya di pinggiran jalan. Usahakan jalan ramai yang sering dilewati orang. Beruntung kalau warung Anda terletak di sekitaran wilayah pabrik, atau pasar.

C. Biar Makin Kekinian, Pakai Gelas Cup

Biar Makin Kekinian, Pakai Gelas Cup
Biar Makin Kekinian, Pakai Gelas Cup

Penikmat kopi tidak hanya dari kalangan bapak-bapak, para remaja pun banyak yang suka nongki santai sambil menyeruput kopi. Demi menarik perhatian para remaja ini, cobalah ganti gelas belimbing yang dipakai menyajikan kopi menjadi cup. Atau, jika tidak suka pakai cup, pakai cangkir warna putih. Meskipun rasanya tetap seperti kopi sasetan, tapi bentuk cover yang berbeda juga akan memberi kesan berbeda pada pelanggan.

D. Pasang Wifi Biar Tambah Warung Tambah Ramai

Pasang Wifi Biar Tambah Ramai
Pasang Wifi Biar Tambah Ramai

Tidak ada yang bisa menolak adanya wifi gratis. Apabila Anda punya modal berlebih dan ingin mendatangkan pelanggan lebih banyak lagi, maka solusi paling jitu adalah dengan menghadirkan wifi gratis. Seenak apa pun lokasi dan rasa kopi di warung Anda, mungkin masih kalah jika dibanding dengan rasa wifi gratis.

E. Bikin Nama Warung Kopi yang Memorable dan Buka Akun Sosmed

Jangan sepelekan kekuatan pemberian nama pada usaha Anda. Semakin aneh dan unik sebuah nama, biasanya akan cepat dan selalu diingat orang. Sekarang sebut saja ceker setan, yang merepresentasikan betapa dahsyat dan pedasnya rasa ceker yang dijual. Orang-orang selalu mengingatnya, bahkan setiap kali ada ceker dengan rasa pedas, pasti akan disebut ceker setan.

Begitu pula ketika memberi nama pada warung kopi pinggir jalan milik Anda. Supaya lebih menarik pelanggan, tidak perlu sungkan memberi nama yang aneh dan nyeleneh.

Bikin Nama Warung yang Memorable dan Buka Akun Sosmed
Bikin Nama Warung yang Memorable dan Buka Akun Sosmed

Setelah itu, cobalah kembangkan lagi usaha tersebut dengan membuat akun media sosialnya di platform-platform populer seperti Facebook, Instagram, maupun Twitter. Supaya kedai Anda populer di kancah dunia maya, dan membuat tertarik orang yang bahkan belum pernah lewat depan warung kopi Anda.

Berbisnis warung kopi memang tampak sederhana, tetapi jika punya kreativitas dan ide-ide yang brilian, maka warung kopi sederhana pun bisa Anda sulap menjadi lebih baik. Selamat mencoba.

Leave a Comment