Inilah 5 Tugas AFNEI di Indonesia

Tugas AFNEI di Indonesia – Kali ini, kita akan membahas beberapa informasi yang penting anda ketahui, terutama anda yang tinggal di Indonesia. Dengan belajar dan mengetahui sejarah-sejarah apa saja yang terjadi di Indonesia.

Kemerdakaan akhirnya Indonesia raih, yang merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa dan tentunya dengan perjuangan rakyat Indonesia yang dilakukan selama berpuluh-puluh, bahkan sampai ratusan tahun lamanya. Kemerdekaan Indonesia diraih pada tanggal 17 Agustus 1945.

Dengan adanya kemerdekaan itu, akhirnya rakyat Indonesia bisa terbebas dari kekangan para penjajah yang membuat rakyat Indonesia tersiksa. Walaupun begitu, ternyata rakyat Indonesia masih harus berjuang lagi dari ancaman dan hambatan yang ada didepan mereka.

Oleh karena itulah, rakyat Indonesia dan para pemimpin bangsa juga terus berjuang untuk menghadapi ancaman dan hambatan yang menghadang tersebut. Menurut rakyat Indonesia, kemerdekaan sendiri bukan hanya sebuah tekad yang lahir saat ditempa oleh sejarah, tetapi juga sebagai jalan yang membuka semangat dasyat perlawanan terhadap segala sesuatu penjajahan, penafikan harkat dan martabat manusia, dan penindasan.

Nah, karena itu lah saat datangnya sekutu ke Indonesia yang diikuti oleh NICA, maka saat itu pula Indonesia melakukan aktivitas diplomasi dan aktivitas untuk dapat mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

tugas AFNEI di Indonesia
tugas AFNEI di Indonesia

Kedatangan Sekutu di Indonesia

Kekalahan jepang dalam Perang Dunia ke 2, menyebabkan Jepang bertanggung jawab dan diberi tugas dari sekutu untuk mempertahankan keadaan Indonesia, seperti saat penyerahannya.

Hal itu menandakan bahwa sekutu sebenarnya tidak ingin ada perubahan di Indonesia. Padahal yang terjadi sebenarnya, Indonesia sudah mengalami perubahan, yaitu rakyat Indonesia saat itu sudah memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Tugas SEAC

Di bawah pimpinan Mayor A.G. GreenBalgh, pada tanggal 8 september 1845 datang sebuah misi dari sekutu yang pertama. Mereka yang dikirim dari Singapura, oleh South East Asia Command atau SEAC.

Tugas dari misi ini, sebenarnya adalah untuk melihat keadaan dan melaporkannya, sehingga nantinya ketika sekutu ingin mendaratkan pasukan lebih aman.

Sesudah tanggal 8, di tanggal 16 September 1945 misi dari sekutu yang dipimpin oleh Laksamana Mudah W.R. Patterson akhirnya mendarat di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Di saat pendaratan sekutu ini, diikuti oleh NICA atau Netherland Indies Civil Administration.

Tugas AFNEI di Indonesia

Pasukan khusus sekutu yang dibawah pimpina Letnan Jenderal Sir Philip Chiristison, akhirnya mendarat di Jakarta pada tanggal 27 Septmber 1945, yang tergabung dalam Allied Forces Netherland East Indies atau AFNEI.

Tugas AFNEI di indonesia, antara lain:

  1. Menerima penyerahan dari tangan negara Jepang
  2. Membebaskan interminan sekutu dan tawanan perang
  3. Mengumpulkan dan melucuti orang Jepang, dan setelah it dipulangkan
  4. Mempertahankan dan menegakkan keadaan damai, setelah itu diserahkan kepada pemerintahan sipil
  5. Menghimpun keterangan yang ada dan menuntut penjahat perang

Ibukota Yogyakarta

Ibu Kota Republik Indonesia, berpindah dari Jakarta ke Yogyakarta pada tanggal 4 Januari 1946. Tujuan dari pemindahan ibu kota itu adalah untuk menjaga keberlangsungan keselamatan pemerintahan yang ada di Indonesia.

Mula-mulanya rakyat Indonesia menganggap itu maksud baik dan menerima nya dengan baik, tetapi sayangnya, pasukan sekutu tersebut menyalahgunakan sikap baik yang diberikan rakyat Indonesia.

Konflik Indonesia dan Belanda

Ketika sekutu bersikap memusuhi pemerintah Indonesia dan bangsa Indonesia pada saat itu, sehingga pada akhirnya terjadilah konflik atara rakyat Indonesia dengan belanda.

Nah, konflik yang berlangsung tersebut terdapat beberapa faktor yang menyebabkan itu semua. Diantaranya adalah:

1. Berdasarkan hasil perundingan Linggarjati, belanda akhirnya hanya memasukkan Sumatra, Madura dan Jawa sebagai wilayah Republik Indonesia, sehingga beberapa wilayah yang berada di Indonesia, mengadakan perlawanan.

2. Belanda terus mencoba untuk memecah belah rakyat Indonesia dengan berbagai cara, salah satunya adalah mendirikan negara-negara boneka, contohnya negara bagian dari RIS.

Nah, bagaimana? Apa anda sudah paham dengan penjelasan diatas? Sebagai rakyat Indonesia, memang seharusnya kita mengetahui sejarah-sejarah yang pernah ada di Indonesia, sebagai wujud kecintaan kita sebagai rakyat Indonesia.

Demikian artikel tentang tugas AFNEI di Indonesia. Semoga dengan artikel tugas AFNEI di Indonesia ini, dapat memberikan anda pengetahuan dan bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih telah membaca!

Leave a Comment