Ketahui 4 Perbedaan Peralatan & Perlengkapan dari Segi Pengertiannya

Dalam dunia perkantoran hingga akuntansi, maka tentunya tidak akan bisa dilepaskan dari kata peralatan dan perlengkapan. Kedua kata ini sebetulnya memiliki makna yang sangat berbeda.

Meski demikian masih banyak orang yang tidak tahu perbedaan peralatan dan perlengkapan sehingga kerapkali dianggap sama. Banyak sekali yang sering terbolak-balik dalam penggunaan kata peralatan dan perlengkapan sehingga tidak tepat.

Itulah mengapa penting sekali untuk mengetahui makna dari keduanya sehingga tidak salah dalam menggunakannya, apalagi untuk ditulis di laporan pekerjaan.

Perbedaan Peralatan dan Perlengkapan dari Segi Pengertiannya

Kata peralatan dan perlengkapan tentulah sangat dekat sekali dengan kehidupan dunia perkantoran. Bahkan kedua kata tersebut hampir pasti masuk dalam laporan perusahaan. Tentunya jika membuat laporan maka tidak boleh ada kesalahan sama sekali karena pertanggungjawabannya yang besar.

Itulah mengapa penggolongan peralatan dan perlengkapan jangan sampai salah. Sebetulnya peralatan dan perlengkapan memiliki perbedaan yang signifikan sehingga cukup mudah dibedakan.

Untuk mengenal perbedaan peralatan dan perlengkapan secara lebih detil, maka berikut ini penjelasan secara singkat:

A. Pengertian peralatan dan perlengkapan

1. Peralatan

Pengertian peralatan yakni barang yang bentuknya merupakan alat atau tempat. Guna dari peralatan tersebut yakni untuk mendukung pekerjaan berjalan dengan baik sehingga bisa dibilang jika tidak ada peralatan maka pekerjaan di kantor bisa kacau.

Peralatan umumnya memiliki ketahanan yang lebih lama dengan masa manfaat yang juga lebih lama apabila dibandingkan dengan perlengkapan. Beberapa contoh peralatan yakni kendaraan, komputer hingga mesin-mesin. Dalam bahasa Inggris, peralatan disebut dengan equipment.

2. Perlengkapan

Untuk mengenal perbedaan peralatan dan perlengkapan, maka Anda juga harus tahu makna perlengkapan. Perlengkapan sendiri adalah barang yang sifatnya habis dipakai dan bisa dipakai secara berulang.

Bentuk dari perlengkapan sendiri relatif kecil dan bisa juga habis dipakai. Untuk tujuan adanya perlengkapan adalah untuk melengkapi kebutuhan dari perusahaan menjalankan bisnisnya. Beberapa contoh perlengkapan misalnya kertas, tinta, pulpen dan lainnya. Dalam bahasa Inggris, perlengkapan disebut supplies.

B. Ciri peralatan dan perlengkapan

1. Peralatan

Ciri dari peralatan diantaranya memiliki biaya penyusutan dan bisa dijual kembali. Ketika dijual kembali, nantinya ada kemungkinan untuk mendapatkan untung atau bahkan rugi. Selain itu peralatan juga memiliki masa manfaat setidaknya 1 tahun dan umumnya butuh listrik atau bahan bakar dalam penggunaannya.

perbedaan peralatan dan perlengkapan
perbedaan peralatan dan perlengkapan

Mengingat pemakaiannya untuk jangka panjang dan bisa dijual kembali, maka peralatan biasanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal dan dengan bentuk lebih besar. Tujuan peralatan adalah untuk mendukung jalannya usaha. Perusahaan mencatat peralatan sebagai fixed asset atau aktiva tetap.

2. Perlengkapan

Perbedaan peralatan dan perlengkapan bisa sangat jelas diketahui dari segi cirinya. Untuk ciri perlengkapan diantaranya adalah tidak adanya biaya penyusutan lantaran termasuk barang habis pakai. Karena sifatnya yang habis pakai, maka perlengkapan pun tidak bisa dijual kembali.

Masa manfaat perlengkapan umumnya kurang dari 1 tahun. Perlengkapan bisa dipakai tanpa listrik sehingga harganya cenderung lebih murah dengan bentuk yang lebih kecil. Tujuan utama dari perlengkapan adalah sebagai pelengkap saja dan tercatat sebagai aktiva lancar.

Itulah penjelasan terkait perbedaan peralatan dan perlengkapan. Dengan mengetahui perbedaan dari keduanya, maka kini Anda tidak akan salah lagi dalam menggunakan kedua kata tersebut baik untuk bahasa lisan maupun tertulis.

Biasanya peralatan dan perlengkapan sangat dekat dengan dunia perkantoran dan perusahaan dimana memiliki golongannya sendiri.

Leave a Comment