Perkembangan Teknologi dalam Dunia Fotografi

Ceritakan perjalanan hidupmu dengan foto” itulah kutipan yang pertama kali saya baca di buku foto grafi. Dari dulu hingga sekarang sudah berapa banyak hasil foto dan beberapa karya yang tercipta dari sebuah lensa yang disebut dengan kamera. Kamera sudah mulai dikenalkan sekitar tahun 1000 M oleh Al Hazen hingga saat ini kamera sudah di modifikasi dan sesuai dengan kebutuhan para pemakainya. Hidup kita memang tidak bisa dipisahkan dari kamera bagaimana tidak setiap moment penting selalu di abadikan bahkan dulu sebagai bentuk pengingat sejarah di samping melukis dan menulis.

Itu sepintas tentang pengenalan dunia fotografi, disini saya akan menceritakan sedikit tentang hubungan fotogarafi dengan teknologi saat ini. Kita tahu bahwa fotografi merupakan seni dan bagaimana kita meramu foto layaknya masakan yang siap dihidangakan. Perlunya pemahaman tenteng fotografi itu sendiri karena setiap komponen dari fotografi memerlukan teknologi yang canggih, apa lagi pada zaman semodern ini.

Setiap orang memiliki mimpi,cita cita dan obsesi masing masing bukan. Kita terlahir pada zaman dimana manusia hidup berdampingan dengan teknologi salah satunya adalah dunia fotografi. Disini saya akan sedikit menceritakan tentang hobi sekaligus cita cita yang akan saya kembangkan setelah lulus kuliah. Cita cita saya adalah membuat usaha yang bergerak di bidang fotografi dan advertising. Kenapa usaha fotografi karena usaha ini sudah banyak dimininati bahkan bisnis ini telah berkembang di seluruh pelosok dusantara bahkan dunia. Namun saya akan konsentrasikan pada landscape dan human fotography dan advertising iklan bukan baner dan sebagainya karena dengan kita menjadi spesialisasi kita jadi lebih bisa fokus mengembagkan dan para pelanggan lebih mudah memilih usaha yang khusus konsentrasi pada bidangnya.

Ada beberapa faktor yang menunjang dalam dunia fotography dan penggunaan teknologi diantaranya:

  1. Kita harus memiliki kamera yang sesuai dengan kebutuhan usaha yang kita perlukan yakni kemera SLR. DSLR dan printing untuk advertising. Ini adalah betuk teknologi yang menunjang kerja kita, tanpa adanya teknologi tersebut kita tidak bisa berbuat banyak bahkan usaha yang akan kita jalankan akan tertunda dan tersendat. Oleh karena itu peran teknologi dalam dunia fotography sangat penting.

  2. Teknologi printing dalam usaha advertising ini juga penting sebagai sarana untuk mencetak iklan atau banner. Makin cepat alat mencetak maka makin banyak pesanan yang bisa kita selesaikan dengan cepat.

Kendala dan Kekurang dalam usaha fotography:

  1. Kendalanya mungkin terdapat pada modal utama untuk membeli kamera dan beberapa perlengkapan yang menunjang.

  2. Kamera yang digunakan harus yang memiliki ciri yang sesuai dengan usaha yang kita kelola.

  3. Kelemahanya mungkin menjamurnya masyarakat yang sudah memiliki kamera sendiri walaupun dalam bentuk kamera digital. Bahkan sekarang handphone cangguh sudah dilengkapi dengan kamera yang memiliki kapasitas untuk memotret obyek dengan kamera yan memili pixel yang cukup bagus.

Itulah beberapa faktor dan hubungan teknologi dalam dunia fotography dan advertising tanpa adanya teknologi kita tidak bisa bekerja lebih cepat dan maksimal. Bukan berati kita menjadi ketergantungan tapi kita memanfaatkan teknologi yang sudah ada.

Jadi kesimpulannya apapun bentuk usaha atau bisnis yang kita kelola semua itu tidak terlepas dari teknologi dan perkembanganya. Karena dengan adanya teknologi pekerjaan manusia bisa jadi lebih mudah.

Tulisan Oleh: AlvinCanzaliDM

Leave a Comment