5 Prospek Kerja Sastra Inggris Apa Sih yang Paling Digemari

Tidak sedikit mahasiswa yang masuk jurusan Sastra Inggris yang masih bingung dengan pekerjaan apa yang cocok nantinya. Padahal, ada banyak sekali prospek kerja Sastra Inggris yang bisa Anda pilih, mulai dari lingkup kecil sampai ke yang lebih luas.

Meskipun banyak yang mengira masuk kuliah sastra lebih mengarah ke bidang pendidikan, sebenarnya hal tersebut tidaklah benar. Kalau Anda tidak percaya, berikut beberapa pilihan prospek kerja untuk Anda yang kuliah di bidang sastra Inggris.

Prospek Kerja Sastra Inggris Apa Sih yang Cocok Untuk Anda?

Baca baik-baik, siapa tahu beberapa karir dibawah merupakan passion Anda sebenarnya.

A. Media jurnalisme

Media jurnalisme pasti sudah tidak asing lagi untuk para mahasiswa jurusan sastra, termasuk Sastra Inggris. Kalau Anda mempunyai hobi menulis, masuk ke pekerjaan jurnalis mungkin bisa menjadi tempat yang cocok. Kemampuan menulis Anda nantinya bisa menjadi peluang untuk Anda yang ingin berprofesi sebagai reporter.

Selain itu, Anda pun juga bisa menjadi product menagement, news researcher, sampai ke bagian marketer-nya. Kalau Anda mulai berniat ingin mengambil prospek ini, ada baiknya Anda mengasah kemampuan Anda dalam menulis atau membuat teks terlebih dahulu. Anda bisa mengikuti program part time atau internship yang terkadang diadakan oleh media televisi atau media cetak.

B. Penerbitan

Tidak sedikit mahasiswa mengambil kerja di jalur publising
Tidak sedikit mahasiswa mengambil kerja di jalur publising

Sektor penerbitan merupakan salah satu pekerjaan jurusan sastra yang memang sedikit peminatnya. Tapi, untuk Anda yang ingin masuk ke prospek ini, tidak ada salahnya Anda mencobanya. Kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris sangat dibutuhkan dalam bidang publishing, seperti tim editorial.

Namun, untuk mencapai tim editorial, Anda harus membutuhkan pengalaman yang lebih banyak, karena tidak mudah dan membutuhkan proses yang panjang. Maka dari itulah, Anda harus membiasakan diri untuk menjadi tim editor kecil dari sejak kuliah supaya Anda terbiasa dengan cara dan proses kerjanya.

C. Pelayanan masyarakat

Anda yang masuk ke jurusan Sastra Inggris tidak perlu khawatir dengan pekerjaan apa yang nantinya bisa Anda ambil karena lapangan pekerjaannya juga sama banyaknya dengan bidang lainnya, salah satunya adalah pelayanan masyarakat.

Jika Anda tertarik dengan pelayanan masyarakat, jenis pekerjaan ini bisa menjadi pilihan yang menjanjikan. Contoh-contoh pekerjaan dalam melayani masyarakat, yakni PNS, bekerja sebagai staff di NGO, atau yayasan internasional. Anda juga bisa mendapat kesempatan tersebut dengan mencoba melamarnya ke kantor kedutaan asing atau departemen luar negeri.

D. Transletter atau penerjemah

Di Indonesia, banyak sekali kantor-kantor pariwisata atau perusahaan lokal maupun asing yang memiliki klien dari mancanegara. Bahasa yang mereka pakai kebanyakan menggunakan bahasa inggris, karena itulah tidak heran kalau banyak perusahaan yang membutuhkan penerjemah untuk melayani klien asing.

Kalau Anda masih ragu dengan kemampuan bahasa inggris Anda, lebih baik Anda mengasahnya terlebih dahulu dengan mengikuti magang sebagai penerjemah. Dengan begitu, Anda pun juga sekaligus mengumpulkan portofolio supaya perusahaan yakin menerima Anda.

Menjadi penerjermah sudah menjadi pekerjaan umum yang banyak dicari mahasiswa jurusan Sastra Inggris
Menjadi penerjermah sudah menjadi pekerjaan umum yang banyak dicari mahasiswa jurusan Sastra Inggris

E. Marketing

Siapa bilang dunia marketing tidak bisa disentuh oleh jurusan Sastra Inggris? Buktinya sudah banyak perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk mahasiswa sastra Inggris sebagai marketernya, apalagi untuk bisnis yang mengarah ke pasar internasional.

Kalau Anda matang dalam berkonsep dan berkreasi, tidak ada salahnya mencoba pekerjaan ini. Namun, Anda harus tahan mental karena tentunya akan ada banyak target pasar yang terus mengejar Anda nantinya.

Bagaimana? Anda sudah mulai menemukan jalur karir Anda di prospek kerja Sastra Inggris di atas? Kalau dari pilihan di atas kurang tepat untuk minat Anda, tidak ada salahnya Anda mencoba menjadi penulis lepas, penyiar radio, dan sebagainya.

Leave a Comment