perbedaan seminar, workshop, lokakarya dan simposium
perbedaan seminar, workshop, lokakarya dan simposium

Perbedaan Seminar, Workshop, Lokakarya dan Simposium; Apa yang Membedakannya?

Posted on

Tahukah Anda apasih perbedaan seminar, workshop, lokakarya dan simposium itu? Diantara keempat istilah tersebut, salah satunya pastinya sudah tidak asing dan sering Anda dengar bukan? Sayangnya, banyak yang salah dalam mengartikan bahkan menggunakan keempat istilah tersebut. Nah, bagi Anda yang belum memahami perbedaan antara istilah tersebut dan sering salah dalam menggunakannya, berikut ini informasi untuk Anda.

3 Poin Perbedaan Seminar, Workshop, Lokakarya dan Simposium

Untuk memudahkan dalam memahami perbedaan seminar, workshop, lokakarya dan simposium, ada beberapa poin yang bisa membantu Anda. Hal itu karena pada dasarnya keempat forum itu adalah jenis forum diskusi yang hampir mirip. Karena itulah banyak yang salah dalam mengartikan dan menggunakan istilah-istilah tersebut. Berikut adalah penjelasannya.

A. Perbedaan Berdasarkan Pengertiannya

Perbedaan seminar, workshop, lokakarya dan simposium yang pertama bisa dilihat dari pengertiannya. Seminar bisa diartikan sebagai pembahasan sebuah masalah dalam forum yang bersifat ilmiah. Sedangkan workshop dan lokakarya sebenarnya mengacu pada istilah yang sama, hanya berbeda bahasa, yaitu pertemuan ilmiah dalam skala kecil dimana orang yang berpartipasi adalah ahli dalam satu bidang tertentu. Lain lagi dengan simposium yang merupakan forum dimana ada beberapa pembicara ahli yang berbicara tentang satu topik namun dari sudut pandang yang berbeda.

B. Perbedaan Berdasarkan Pesertanya

Perbedaan seminar, workshop, lokakarya dan simposium selanjutnya adalah dari segi pesertanya. Keempat forum ini memang forum yang melibatkan ahli-ahli di bidangnya. Bedanya, di seminar pembicaranya bisa lebih dari satu orang untuk membahas satu topik tertentu. Tujuan dari seminar pun jelas, yaitu untuk menemukan solusi dari permasalahan yang dibahas. Sama seperti lokakarya yang hampir mirip dengan seminar namun dengan skala yang lebih kecil. Sedangkan simposium pembicaranya lebih banyak karena harus mendengarkan pendapat dari sudut pandang yang berbeda.

C. Tujuan dan Keunggulan Forum

Keempat forum tersebut bisa dikatakan adalah forum-forum yang bersifat akademik. Maka dari itu, sudah jelas jika tujuan digelarnya forum-forum tersebut adalah untuk mencari pemecahan dari masalah atau topik yang diangkat. Bedanya, untuk seminar tujuan diadakannya seminar ini adalah untuk mencari solusi atas permasalahan atau topik yang diangkat namun dengan cara yang sistematis. Hal tersebut hampir sama dengan yang terjadi pada workshop atau lokakarya namun dalam skala audience yang lebih kecil. Sedangkan pada simposium, karena pada dasarnya simposium dibuat untuk bisa mendengar pendapat dari berbagai sudut pandang dari beberapa ahli sehingga bisa mencari solusi dari sana.

perbedaan seminar, workshop, lokakarya dan simposium
perbedaan seminar, workshop, lokakarya dan simposium

Nah, itulah tadi penjelasan singkat tentang perbedaan dalam hal pengertian, tujuan dan keunggulan serta peserta dalam seminar, workshop, lokakarya dan simposium. Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan jika keempat jenis forum itu adalah forum yang hampir sama karena melibatkan ahli-ahli atau akademisi yang ahli dalam bidang yang menjadi topik yang akan dibahas. Karena itulah tak heran jika banyak orang yang salah dalam mengartikan bahkan menggunakan istilah-istilah tersebut.

Penjelasan di atas semoga bisa membantu memudahkan Anda dalam memahami perbedaan seminar, workshop, lokakarya dan simposium. Dengan memahami perbedaan dan penggunaan keempat istilah tersebut, kini Anda bisa mengetahui kapan saat Anda bisa menggunakan istilah seminar, workshop, loka karya maupun simposium. Jadi, meskipun keempat istilah tersebut mengacu pada satu hal yang sama, namun keempatnya memiliki perbedaan mendasar yang akhirnya membedakan keempat istilah tersebut. Nah, sudah tidak bingung lagi kan membedakan antara keempatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *