Ini Dia Cara PRAKTIS Permohonan Tambah Daya Listrik

Kebutuhan manusia memang akan terus mengalami peningkatan. Termasuk kebutuhan akan penggunaan listrik dan juga mengalami peningkatan. Ini karena penggunaan berbagai macam peralatan elektronik dan peralatan rumah lainnya yang membutuhkan listrik.

Karena merasa daya listrik yang mereka miliki kurang, membuat banyak orang berinisiatif untuk menambah daya listrik.

Menjadi salah satu kebutuhan paling penting bagi masyarakat. Jalan itu dengan menggunakan listrik maka bisa mempermudah aktivitas mereka. Tidak heran apabila banyak sekali orang yang ingin menambah daya listrik. Hal itu pun juga didukung dengan adanya informasi apabila biaya permohonan penambahan daya listrik terbilang murah.

A. Cara Menambah Biaya Listrik

Kendati demikian masih ada yang belum mengerti Bagaimana proses permohonan tambah daya listrik tersebut. Padahal proses ini terbilang sangat mudah. Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan permohonan tambah daya listrik ini. Berikut ini ulasan mengenai cara permintaan daya listrik.

B. Datang langsung ke PLN

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mendatangi Kantor PLN terdekat untuk mengajukan tambah daya listrik tersebut. Cara ini paling mudah untuk Anda lakukan karena prosesnya akan dilakukan sepenuhnya oleh pihak PLN.

Selain itu, jangan lupa membawa KTP dan rekening listrik untuk mengajukan tambah daya listrik.

C. Melalui Situs Resmi PLN

Berkembangnya teknologi, membuat semua hal berbasis online. Termasuk permintaan penambahan daya listrik yang bisa dilakukan secara online. Kendati demikian, cara ini masih banyak membuat bingung masyarakat Indonesia terutama bagi mereka yang tidak terbiasa menggunakan Gadget.

tambah daya dari situs pln
tambah daya dari situs pln

Tetapi pengingat banyaknya masyarakat Indonesia yang telah menggunakan Smartphone, Banyak masyarakat yang sudah tidak mengeluhkan permohonan tambah daya listrik ini secara online. Berikut ini langkah yang bisa Anda ambil.

  1. Anda bisa membuka situs resmi PLN. Kemudian bisa dilanjutkan dengan memilih bagian penambah daya.

  2. Anda bisa langsung memasukkan nomor ID pelanggan meter sebelumnya.

  3. Pilih penambahan daya untuk selanjutnya anda bisa mengisi identitas sesuai dengan data pelanggan. Apabila ditanya sama, Anda bisa langsung mengcopy saja.

  4. Kemudian Anda bisa meneruskan untuk mengisi perubahan daya yang diinginkan. Anda bisa melakukan pengurangan ataupun penambahan daya sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda memilih tambah daya Maka akan muncul biaya yang harus anda bayar.

  5. Langsung ke proses berikutnya di mana anda akan mendapatkan email yang berisi Link. Email yang dikirim tersebut akan mengalihkan Anda ke web resmi dari PLN dan anda juga akan mendapatkan kode serta biaya yang harus dibayarkan.

Untuk membayar biaya tambah daya listrik ini, Anda bisa melalui bank yang telah bekerja sama, kios PPOB, hingga Kantor Pos Indonesia.

  1. Langkah berikutnya, Anda bisa menunggu pihak PLN untuk bertindak lanjut. Mulai dari pemasangan dan lainnya.

D. Berapa Biaya Permintaan Tambah Daya Listrik?

Jika anda melakukan tambah daya listrik memang akan dibebankan biaya. Hal ini berbeda dengan beberapa tahun yang lalu di mana adanya subsidi dari pemerintah mengenai tambah daya listrik ini. Tetapi karena disalahgunakan oleh pihak tertentu, akhirnya pemerintah membebankan biaya penambahan listrik.

Cara Menambah Biaya Listrik
Cara Menambah Biaya Listrik

Biaya penambahan daya listrik itu pun berbeda-beda tergantung dengan jumlah yang anda pilih. Bagi yang akan menambah daya listrik dari 450 VA ke 13000 va biayanya Rp 799.500 dan 900 VA ke 1300 VA adalah Rp377,800 dan berlaku di seluruh wilayah Indonesia.

Tambah daya listrik menjadi salah satu pilihan terbaik terutama bagi Anda yang masih membutuhkan pasokan listrik. Cara itulah dua cara yang bisa anda pilih untuk permohonan tambah daya listrik.

Artikel Lanjutan:

Leave a Comment