5 Perbedaan Efektif dan Efisien dalam Sebuah Pekerjaan

Mengerjakan suatu pekerjaan diharapkan dapat mendapatkan hasil yang optimal. Tidak hanya itu, proses pengerjaan juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Dalam pengerjaan tersebut biasa dikenal istilah efektif dan efisien. Kedua istilah tersebut tidak bisa dipisahkan dalam manajemen pekerjaan dan bidang ekonomi.

Meskipun terdengar sama, nyatanya terdapat perbedaan efektif dan efisien yang mendasar.

Perbedaan Efektif dan Efisien Berdasarkan Definisi dan Proses Pengerjaan

Efektif berarti mengerjakan suatu pekerjaan untuk mencapai target yang ingin dicapai, sedangkan efisien berarti mengerjakan suatu pekerjaan dengan usaha minimum untuk mencapai hasil optimum.

Secara sekilas, kedua istilah tersebut tidak ada bedanya. Namun, rupanya terdapat perbedaan yang dari makna keduanya dan penggunaannya tidak bisa ditukar. Berikut merupakan perbedaan efektif dan efisien dalam manajemen pekerjaan.

A. Definisi

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, efektif berarti dapat membawa hasil sedangkan efisien berarti mampu menjalankan tugas dengan tepat dan cermat. Secara istilah, efektif berarti melakukan pekerjaan dan menyelesaikan target yang dikehendaki.

Berbeda dengan efektif, efisien berarti melakukan pekerjaan untuk mendapatkan hasil optimal dengan usaha minimum. Dengan kata lain, efektif adalah mengerjakan pekerjaan yang benar dan efisien adalah mengerjakan pekerjaan dengan benar.

B. Aspek yang diperhatikan

Kata efektif dan efisien memprioritaskan hal yang berbeda. Hal tersebut termasuk dalam perbedaan efektif dan efisien. Suatu pekerjaan dikatakan efektif apabila memberikan hasil yang baik dan benar. Orang lain tidak perlu memperhatikan bagaimana proses dan usahanya.

Hal ini berbeda dengan melakukan pekerjaan yang efisien. Suatu pekerjaan dikatakan efisien apabila memberi hasil yang benar tetapi dilakukan dengan usaha yang juga benar dan minimal. Pekerjaan yang efisien merupakan pekerjaan yang memperhatikan bagaimana proses dan usaha yang dilakukan.

Artinya, efisien melihat rasio terbaik antara sumber daya yang diperlukan dengan hasil yang akan diperoleh.

C. Cara peningkatan

Terdapat perbedaan efektif dan efisien dalam cara meningkatkannya. Untuk meningkatkan efektivitas, yang perlu dilakukan hanyalah bertujuan untuk meningkatkan hasil akhir dibandingkan sebelumnya.

Pelaku tidak mempedulikan apakah proses yang diperlukan untuk meningkatkan hasil tersebut minimal atau tidak. Sedangkan untuk meningkatkan efisiensi, pelaku berusaha meningkatkan hasil tetapi menggunakan usaha yang sama seperti sebelumnya atau mempertahankan hasil tetapi menggunakan usaha yang lebih kecil dibandingkan usaha sebelumnya.

D. Penerapan

Dalam manajemen pekerjaan, efektif dan efisien sangat penting. Pekerjaan yang efisien merupakan pekerjaan yang mencari cara terhemat untuk mencapai tujuan. Hemat yang dimaksud mulai sumber daya manusia, bahan, sampai biaya.

Waktu yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan efektif cukup singkat tetapi membutuhkan biaya tinggi. Sedangkan pekerjaan efisien akan membutuhkan waktu lebih lama tetapi dapat menghemat biaya.

E. Proses pekerjaan yang dilakukan

perbedaan efektif dan efisien
perbedaan efektif dan efisien

Melakukan pekerjaan yang efektif dan efisien akan mencapai tujuan dengan cepat dengan menggunakan usaha yang minimal seperti biaya hemat dan tenaga yang minimal.

Pekerjaan efektif tetapi tidak efisien mencapai tujuan dengan cepat tetapi membutuhkan usaha yang besar, sedangkan pekerjaan efisien tetapi tidak efektif adalah usaha yang membutuhkan usaha kecil tetapi tujuan lama tercapai.

Pekerjaan tidak efektif dan tidak efisien adalah jenis pekerjaan yang harus dihindari. Dalam jenis pekerjaan ini, hasil yang diperoleh kecil dan usaha yang dikeluarkan besar.

Dalam pekerjaan yang ideal, pekerjaan sebaiknya dilakukan dengan efektif dan efisien secara bersamaan. Setelah mengetahui perbedaan efektif dan efisien, para pelaku usaha dan manajemen pekerjaan sebaiknya dapat meningkatkan hasil akhir dan menurunkan usaha yang minimal.

Leave a Comment

GRATIS

RAHASIA Mendapatkan Rupiah di Youtube, Yang Bisa Dijalankan Secara SAMPINGAN Oleh SEMUA

-> SAYA MAU PANDUAN YOUTUBER