Inilah 5 Standar Mahar Pernikahan Menurut Agama & Budaya

Bagi Anda kedua mempelai yang sedang merasa bingung dalam menentukkan mahar dalam pernikahan, maka ketahuilah standar mahar pernikahan yang paling tepat.

Sebagian besar orang menganggap bahwa mahar yang paling bagus adalah yang memiliki nilai paling tinggi dengan harga yang sangat mahal. Namun, ketahuilah sebenarnya standar mahar pernikahan yang paling bagus memang bukan hanya diengaruhi oleh harga mahal, tetapi mahar pernikahan memang tidak dipengaruhi oleh harganya. Tetapi sesuai dengan kemampuan calon mempelai laki-lakinya dengan disesuaikansesuai hak seorang calon istrinyanya.

Dengan demikian, maka ketahuilah bahwa standar mahar pernikahan memang tidak dipengaruhi oleh berapa mahalnya, tetapi memang mahar pernikahan tidak ditentukan dari batas maksimal dan minimalnya.

Walaupun, biasanya mahar pernikah memang terkenal dengan pemberian yang mahal tetapi sebenarnya mahar dapat disesuaikan dengan kemampuan calon suaminya. Banyak orang yang memang mendambakan mahar yang mewah dan mahal. Namun, hal itu bisa saja calon mempelai lakukan apabila Anda memang harta yang lebih sehingga tidak dapat membuat calon pengantin mengalami kesusahan ataupun kesulitan.

Mahar yang baik adalah mahar yang paling mudah untuk para calon suami sehingga tidak memberatkan. Sebagus-bagusnya mahar menurut islam adalah yang paling mudah.

Inilah Standar Mahar Pernikahan

Apabila Anda masih bingung menentukan apa saja mahar pernikahan maka sebaiknya ketahuilah terlebih dahulu standar mahar pernikahan yang paling tepat. Dengan demikian, maka akan memberikan pernikahan Anda menjadi lebih baik. Untuk lebih jelasnya, mari simak informasinya berikut ini.

1. Tidak Ada Batas Minimal

Ketahuilah bahwa arti mahar pernikahan tidak memiliki batasan minimal sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk menikah memang tidak mengharuskan mahar yang sangat mahal. Jadi, dengan begitu seberapapun mahar Anda maka pernikahan akan tetap sah. Walaupun mahar yang diberikan sangatlah sedikit maka tidak akan membuat pernikahan Anda tidak sah, menurut islam berapapun jumlahnya yang penting tidak memberatkan suami maka tetap dapat dijadikan mahar dan pernikahannya akan menjadi sah.

2. Tidak Ada Batas Maksimal

Selanjutnya, mahar pernikahan juga tidak ada batasan maksimal sehingga apabila Anda memiliki harta yang berlimpah sehingga ingin memberikan mahar sangat besar seperti mobil mewah ataupun ratusan juta rupiah juga akan menjadi mahar yang sah menurut islam. Namun, sebaiknya pertanyakan terlebih dahulu kepada calon istrinya menginginkan mahar apa yang dinginkan.

Apabila menginginkan hal yang sederhana maka ikutilah kemauannya karena sebaik-baiknya mahar juga merupakan hak istri.

3. Harta

Mahar memanglah berupa harta ataupun segala sesuautu yang bernilai uang. Ketahuilah, bahwa harta tidak harus bernilai uang yang besar dan mahal. Dengan begitu maka sebaiknya tentukan jenis mahar yang tepat dari harta yang dimiliki oleh seorang calon suami, dengan begitu maka tidak akan memberatkan calon suami.

Nah, harta memanglah tidaklah menjadi alasan untuk menikah sehingga maka sebaiknya pilihlah harta yang paling tepat tetapi janganlah memberatkan calon suami.

4. Ditentukan oleh Wanita

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mahar dalam pernikahan merupakan hak seorang wanita. Oleh karena itu, sebaik-baiknya standar mahar pernikahan memang harus sesuai dengan keinginan wanita. Namun, sebagai seorang wanita Anda juga harus mengetahui bahwa tidak boleh meminta mahar yang terlalu berat dari calon suaminya.

5. Sesuai Kemampuan

standar mahar pernikahan - ayanahenna.com
standar mahar pernikahan – ayanahenna.com

Seperti yang dijelaskan sebelumnya mahar memang harus disesuaikan dengan sesuai kemampuan calon suami. Walaupun, mahar yang dibelikan memang tidak bernilai uang mahal maka sebaiknya buatlah pernikahan Anda tetap menjadi pernikahan yang bernuansa bahagai. Besar kecilnya mahar memang tidak terlalu berpengaruh pada pernuansa pernikahan tetapi kegunaan uang mahar memang lebih penting.

Itulah beberapa penjelasan mengenai standar mahar pernikahan yang dapat Anda jadikan referensi dalam menentukan mahar.

Leave a Comment