Ini Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah

Apabila Anda ingin mendirikan usaha tetapi tidak punya modal, maka sebaiknya ketahuilah cara mendapatkan pinjaman modal usaha dari pemerintah tanpa bunga yang besar (yang syariah tanpa bunga).*

Bisnis ataupun usaha memang memiliki prospek keuntungan yang lebih besar, namun masalah utama yang sering menjadi kendala dalam mendirikan sebuah usaha adalah tidak memiliki modal. Apabila hal tersebut juga dialami oleh Anda maka sebaiknya mengetahui berbagai cara untuk mendapatkan pinjaman modal dari pemerintah secara jitu. Sekarang ini pemerintah memang sangat mendukung gerakan kewirausahan masyarakat karena dapat mengembangkan laju perekonomian yang ada di Indonesia. Bahkan sekarang ini ada sebuah gerakan kewirausahaan nasional.

Apabila Anda memang sudah memiliki prospek usaha ataupun sebuah bisnis dengan tujuan yang sangat jelas dan dapat diyakini mampu memberikan keuntungan yang sangat besar maka jangan ragu untuk memperkenalkan usaha Anda ini kepada pemerintah melalui sebuah event kewirausahaan ataupun yang lainnya. Hal utama yang harus Anda siapkan adalah membuat proposal bisnis yang meyakinkan agar pemerintah yakin dengan usaha yang akan dijalankan. Artikel ini akan mengulas lebih lengkap cara mendapatkan pinjaman dari pemerintah dengan mudah.

Cara Mendapatkan Pinjaman Modal dari Pemerintah

Pastinya setiap orang yang memiliki permasalahan dalam mendirikan usaha yang berkaitan dengan modal akan merasa putus asa, namun ketahuilah bahwa sekarang pemerintah akan membantu memberikan modal. Oleh karena itu, ketahuilah cara mendapatkan pinjaman dari pemerintah berikut ini.

(1) Ikuti Gerakan Kewirausahaan Nasional

Dalam rangka untuk memajukan laju perkembangan ekonomi di Indonesia, sekarang ini pemerintah memang mengadakan sebuah gerakan kewirausahaan nasional yang membantu masyarakat menumbuhkan jiwa kewirausahaannya. Apabila Anda sudah memiliki sebuah keinginan untuk mendirikan sebuah usaha, maka kenalkanlah usaha kalian pada forum kewirausahaan nasional agar lebih di dengar oleh pemerintah.

(2) Buatlah Proposal Bisnis

Sebagai seorang wirausahawan, Anda harus mengetahui cara bagaimana membuat proposal bisnis yang baik. Apabila Anda sudah memiliki sebuah ide dan prospek usaha yang bagus maka buatlah proposal usaha. Anda bisa memperkenalkan proposal bisnis pada sebuah event yang di buat pemerintah untuk para wirausaha. Jika, proposal bisnis ataupun usaha Anda memang sudah bagus maka pemerintah tidak akan merasa ragu untuk memberikan pinjaman sebagai modal awal usaha.

Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah
Pinjaman Modal dari Pemerintah

(3) Datangi Instansi Pemerintah

Selanjutnya cara yang harus dilakukan untuk mendapatkan pinjaman dari pemerintah maka gunakanlah sistem metode jemput bola. Datangilah instansi pemerintahan terdekat seperti dinas pemerintah terdekat Anda, lalu tanyakan adakah dana hibah untuk modal usaha Anda. Biasanya dengan adanya penawaran tersebut maka instansi akan meminta proposal usaha ataupun bisnis yang akan Anda jalankan dengan prospek yang sangat tepat dan juga meyakinkan.

(4) Buka Situs Pemerintah

Hal selanjutnya Anda bisa membuka situs pemerintah secara rutin untuk mengetahui adanya modal yang bisa Anda dapatkan. Misalnya dengan membuka kemenperin.go.id yaitu dinas perindustrian dan perdagangan, selanjutnya Anda juga bisa membuka situs depkop.go.id situs untuk koperasi dan UKM. Ikuti secara rutin mengenai hal yang berhubungan dengan kewirausahaan. Biasanya informasi mengenai event pemerintahan untuk mengenal produk juga terdapat di situs pemerintahan.

(5) Mengajukan Kredit Usaha Rakyat

Pemerintah memang membantu dalam bidang usaha masyarakat, termasuk usaha UMKM. Bantuan pemerintah ini memang berfungsi untuk membuat keadaan ekonomi di Indonesia lebih baik lagi. Nah, ketahuilah bahwa ternyata pemerintah telah menyediakan kredit usaha rakyat untuk masyarakat dengan cicilan ataupun kredit yang sangatlah ringan. KUR dari rakyat biasanya tergabung melalui bank kepada sebuah UKM, UMKM ataupun koperasi.

Cara mendapatkan pinjaman dari pemerintah sekarang ini cukup mudah, hal tersebut dikarenakan pemerintah memang memudahkan masyarakat yang ini melakukan usaha kecil ataupun UMKM, dan yang lainnya. Anda bias mencobanya untuk membantu menambah modal usaha Anda.

* Jika sumber modal usaha Anda adalah pinjaman, pastikan tidak mengadung bunga/riba. Karena dosanya yang tidak kecil. Sebagai alternatif dari pinjaman Anda bisa menggunakan kontrak pembiayaan (financing) seperti dengan murabahah, mudharabah, dan musyarakah.

Leave a Comment