Inilah 4 Penyebab Utama Kemiskinan di Indonesia

Saat ini kemiskinan bukan lagi menjadi hal yang baru terutama untuk kehidupan masyarakat di Indonesia. Sudah banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi kemiskinan, namun sampai saat ini kemiskinan masih menjadi salah satu masalah utama yang ada di Indonesia.

Dalam hal ini jika banyak orang yang bertanya mengenai kemungkinan apa yang menjadi penyebab dari kemiskinan sendiri adalah memiliki banyak faktor.

Banyak faktor yang menjadi penyebab utama dari kemiskinan yang ada di seluruh negara, namun Indonesia juga tercatat sebagai negara yang mana masih memiliki masyarakat atau pola hidup dengan tingkat kemiskinan yang tinggi. Tentunya permasalahan ini harus secepatnya diatasi.

Namun untuk dapat mengatasi masalah yang ada, tentunya kita harus dapat mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab utama kemiskinan di Indonesia.

Berbagai macam faktor yang menjadi penyebab kemiskinan di Indonesia ini yang membuat kemiskinan adalah salah satu permasalahan yang sulit untuk diatasi atau bahkan di hilangkan. Berikut ini adalah beberapa faktor yang mana menjadi salah satu penyebab dari kemiskinan yang ada di Indonesia.

1. Pola pikir dari masyarakat itu sendiri

Jika kita membicarakan pola pikir masyarakat Indonesia ini, pola pikir tersebutlah yang menjadi salah satu penyebab utama kemiskinan di Indonesia. Pola pikir masyarakat Indonesia ini yang cenderung menetap atau tidak memiliki keinginan untuk maju dan berubah.

Seperti pada contohnya jika seorang ibu memiliki pekerjaan sebagai pengemis, maka sang ibu akan menyuruh anaknya untuk mengikuti jejak ibunya untuk menjadi pengemis.

Dalam hal ini menunjukkan tidak adanya kemajuan dan keinginan untuk berubah menjadi lebih baik. Harusnya kemiskinan bukan diturunkan melainkan dapat dirubah agar generasi selanjutnya dapat hidup lebih baik dan berkecupan hingga dapat belajar dari pengalaman.

Dalam hal ini, pola pikir seperti inilah yang menjadi penyebab utama dari kemiskinan. Maka dari itu, masyarakat Indonesia harus sebagian besar dapat merubah pola pikir menetap tersebut untuk dapat mencapai kehidupan yang lebih baik lagi.

2. Pendidikan

Rendahnya tingkat pendidikan yang ada di Indonesia merupakan salah satu faktor utama yang menjadi penyebab kemiskinan di Indonesia. Hal ini tentunya memberikan perbedaan yang mana seseorang yang memiliki pendidikan yang tinggi maka kualitas hidup dari orang tersebut juga akan tinggi dan lebih baik dari mereka yang tidak memiliki pendidikan yang tinggi.

Bukan hanya dalam masa pembelajaran, namun persaingan juga semakin ketat dengan adanya pendidikan yang tinggi ini. Persaingan di dunia kerja ini tentunya juga menimbulkan banyaknya pengangguran yang mana mengakibatkan kemiskinan yang terjadi di Indonesia dan menjadi salah satu penyebab utama kemiskinan di Indonesia.

Hal inilah yang juga menuntut semua orang untuk dapat mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya dan juga semua orang berhak untuk mendapatkan pendidikan yang sama tanpa membeda-bedakan tiap orang.

3. Persaingan yang Terjadi di Dunia Kerja

dari dua faktor yang menjadi penyebab utama daripada kemiskinan yaitu pola pikir dan juga pendidikan yang rendah, dalam hal ini dapat memberikan kesimpulan dimana masih banyak hal yang dapat menjadi penyebab utama daripada kemiskinan di Indonesia.

Pemerintah Indonesia sendiri sudah berupaya sebaik mungkin untuk dapat mengatasi kemiskinan saat ini. Namun kemiskinan sendiri sudah menjadi hal yang cukup sulit untuk diatasi.

4. Rendahnya Jumlah Pengusaha

Masih sedikitnya orang yang membuka usaha sendiri. Orang yang berbisnis / berusaha, dianggap lebih rendah dibanding PNS / Pegawai secara umum. Padahal tidak akan ada lowongan kerja tanpa adanya para pengusaha.

Penyebab utama kemiskinan di Indonesia ini juga berakibat karena adanya persaingan yang semakin ketat di dunia kerja. Hal ini juga membuktikan bahwa masyarakat Indonesia harus semakin produktif dan juga memiliki skill untuk dapat bersaing dengan baik di dunia kerja.

 

Leave a Comment