Tips Sukses Berbisnis Ternak Ayam Untuk Pemula

Tips Sukses Berbisnis Ternak Ayam Untuk Pemula – Permintaan daging dan telur ayam dipasaran terus meningkat sehingga bisnis ternak ayam merupakan ide bisnis pertenakan yang cukup menjanjikan. Keuntungan bisnis ini antara lain lebih mudah distribusinya karena produksi telur ayam lebih cepat daripada hewan ternak lain. Tentu saja jika distribusinya cepat maka perputaran modal lebih deras arusnya sehingga keuntungan bisa anda dapatkan secara mudah. namun demikian ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika akan membuka bisnis ternak ayam.

Alokasi modal hingga penentuan skala bisnis menjadi poin penting. Alokasi modal akan berpengaruh pada skala bisnis yang akan dijalankan. Sebaiknya untuk pemula bisnis ternak ayam dimulai dari skala standar terlebih dahulu guna meminimalisir resiko kerugian. Memilih bibit yang unggul hingga lokasi kandang menjadi poin penting dalam pelaksanaannya. Bagi anda yang berminat berbisnis ternak ayam, berikut beberapa tips nya untuk bisnis ternak ayam agar bisa sukses untuk pemula.

Tips Berbisnis Ternak Ayam Untuk Pemula Agar Sukses

1. Perencanaan usaha

Bisnis ternak ayam potong memang memiliki peluang yang besar namun memerlukan perencanaan yang matang. Kemampuan melihat peluang usaha sangat diperlukan ketika memulai bisnis yang satu ini. anda mesti merencanakan bisnis ayam potong secara matang seperti mengetahui naik turunnya harga, resiko hingga kondisi pasar. Faktor cuaca hingga penyakit yang kerap dijangkiti ayam juga penting diketahui dalam hal perencanaan usaha anda.

2. Penyiapan modal

Analisis biaya dan survey terlebih dahulu mesti dilakukan sebelum memulai bisnis ternak ayam. Bisnis ini memang memerlukan modal yang besar. namun besar kecilnya modal juga bergantung pada seberapa besar skala yang akan dibuat. Jika masih pemula dan belum berpengalaman sebaiknya bidik skala standar terlebih dahulu agar modal dan peluang kerugiannya bisa ditekan.

3. Lokasi kandang

Pemilihan lokasi kandang akan berpengaruh terhadap kesehatan ayam. Ayam ternak memang lebih sensitif terhadap panas dan beberapa situasi sehingga memerlukan lokasi dan penataan kandang yang dibangun secara serius. Jika aya tidak merasa nyaman makan produksi telur akan merosot atau kemungkinan ayam mati sehingga anda akan merugi. Pilih kandang yang lokasinya tidak terlalu lembab atau panas. Jaga kebersihan kandang agar ayam steril dari berbagai virus.

4. Vaksinasi dan pemberian pakan

Pemberian pakan dan vaksinasi mesti dilakukan sesuai umur ayam. Keduanya amat penting karena pakan yang berkualitas menentukan kualitas telur dan daging ayam. Vaksinasi perlu dilakukan rutin agar ayam tidak terjangkit virus berbahaya yang bahkan bisa menular ke manusia.

5. Penentuan skala usaha

Modal, luas lahan dan kapasitas kandang merupakan hal penentu untuk seberapa besar skala usaha yang akan dibangun. Faktor tersebut sangat berpengaruh menentukan seberapa banyak ayam yang akan dipelihara. Semakin banyak ayam yang anda ternakan maka skala usaha akan semakin besar. hal ini memerlukan pemasaran yang lebih tinggi sehingga telur ayam tidak menumpuk karena distribusinya lambat.

Demikian beberapa tips sukses bisnis ternak ayam untuk pemula. Semoga bermanfaat menambah pengetahuan untuk berbisnis ternak ayam.

Leave a Comment