Empat Rahasia dibalik Rincian Biaya Pernikahan Sederhana

Kebanyakan orang beranggapan kalau biaya nikah itu sangat mahal. Padahal kalau kamu merancangnya dengan baik dan dipikirkan matang-matang, kamu bisa melangsungkan resepsi dengan biaya yang minim. Toh makna pernikahan bukan berasal dari acara resepsi tapi dari janji kedua pasangan yang dijadikan satu hingga akhir hayat.

Resepsi menjadi acara puncak yang harus diadakan agar kebahagiaan pasangan bisa ikut dirasakan oleh orang lain. Tapi, kamu jangan menganggap kalau resepsi wajib dilakukan karena kamu bisa saja tidak membuat acara resepsi.

Konsep Resepsi yang Cocok dengan Rincian Biaya Pernikahan Sederhana

Buat kamu yang punya rincian biaya pernikahan sederhana, kamu juga tetap bisa melakukan resepsi yang tentu saja masih sangat berkesan di hari spesial kamu, pasangan, dan keluarga. Resepsi yang sederhana saja sudah bisa membuat orang lain merasakan kebahagiaan kamu.

Buat kamu yang sedang mencari alternatif konsep resepsi sederhana, baca dulu beberapa pilihan berikut. Siapa tahu kamu ada yang cocok.

1. Resepsi private atau pribadi

Resepsi secara umumnya mengundang kolega, teman sekolah, dan teman keluarga untuk ikut memeriahkan acaranya. Tapi, jumlah tamu yang diundang tentu akan mempengaruhi biaya pernikahan kamu yang pasti membuatnya semakin membengkak.

Alternatif lain yang bisa kamu akali yaitu lakukan resepsi secara private atau pribadi saja.

Tidak usah mengundang banyak orang, cukup keluarga dan sahabat terdekat saja yang kamu undang. Dengan cari ini, kamu bisa lebih merasakan kesakralan pernikahan kamu dan pastinya lebih menghemat biaya pengeluaran. Selain itu, kamu juga tidak akan capek berdiri karena tidak banyak bersalaman dengan para tamu undangan.

2. Resepsi outdoor

Ide-ide kreatif untuk melaksanakan resepsi sekarang sudah semakin beragam, salah satunya melakukannya di luar ruangan atau outdoor. Konsep ini akan sangat membantu kamu dalam menghemat budget kamu apalagi kamu yang melangsungkannya saat siang hari.

Saat siang hari, kamu tidak usah menggunakan lampu karena sudah ada sinar alami dari matahari.

Yang kamu butuhkan hanya beberapa dekorasi yang membuat tempat resepsi semakin cantik. Kamu yang sudah pilih lokasi dengan penataan yang alami dan apik, tentu tidak akan membutuhkan banyak dekorasi lagi. Paling tidak kamu cukup menambahkan hiasan bunga atau balon saja.

Nikah Di Rumah

3. Resepsi di gedung serbaguna

Resepsi sederhana juga bisa kamu lakukan di gedung serbaguna. Biasanya kantor-kantor pemerintah atau kampus menyediakan ruangan aulanya untuk disewa acara pernikahan. Banyak dari mereka pun yang menawarkannya dengan harga yang terjangkau dan tidak sampai belasan hingga puluhan juta.

Meski terlihat sederhana, ruangan akan terkesan lebih mewah kalau kamu memakai dekorasi hiasan yang pas. Dengan menyewa aula serbaguna, biaya pengeluaran kamu pun bisa semakin ditekan.

4. Konsep halaman rumah

Selain memanfaatkan aula kantor atau kampus, biaya pernikahan kamu bisa semakin hemat kalau kamu menggunakan halaman rumah apalagi halaman yang kamu punya cukup luas. Hanya menambahkan hiasan yang elegan dan pas, lokasi rumah kamu bisa berubah menjadi halaman yang mewah.

Dengan cara ini, kamu tidak usah lagi pusing tujuh keliling memikirkan biaya sewa gedung karena kamu cukup memikirkan dekorasi yang akan dipakai saja.

Kalau kamu melaksanakan acaranya di siang hari, sebaiknya tidak usah menambahkan banyak lampu. Tapi jika kamu berbudget minim, alangkah baiknya pilih waktu siang hari agar tidak menambahkan lampu lagi.

Gunakan resepsi sederhana jika kamu berbudget minim
Gunakan resepsi sederhana jika kamu berbudget minim

Dengan keempat trik tersebut, kamu pasti sudah mulai terbayang acara resepsi apa yang cocok untuk rincian biaya pernikahan sederhana. Kamu yang melangsungkan acaranya secara sederhana, bisa mengalokasikan uang tabungannya untuk keperluan lain, seperti berbulan madu keliling Indonesia atau luar negeri.

Leave a Comment