peluang bisnis laundry

8 Usaha dengan Modal 50 Juta yang Masih Sangat Potensial

Posted on

Rutinitas sebagai pegawai kantoran terkadang memang membosankan. Pikiran untuk membuka usaha dengan modal yang tersedia pun tentu sering datang. Apakah Anda sedang mencari-cari ide usaha dengan modal 50 juta, namun masih bingung dengan usaha apa yang akan dibangun? Apabila Anda memiliki modal yang banyak, namun salah memilih jenis usaha dan strategi, hal itu tentu akan berdampak tidak baik pada kelangsungan bisnis tersebut. Oleh karena itu, berikut akan dijabarkan beberapa ide usaha unik yang perlu Anda pertimbangkan.

8 Usaha dengan Modal 50 Juta yang Patut Dipertimbangkan

Ada banyak peluang bisnis yang dapat dilakukan. Namun, Anda perlu berhati-hati supaya usaha yang Anda bangun tidak termasuk ke dalam bisnis ‘latah’ yang beresiko tinggi. Kata latah di sini memiliki makna bahwa bisnis tersebut telah menjamur di mana-mana karena tren yang sedang berlangsung. Apabila tren menurun, maka konsumen pun akan menurun. Sebagai akibatnya, usaha tersebut akan berada dalam bahaya dan bisa saja bangkrut. Jika Anda tidak yakin dengan usaha apa yang akan Anda bangun, berikut lima alternatif usaha dengan modal 50 juta yang dapat Anda pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan di daerah target bisnis Anda.

(1) Katering Makanan Sehat

Katering merupakan salah satu usaha dengan modal 50 juta yang tidak akan terkekang oleh waktu. Hal ini dikarenakan kebutuhan konsumen akan selalu ada. Untuk menjadikannya lebih spesial dan diminati oleh lebih banyak orang, bangunlah katering yang menyediakan makanan-makanan sehat. Sebagai tambahan, Anda juga dapat membuat makanan dengan program spesifik, misalnya diet atau penambahan berat badan.

(2) Toko Pakaian

Toko pakaian juga merupakan satu usaha yang tak akan terkekang oleh waktu karena setiap orang membutuhkannya. Baik dijalankan secara online ataupun offline, toko pakaian pasti akan selalu digandrungi banyak orang. Gunakan modal 50 juta tersebut untuk manajemen toko, pengadaan stok pakaian, dan urusan perizinan toko jika dibutuhkan.

(3) Fashion dengan Tema Daerah

Fashion dengan tema daerah dapat menjadi alternatif usaha dengan modal 50 juta yang selanjutnya. Gunakan motif-motif kedaerahan seperti batik, songket, dan lainnya sebagai motif utama dalam produk fashion tersebut. Produk tersebut dapat berupa baju, jaket, tas, dan sepatu.

(4) Kuliner Tradisional

Tempat kuliner tradisional akan menjadi usaha yang produknya selalu diminati oleh konsumen. Gunakan modal 50 juta tersebut untuk membuat makanan tradisional, perizinan tempat, serta dekorasi tempat yang sesuai.

(5) Jasa Cleaning (Cleaning Service)

Usaha dengan Modal 50 Juta
Usaha dengan Modal 50 Juta

Manusia zaman now makin banyak kesibukannya. Baik kesibukan yang bersifat penting ataupun tidak. Apalagi di perkotaan. Ditambah lagi dengan banyaknya kaum wanita yang menjadi wanita karir, membuat tenaga yang mengurusi rumah tangga makin sedikit. Salah satu urusan tersebut adalah soal kebersihan.

Setelah banyaknya permintaan dan penawaran akan jasa laundry, maka pasar selanjutnya yang potensial adalah jasa cleaning rumah dan perkantoran. Masih belum banyak yang menyediakan jasa ini, maka Anda bisa mengambil kesempatan ini sekarang juga.

Untuk modal bisnis ini Anda butuh alat pembersih yang cukup lengkap, mulai dari sapu, sula, vacum cleaner, alat pel, peralatan yang berhubungan dengan air dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga butuh kendaraan. Untuk skala kecil mungkin motor cukup, tapi untuk skala yang lebih besar akan membutuhkan kendaraan yang lebih besar seperti mobil misalnya.

Anda bisa memulainya dari diri sendiri atau langsung mencoba menyewa karyawan.

(6) Dekorator Interior

Jika Anda memiliki selera dan keterampilan dalam desain yang baik untuk ruang interior, mungkin Anda sering ditanyai oleh keluarga atau teman yang meminta Anda untuk mendekorasi rumah mereka.

Untuk modal bisnis ini Anda memerlukan skill atau orang yang memiliki skill di bidang ini. Anda juga membutuhkan contoh atau showcase dari desain Anda. Selain itu Anda juga membutuhkan untuk menyewa beberapa tukang ketika mengeksekusi ide desain tersebut.

Anda dapat melihat ke dalam pengaturan bisnis desain interior dan bekerja menuju kualifikasi formal dalam desain interior juga.

(7) Bimbingan Belajar

Jika Anda seorang ahli di bidang tertentu dan memiliki kualifikasi formal untuk mendukung keterampilan itu, Anda dapat menawarkan jasa Anda sebagai guru bagi anak-anak sekolah, mahasiswa, atau pelajar dewasa yang mencari bantuan dengan pelajaran mereka.

Anda bisa menjadi pembimbing di bidang bahasa tertentu atau pelajaran tertentu atau skill tertentu. Modal yang Anda butuhkan adalah seperti ruangan belajar dan/atau alat-alat peraga yang dibutuhkan.

(8). ​​Layanan Perekaman dan Pengeditan Video (+ Producer Video)

Asalkan Anda memiliki peralatan yang diperlukan, Anda dapat menawarkan layanan Anda untuk merekam video acara khusus seperti pernikahan, ulang tahun, atau fungsi perusahaan.

Untuk mendapatkan peralatan yang bagus Anda membutuhkan modal tertentu. Selain itu yang patut diperhitungkan juga adalah biaya dari software pengolah audio dan video tersebut.

Anda bisa memulai bisnis ini sendiri. Anda juga dapat menawarkan layanan pengeditan video bagi mereka yang sudah memiliki rekaman video sendiri.

Selain itu Anda juga dapat menggunakan bisnis ini untuk membuat video Anda sendiri, lalu menguploadnya di situs streaming semacam youtube.

Delapan usaha dengan modal 50 juta yang telah disebutkan sebelumnya wajib untuk Anda pertimbangkan. Lakukanlah riset untuk mengetahui kebutuhan di tempat target usaha Anda. Kesesuaian antar kebutuhan pasar dan bisnis yang akan dibangun akan menjadi sebuah awal yang bagus. Jangan lupa juga untuk sering membuat inovasi baru terkait dengan produk ataupun servis yang ditawarkan. Hal ini berfungsi supaya bisnis Anda dapat terus bertahan seiring dengan berjalannya waktu.

Sumber Tambahan: moneypantry.com/under-5k-business-ideas/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *