Ini 4 Perbedaan Manusia dan Hewan yang Paling Mendasar

Sebagai manusia, bertemu dengan makhluk hidup ciptaan Tuhan yang lain merupakan hal yang biasa. Salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang sekiranya memiliki organ tubuh yang mirip dengan manusia adalah hewan. Selain perbedaan organ tubuh, ternyata ada hal lain yang sebenarnya menjadi pembeda antara manusia dan hewan, lho.

Perbedaan tersebut memang terasa remeh, tapi ternyata masih belum banyak yang tahu. Ketika ada yang bertanya apakah perbedaan antara manusia dengan hewan, masih banyak orang yang bingung bagaimana harus menjawab.

Pengetahuan Dasar Tentang Perbedaan Manusia dan Hewan: Remeh, Tapi Apa Kamu Tahu Jawabannya?

Padahal ada banyak sekali perbedaannya dan hal tersebut terlihat kentara. Daripada bingung terlalu lama, lebih baik simak penjelasan di bawah ini.

1. Urusan dengan tuhan, manusia mengambil lebih banyak peran

Tuhan menciptakan makhluk di semesta ini dengan tujuan masing-masing, bahkan untuk benda terkecil sekalipun. Tuhan tidak akan menciptakannya hanya untuk urusan yang sia-sia. Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan tujuan untuk menyembah dan mengabdikan dirinya untuk Tuhan.

Semua kegiatan yang dilakukan di muka bumi ini harus didasari dengan niat ikhlas beribadah kepada Tuhan. Hal ini dimaksudkan agar kehidupan setelah kematian bisa mendapat banyak kemudahan. Sedangkan hewan diciptakan di muka bumi untuk memudahkan urusan-urusan yang dikerjakan manusia.

Manfaat ini bisa didapat bila manusia juga memperlakukan hewan dengan cara yang semestinya atau bisa dikatakan tidak menyiksa hewan-hewan tersebut.

2. Salah satu keuntungan menjadi manusia adalah memiliki akal pikiran

Akal merupakan salah satu hal yang bisa dibanggakan oleh manusia. Apalagi bila akan pikiran tersebut bisa digunakan untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi lingkungan di sekitar manusia. Hal ini jelas berbeda dengan apa yang dimiliki oleh hewan.

Hewan memang memiliki otak, tapi otak tersebut hanya berfungsi sebatas melakukan berbagai macam hal yang biasa dilakukan oleh hewan tanpa adanya akal atau pemikiran yang mengiringinya. Akal dan pikiran bila digunakan dengan tepat bisa membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik lagi.

3. Manusia memiliki keadaan fisik yang jauh lebih sempurna bila dibandingkan dengan kondisi tubuh makhluk Tuhan yang lain

Manusia merupakan makhluk Tuhan yang paling sempurna. Hal ini disebabkan karena bentuk fisik manusia yang memang memiliki bentuk yang jauh lebih baik dibandingkan dengan makhluk Tuhan yang lain. Keadaan fisik yang sempurna memungkinkan manusia untuk melakukan berbagai macam hal di bumi ini yang jauh dari kemampuan yang bisa dilakukan oleh hewan.

perbedaan manusia dan hewan
perbedaan manusia dan hewan

Seperti contoh, burung memiliki kaki dan sayap untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Burung tidak dilengkapi dengan tangan sehingga semua benda yang ingin dipegang atau dimakan harus langsung menggunakan mulutnya.

4. Perhitungan amal perbuatan setelah hari kiamat

Berbicara mengenai hari akhir, hanya manusialah yang akan dihitung setiap kesalahan dan amalan yang diperbuat selama menjalani kehidupan di dunia. Hewan tidak akan dihitung perbuatannya. Hal ini disebabkan karena hewan memang tidak dibekali dengan akal dan pikiran.

Hewan hanya akan diperhitungkan apakah mereka bisa memberlakukan manfaat agar bisa digunakan oleh manusia atau tidak.

Selain keadaan fisik, perbedaan manusia dan hewan memang tidak bisa dilihat secara langsung. Perlu adanya pemahaman yang lebih dalam agar bisa mengetahui perbedaan yang ada. seperti yang telah dikatakan, itulah yang harus dilakukan oleh akal dan pikiran manusia.

Jangan sampai akan dan pemikiran yang telah dimiliki menjadi sia-sia karena tidak digunakan dengan semestinya.

Leave a Comment