Mengenal Perbedaan Analisa dan Analisis yang Kerap Dianggap Sama

Di dunia akademis, bahasa menjadi hal yang sangat penting. Umumnya bahasa yang dipakai dalam dunia akademis yakni bahasa formal. Mengingat bahasa formal ini jarang dipakai di keseharian kecuali di kondisi resmi, maka tak heran jika ada beberapa kata yang kurang dimengerti maknanya. Bahkan beberapa kata yang memiliki arti berbeda pun dianggap sama.

Salah satunya yakni perbedaan analisa dan analisis yang belum banyak diketahui.

Mengenal Perbedaan Analisa dan Analisis

Jika dilihat secara sekilas saja, maka kata analisa dan analisis ini terdengar sama dengan makna yang sama juga. Tak heran jika banyak yang menggunakan salah satu atau kedua kata ini di laporan dan bahkan bahasa lisan yang kurang tepat.

Tapi ternyata apabila ditelusuri dengan lebih mendalam, maka ada beberapa perbedaan analisa dan analisis dari ragam aspeknya.

Untuk bisa menggunakan kedua kata ini dengan tepat, maka ada baiknya jika Anda pun mengerti makna sebenarnya dari kedua kata ini. Berikut ini perbedaan analisa dan analisis:

1. Pengertian analisa dan analisis

Sebelum mengetahui perbedaan yang mendalam dari analisa dan analisis, maka ada baiknya Anda tahu lebih dulu perbedaan pengertian keduanya. Dalam hal pengertian, kedua kata ini memfokuskan pada makna pengamatan dan penelitian.

Namun, jika ditelusuri lebih lanjut maka makna dari kedua kata ini adalah dari segi pengamatan yang dilakukan secara mendetil sehingga nantinya bisa menjadi sumber rujukan. Secara umum pengertian dari analisa dan analisis tidak memiliki perbedaan yang signifikan karena keduanya merujuk dalam arti pengertian yang dilakukan dengan mendetil.

Meski demikian, dari segi penggunaan kata analisa dan analisis berbeda.

2. Penggunaan analisa dan analisis

Telah dipaparkan sebelumnya bahwa dari segi makna pengertian, analisa dan analisis sebetulnya tidak berbeda. Namun, perbedaan analisa dan analisis yang sangat kentara adalah justru dari segi penggunaannya. Untuk analisa sendiri merupakan kata yang rujukannya adalah makna sedang melakukan pekerjaan.

Dalam hal ini analisa adalah kata kerja. Untuk itu, apabila Anda ingin mengungkapkan pengamatan dalam bentuk pekerjaan, maka bisa menggunakan kata analisa. Analisis berbeda dengan analisa karena analisis adalah kata benda. Untuk itu analisis bisa digunakan untuk kata yang dikenai pekerjaan karena kata benda.

3. Contoh penggunaan analisa dan analisis

perbedaan analisa dan analisis
perbedaan analisa dan analisis

Mungkin Anda masih memiliki kesulitan untuk bisa membedakan antara analisa dan analisis. Jika demikian, maka dengan contoh penggunaan kedua kata tersebut pastilah akan bisa membantu. Contoh penggunaan kata analisa misalnya “Saat ini saya sedang menganalisa suatu kasus yang rumit”.

Coba Anda lihat kembali contoh kalimat tersebut dimana subyek sedang melakukan pekerjaan analisa karena kata ini merujuk pada kata kerja. Lain halnya ketika Anda akan menggunakan kata analisis dalam kalimat karena merupakan kata benda.

Contoh pemakaian kata analisis yakni “Analisis dokumen penting ini dikerjakan oleh manajer operasional”. Analisis dipakai sebagai kata yang dijatuhi pekerjaan. Kini perbedaan antara analisa dan analisis sudah cukup jelas bukan?

Itulah penjelasan singkat mengenai perbedaan analisa dan analisis yang kerapkali dianggap sama oleh masyarakat awam. Makna dari kedua kata tersebut pada dasarnya sama, hanya saja dari jenis kata dan penggunaannya berbeda sehingga menimbulkan makna berbeda.

Sebagai warga negara Indonesia, sudah sepatutnya penggunaan bahasa dikuasai sehingga dalam berbahasa baik lisan maupun tulisan bisa bagus. Setelah tahu perbedaannya, maka kini Anda tidak akan salah lagi ketika menggunakan kedua kata ini.

Leave a Comment