Usaha Ice Cream Rumahan: Langkah Awal untuk Pemula

Perkembangan usaha ice cream rumahan lambat laun semakin melonjak. Hal ini karena permintaan konsumen yang selalu meningkat setiap waktu. Mengapa banyak orang menyukai ice cream? Hampir semua orang menyukai makanan yang satu ini karena memiliki berbagai rasa dan varian warna yang menarik. Bahkan, adapula ice cream dengan bentuk-bentuk unik yang pastinya menarik para pembeli, terutama anak-anak.

Dari bentuk persegi, bulat, buah-buahan, hingga karakter kartun mampu menjadi daya tarik utamanya. Disamping itu, rasa yang manis dan tekstur es yang lembut juga menjadi salah satu poin utama pada ice cream. Oleh karena itulah, banyak orang yang memilih untuk memulai bisnis ini walaupun hanya berupa bisnis rumahan. Namun jangan salah, walaupun rumahan ternyata hasil yang didapatkan cukup menguntungkan.

Langkah-Langkah dan Tips Membuat Ice Cream agar Usaha Ice Cream Rumahan Anda Cepat Berkembang

Untuk memulai usaha ini, Anda bisa menggunakan sedikit bahan untuk mengetes rasa dan teksturnya terlebih dahulu. Selain itu juga untuk melakukan tes pasar, apakah nantinya ice cream yang Anda jual akan laku keras atau tidak. Untuk memasarkannya pun tidak perlu ke tempat yang jauh-jauh, cobalah untuk menawarkan kepada para tetangga atau anak-anak kecil di sekitar rumah Anda. Berikut ini ada langkah-langkah membuat ice cream sebagai usaha ice cream rumahan:

1. Siapkan beberapa bahan seperti, susu kental manis sebanyak 1 kaleng, gula pasir sesuai selera, tepung maizena sebanyak 3 sdm, SP atau pengembang sebanyak 1 sdm, dan air.

2. Setelah semua bahan siap, lakukan langkah pertama, yaitu dengan memasak susu kental manis, gula pasir, tepung maizena, dan gula beserta air kedalam panci. Usahakan untuk terus mengaduknya agar semua bahan tercampur dengan rata.

3. Jika sudah masak, maka dinginkan terlebih dahulu adonan tersebut dan masukkan kedalam sebuah wadah. Dinginkan didalam freezer selama kurang lebih 4-5 jam, pastikan adonan tidak sampai membeku.

4. Usaha ice cream rumahan yang satu ini cukup mudah untuk dibuat karena langkah selanjutnya adalah dengan mengeluarkan adonan ice cream dari freezer dan mixer agar adonan mencair kembali. Nah, pada saat pengadukan menggunakan mixer ini, masukkan SP atau pengembang kedalamnya. Aduk terus hingga adonan mengembang dengan sempurna. Anda juga bisa menambahkan perasa sesuai yang Anda inginkan, seperti perasa vanila, coklat, atau buah-buahan.

5. Langkah terakhir adalah dengan memasukkannya kembali kedalam freezer. Namun sebelumnya, Anda bisa memasukkan adonan ice cream kedalam kemasan yang cantik dan menarik. Tunggu hingga ice cream membeku dan siap untuk dinikmati atau dijual.

usaha ice cream rumahan
usaha ice cream rumahan

Melihat langkah-langkah pembuatannya yang begitu mudah, tak heran jika banyak orang berminat untuk mengembangkan usaha ice cream rumahan ini. Langkah diatas hanyalah resep dasar yang masih bisa Anda kembangkan agar ice cream buatan Anda menjadi lebih kaya rasa dan lebih menarik untuk dipasarkan. Anda juga bisa menambahkan topping sesuai selera untuk mempercantik ice cream tersebut. Tekstur yang lembut juga menjadi poin utama jika Anda ingin memulai usaha yang satu ini.

Selain rasa dan tekstur, kemasan ice cream pun harus dibuat semenarik mungkin. Hal ini karena tak sedikit orang yang merasa tertarik untuk membeli hanya karena melihat bungkus kemasannya yang unik. Jadi, ice cream buatan Anda pun akan semakin cantik dari dalam maupun dari luar. Itulah langkah-langkah pembuatan dan tips-tips yang bisa Anda pelajari sebelum memulai usaha ice cream rumahan buatan sendiri.

Leave a Comment