Penilaian Saham Berdasarkan Pendapatan Perusahaan

Penilaian Saham – Salah satu hal terpenting dalam analisis investasi adalah penilaian saham atau penilian perusahaan. Hal yang juga terkadang disebut valuasi saham ini sebenarnya memiliki variasi dalam metode penentuan nilainya. Adapun yang dibahas dalam artikel ini adalah Penilaian Sahan yang dilakukan Berdasarkan Pendapatan Perusahaan.

Penilaian Saham Berdasarkan Pendapatan

Merton Miller & Franco Modigliani (1961)

Mengemukakan bahwa penilaian saham biasa berdasarkan pendapatan, bukan dividend.

Peluang investasi dengan NPV (Net Present Value) positif harus dimanfaatkan. Artinya prospek masa depan perusahaan dapat dilihat dari arus ekspektasi pendapatan (E) dan ekspektasi investasi neto untuk memberikan pendapatan (I). Dengan menggunakan kedua arus tunai tersebut manajemen dapat menentukan besarnya dividen (D) bagi pemegang saham.

Pendapatan (E) Deviden (D) dan Investasi (I)

Contoh :

PT. Semen Cibinong Tbk memperoleh pendapatan sebesar Rp 100.000 dari pendapatan tersebut yang diinvestasikan kembali sebesar Rp 60.000 sedangkan sisanya Rp 40.000 dibagikan sebagai deviden. Kondisi tersebut tidak selalu bahwa pendapatan sama dengan deviden ditambah investasi baru (Eo = Do + Io), namun bisa juga :

  1. Pendapatan kurang atau lebih kecil dari deviden dan investasi (Eo < Do + Io)
  2. Pendapatan melebihi atau lebih besar dari deviden dan investasi (Eo > Do + Io)

Pendapatan Menentukan Nilai Pasar

Dimana:

V= Nilai pasar ekuiti perusahaan (saham)

E= Earnings (pendapatan)

I= Investasi yang diperlukan

k= Diskonto dengan tingkat konstan

Penentuan Deviden

Perusahaan yang berusaha mempertahankan rasio deviden pendapatan (devidend payout rasio = DPR), akan mengakibatkan fluktuasi jumlah dividend.

Dividend payout ratio adalah rasio antara dividen yang dibayarkan sebuah perusahaan (dalam satu tahun buku) dibagi dengan pendapatan bersih perusahaan (net income), pada tahun buku tersebut.

Penentuan Deviden Model Lintner

Dt*= p* Et

Dimana :

Dt* = Target jumlah deviden yang dibayarkan di tahun ke-t

p* = Target DPR yang ditetapkan perusahaan

Et = Jumlah pendapatan pada tahun ke-t

Jumlah deviden yang sesungguhnya (Dt ) adalah jumlah deviden tahun sebelumnya ditambah perubahan deviden dari tahun sebelumnya ke tahun ini

Dt = a p* Et + (1 – a) Dt-1

a = Koefisien kecepatan penyesuaian (speed adjustment) deviden dari suatu perusahaan, yang bernilai antara nol sampai dengan satu

Dt-1 = Deviden tahun sebelumnya. Persamaan tersebut mengidentifikasikan jumlah deviden yield berdasarkan jumlah pendapatan kini dan jumlah deviden tahun lalu.

Pendapatan Akuntansi Versus Pendapatan Ekonomi

penilaian saham
penilaian saham
  • Pendapatan Akuntansi

Pendapatan akuntansi mencerminkan selisih antara penghasilan dan pengeluaran termasuk pengeluaran yang berkaitan dengan sumber dana nonekuiti (hutang).

  • Pendapatan Ekonomi

Dapat didefenisikan sebagai jumlah yang diperoleh di persamaan akuntansi,jika perubahan nili buku perusahaan sama dengan perubahan nilai ekonomi perusahaan, didefenisikan sebagai perubahan nilai pasar saham biasa perusahaan (mengasumsikan tiak ada perubahan nilai pasar sekuritas lain perusahaan).

Rasio Harga Pendapatan

  • Price Earning Ratio (PER) menggambarkan apresiasi pasar terhadap kemampuan perusahaan dalam menghasilkan pedapatan.
  • Tujuan menentukan PER adalah untuk membandingkan rasio harga pendapatan yang sesungguhnya untuk perusahaan dengan yang ditentukan oleh analisis sekuritas.
  • Saat saham biasa individual dianalisis, saham biasa tersebut menunjukkan variasi yang nyata pada rasio harga pendapatan.

Tingkat Pertumbuhan Relatif dari Pendapatan Perusahaan

  • Tingkat Pertumbuhan Pendapatan

Tiap tahun pendapatan perusahaan dibandingkan dengan tahun sebelumnya kemudian dihitung persentasi perubahannya. Tingkat pertumbuhan pendapatan perusahaan yang baik adalah jika perusahaan cendrung memperoleh tingkat pertumbuhan pendapatan di atas rata-rata pertumbuhan pendapatan perusahaan.

  • Pendapatan Tahunan

Laporan pendapatan tahunan mengikuti pola yang dalam statistik disebut model random walk.

Pengaruh Perubahan Faktor lain Terhadap Pendapatan

Harga sekuritas ditentukan oleh pendapatan ekonomi dan pergerakan harga sekuritas berhubungan dengan pergerakan harga pasar dan harga industri. Serta perubahan faktor lain terhadap pendapatan ekonomi adalah portofolio pasar dan portofolio industri.

Pengumuman Pendapatan dan Perubahan Harga

Pengumuman deviden disebut alat pemberi signal (signalling device). Pengumuman kenaikan deviden merupakan kabar baik dan pada gilirannya akan menaikkan ekspektasi mereka mengenai pendapatan masa depan perusahaan.

Kesimpulan Penilaian Saham Berdasarkan Pendapatan

  • Pendapatan penting bagi pemegang saham karena pendapatan memberikan arus tunai, yang diperlukan untuk membayar deviden.
  • Devidend payout rasio adalah rasio antara deviden yang dibayarkan sebuah perusahaan (dalam 1 tahun buku) dibagi dengan pendapatan bersih perusahaan pada tahun buku tersebut.
  • Dalam arti luas pendapatan akuntansi mencerminkan selisih antara penghasilan dan pengeluaran termasuk pengeluaran yang berkaitan dengan sumber dana nonekuiti (hutang).

Leave a Comment