12 Usaha Modal 30 – 50 Juta yang Masih Sangat Potensial

Rutinitas sebagai pegawai kantoran terkadang memang membosankan. Pikiran untuk membuka usaha dengan modal yang tersedia pun tentu sering datang. Apakah Anda sedang mencari-cari ide usaha dengan modal 30 – 50 juta, namun masih bingung dengan usaha apa yang akan dibangun?

Apabila Anda memiliki modal yang banyak, namun salah memilih jenis usaha dan strategi, hal itu tentu akan berdampak tidak baik pada kelangsungan bisnis tersebut. Oleh karena itu, berikut akan dijabarkan beberapa ide usaha unik yang perlu Anda pertimbangkan.

Adapun bila anggaran Anda terbatas, Anda bisa melihat tips bisnis modal 10 juta.

8 Usaha dengan Modal 50 Juta yang Patut Dipertimbangkan

Ada banyak peluang bisnis yang dapat dilakukan. Namun, Anda perlu berhati-hati supaya usaha yang Anda bangun tidak termasuk ke dalam bisnis ‘latah’ yang beresiko tinggi. Kata latah di sini memiliki makna bahwa bisnis tersebut telah menjamur di mana-mana karena tren yang sedang berlangsung. Apabila tren menurun, maka konsumen pun akan menurun.

Sebagai akibatnya, usaha tersebut akan berada dalam bahaya dan bisa saja bangkrut. Jika Anda tidak yakin dengan usaha apa yang akan Anda bangun, berikut lima alternatif usaha dengan modal 50 juta yang dapat Anda pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan di daerah target bisnis Anda.

(1) Katering Makanan Sehat

Katering merupakan salah satu usaha dengan modal 50 juta yang tidak akan terkekang oleh waktu. Hal ini dikarenakan kebutuhan konsumen akan selalu ada. Untuk menjadikannya lebih spesial dan diminati oleh lebih banyak orang, bangunlah katering yang menyediakan makanan-makanan sehat. Sebagai tambahan, Anda juga dapat membuat makanan dengan program spesifik, misalnya diet atau penambahan berat badan.

(2) Toko Pakaian

Toko pakaian juga merupakan satu usaha yang tak akan terkekang oleh waktu karena setiap orang membutuhkannya. Baik dijalankan secara online ataupun offline, toko pakaian pasti akan selalu digandrungi banyak orang. Gunakan modal 50 juta tersebut untuk manajemen toko, pengadaan stok pakaian, dan urusan perizinan toko jika dibutuhkan.

(3) Fashion dengan Tema Daerah

Fashion dengan tema daerah dapat menjadi alternatif usaha dengan modal 50 juta yang selanjutnya. Gunakan motif-motif kedaerahan seperti batik, songket, dan lainnya sebagai motif utama dalam produk fashion tersebut. Produk tersebut dapat berupa baju, jaket, tas, dan sepatu.

(4) Kuliner Tradisional

Tempat kuliner tradisional akan menjadi usaha yang produknya selalu diminati oleh konsumen. Gunakan modal 50 juta tersebut untuk membuat makanan tradisional, perizinan tempat, serta dekorasi tempat yang sesuai.

(5) Jasa Cleaning (Cleaning Service)

Usaha dengan Modal 50 Juta
Usaha dengan Modal 50 Juta

Manusia zaman now makin banyak kesibukannya. Baik kesibukan yang bersifat penting ataupun tidak. Apalagi di perkotaan. Ditambah lagi dengan banyaknya kaum wanita yang menjadi wanita karir, membuat tenaga yang mengurusi rumah tangga makin sedikit. Salah satu urusan tersebut adalah soal kebersihan.

Setelah banyaknya permintaan dan penawaran akan jasa laundry, maka pasar selanjutnya yang potensial adalah jasa cleaning rumah dan perkantoran. Masih belum banyak yang menyediakan jasa ini, maka Anda bisa mengambil kesempatan ini sekarang juga.

Untuk modal bisnis ini Anda butuh alat pembersih yang cukup lengkap, mulai dari sapu, sula, vacum cleaner, alat pel, peralatan yang berhubungan dengan air dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga butuh kendaraan. Untuk skala kecil mungkin motor cukup, tapi untuk skala yang lebih besar akan membutuhkan kendaraan yang lebih besar seperti mobil misalnya.

Anda bisa memulainya dari diri sendiri atau langsung mencoba menyewa karyawan.

(6) Dekorator Interior

Jika Anda memiliki selera dan keterampilan dalam desain yang baik untuk ruang interior, mungkin Anda sering ditanyai oleh keluarga atau teman yang meminta Anda untuk mendekorasi rumah mereka.

Untuk modal bisnis ini Anda memerlukan skill atau orang yang memiliki skill di bidang ini. Anda juga membutuhkan contoh atau showcase dari desain Anda. Selain itu Anda juga membutuhkan untuk menyewa beberapa tukang ketika mengeksekusi ide desain tersebut.

Anda dapat melihat ke dalam pengaturan bisnis desain interior dan bekerja menuju kualifikasi formal dalam desain interior juga.

(7) Bimbingan Belajar

Jika Anda seorang ahli di bidang tertentu dan memiliki kualifikasi formal untuk mendukung keterampilan itu, Anda dapat menawarkan jasa Anda sebagai guru bagi anak-anak sekolah, mahasiswa, atau pelajar dewasa yang mencari bantuan dengan pelajaran mereka.

Anda bisa menjadi pembimbing di bidang bahasa tertentu atau pelajaran tertentu atau skill tertentu. Modal yang Anda butuhkan adalah seperti ruangan belajar dan/atau alat-alat peraga yang dibutuhkan.

(8). ​​Layanan Perekaman dan Pengeditan Video (+ Producer Video)

Asalkan Anda memiliki peralatan yang diperlukan, Anda dapat menawarkan layanan Anda untuk merekam video acara khusus seperti pernikahan, ulang tahun, atau fungsi perusahaan.

Untuk mendapatkan peralatan yang bagus Anda membutuhkan modal tertentu. Selain itu yang patut diperhitungkan juga adalah biaya dari software pengolah audio dan video tersebut.

Anda bisa memulai bisnis ini sendiri. Anda juga dapat menawarkan layanan pengeditan video bagi mereka yang sudah memiliki rekaman video sendiri.

Selain itu Anda juga dapat menggunakan bisnis ini untuk membuat video Anda sendiri, lalu menguploadnya di situs streaming semacam youtube.

Delapan usaha dengan modal 50 juta yang telah disebutkan sebelumnya wajib untuk Anda pertimbangkan. Lakukanlah riset untuk mengetahui kebutuhan di tempat target usaha Anda. 

Ingin Membuka Bisnis dengan Modal 30 Juta? Usaha Ini Bisa Menjadi Pilihan Anda

Di zaman sekarang ini, membuka usaha sendiri merupakan sebuah kebanggaan. Selain bisa menambah penghasilan, Anda pun bisa mengapresiasikan talenta atau kelebihan Anda untuk dijadikan uang. Namun, Anda pun harus tetap berhati-hati dalam mengelolanya. Pastinya akan ada resiko yang terjadi, baik itu untuk usaha kecil maupun yang berskala besar.

Untuk membuka usaha kecil atau menengah, dana yang diperlukan biasanya tidak mencapai 50 juta. Pelaku usaha dengan bisnis modal 30 juta pun kini sudah semakin banyak yang melakukannya. Tidak sedikit mereka yang membuka usaha hanya dengan 30 juta saja bisa mencapai kesuksesannya.

Jadi, kalau Anda sedang berbudget minim di bawah 50 juta, khususnya 30 juta, tidak perlu takut untuk membentuk bisnis sendiri. Anda yang masih bingung ingin membuka usaha apa, berikut diberikan beberapa pilihan usaha.

(9) Waralaba makanan 30 Jt

Saat ini, menjual waralaba makanan sedang banyak diminati dari berbagai kalangan. Di usaha ini, Anda tidak perlu membutuhkan banyak modal, bahkan 30 juta saja tidak sampai, karena pada umumnya hanya menghabiskan sekitar 10 hingga 15 juta saja. Dengan begitu, sisa modalnya bisa Anda pergunakan untuk kebutuhan usaha lainnya, seperti menyewa toko, mempercantik kemasan, dan sebagainya.

Jenis usaha ini banyak sekali yang bisa Anda pakai, misalnya saja menjual makanan kecil, seperti keripik. Atau mungkin kalau Anda memiliki kemampuan memasak, bisa menjualnya ke masyarakat. Untuk media penjualannya, Anda bisa menggunakan toko online yang sekarang sudah semakin mempermudah penjual menjual produknya, sedangkan pengirimannya, sudah banyak jasa pengiriman yang bisa Anda pakai, salah satunya ojek online.

(10) Salon atau spa 30 Jt

Kalau Anda suka di bidang kecantikan atau perawatan tubuh, tidak ada salahnya Anda membuka usaha salon atau spa. Jika Anda menganggap bisnis ini banyak mengeluarkan modal, sebenarnya tidak juga, karena dengan 30 juta saja, Anda sudah bisa membukanya. Cukup memakai 30 juta, Anda sudah bisa mendapatkan salon atau spa dengan ukuran sedang dan perlengkapan-perlengkapan yang sudah memadai.

Tapi, usahakan Anda melakukan riset terlebih dahulu agar bisa mengikuti trend yang sedang banyak dipakai. Dengan begitu, Anda tidak akan sepi dari calon pelanggan. Jangan lupa cari staff yang sudah cukup ahli dalam bidang ini, supaya toko Anda bisa mudah berkembang.

(11) Usaha kuliner 30 Jt

Usaha kuliner 30 juta
Usaha kuliner 30 juta

Sama seperti waralaba makanan, usaha kuliner pun sebenarnya tergolong bisnis modal 30 juta, hanya saja tergantung dari jenis kuliner apa yang Anda pilih. Dengan budget minim, Anda tetap bisa menyewa toko, gerobak, atau warung, serta kelengkapan bahan memasak lainnya.

Pastikan Anda memakai konsep yang unik, khususnya bagi Anda yang menggunakan usaha kuliner yang sudah memiliki banyak kompetitornya. Jangan lupa juga pilih tempat makan yang nyaman dan jauh dari bau-bau tidak sedap, seperti pembuangan air atau lainnya. Karyawan pun juga harus Anda perhatikan karena kenyamanan pelanggan juga berasal dari kemampuan maupun keramahan karyawannya dalam melayani mereka.

(12) Laundry 30 Jt

Bisnis lain yang cukup dengan 30 juta saja, yakni laundry. Usaha tersebut termasuk usaha berskala menengah besar karena memiliki cangkupan yang cukup luas. Untuk awalnya, mungkin Anda membutuhkan beberapa mesin cuci sekaligus mesin pengering serta alat setrika saja. Tapi, jika sudah semakin banyak mendapat keuntungan, tidak ada salahnya Anda menambahkan lagi perlengkapannya.

Walaupun Anda membuka bisnis modal 30 juta, tetaplah membuat rencana bisnis dan mempertimbangkan segala kemungkinannya. Dengan begitu, Anda bisa lebih siap menghadapi kendala selama usaha Anda tersebut berjalan. Lebih baik, pilih bisnis yang sesuai dengan minat atau kemampuan Anda, sehingga akan lebih menyenangkan Anda menjalaninya.

Kesesuaian antar kebutuhan pasar dan bisnis yang akan dibangun akan menjadi sebuah awal yang bagus. Jangan lupa juga untuk sering membuat inovasi baru terkait dengan produk ataupun servis yang ditawarkan. Hal ini berfungsi supaya bisnis Anda dapat terus bertahan seiring dengan berjalannya waktu.

Sumber Tambahan: moneypantry.com/under-5k-business-ideas/

Leave a Comment