Pengertian Perencanaan Bisnis Menurut Ahli Beserta Contohnya

Saat ini semua perusahaan jika memang ingin sukses atau menjalankan usaha yang lancar harus memiliki rencana usaha atau perencanaan bisnis guna untuk mendapatkan perusahaan yang dapat berjalan lancar dalam bisnis dan dapat memiliki perencanaan bisnis yang baik dan mengikuti aturan.

Perencanaan bisnis sendiri memiliki beberapa pengertian. Seperti yang diungkapkan oleh beberapa ahli yaitu:

Pengertian Perencanaan Bisnis Menurut Para Ahli

  1. Perencanaan bisnis adalah bagaimana semua rencana kerja perusahaan di masa depan akan berguna untuk dapat memenuhi dan mencapai tujuan akhir yang dimiliki oleh perusahaan sendiri. (Berry,2000)
  2. Perencanaan bisnis atau dimana rencana usaha adalah bagaimana ringkasan tertulis dari usulan pendirian dimana perusahaan wirausaha, rincian kegiatan operasinya dan bagaimana rencana keuangannya, peluang pasar yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dan juga bagaimana sebuah strategi dan juga keterampilan hingga kemampuan manajer tersebut.
  3. Rencana bisnis sendiri adalah bagaimana sebuah dokumen yang tertulis dapat disiapkan oleh entrepreneur yang menjelaskan semua elemen baik internal dan eksternal yang relevan yang terdiri atau terdapat pada sebuah perusahaan baru.
  4. Rencana bisnis atau rencana sebuah bisnis merupakan sebuah peta yang memang menunjukkan keadaban dunia bisnis dan dapat juga menjaga langkah-langkah perusahaan tersebut agar tetap fokus dan dapat memberikan strategi-strategi yang tepat dalam berbagi rintangan yang di lalui. (Sharma,1999)

Perencanaan perusahaan yang ada bahkan telah dan merupakan sebuah bukti tertulis bahwa wirausaha telah melakukan sebuah penelitian yang memang segalanya tentang peluang usaha. Jika disimpulkan maka rencana perusahaan usaha adalah bagaimana jaminan terhadap kegagalan dan kekeliruan yang bagaimana nantinya terjadi pada manajemen bagi perusahaan yang berhasil.

business plan
business plan

Rencana bisnis ini juga mengalamatkan bagaimana keputusan jangka panjang dan juga jangka pendek. Namun bukan hanya perusahaan yang melihat perencanaan bisnis, melainkan rencana bisnis ini juga dibaca oleh karyawan, investor, bank, dan juga supplier, konsumen dan penasihat. Hal ini juga dikarenakan oleh rencana bisnis memiliki tujuan yang berbeda dan dapat mengalamatkan semua keinginan para orang-orang yang disebutkan sebelumnya.

A. Syarat dalam Perencanaan Bisnis

Menurut Hisrich, 2000 ada beberapa pandangan yang harus diperhatikan oleh perusahaan dalam melihat rencana bisnis, yaitu:

  1. Perusahaan harus melihat pandangan dari para pengusaha, hal ini dikarenakan perusahaan harus mengerti mana yang lebih baik dan kreaktifitas juga teknologi yang ada pada perusahaan yang baru
  2. Selain dari pengusaha, anda juga harus melihat pandangan dari pasar. Pandangan ini dimana sebuah orientasi yang memang harus diambil dari sisi konsumen untuk melihat bagaimana konsumen itu sendiri bukan hanya produk atau teknologi.
  3. Pandangan dari investor. Pandangan ini tidak kalah penting, investor menginginkan bagaimana proyek finansial yang berarti.

Namun dengan rencana bisnis yang ada, hal ini juga bergantung pada ukuran sebuah cakupan yang didapatkan dari perusahaan yang nantinya akan didirikan.

B. Faktor-faktor Perencanaan Bisnis

Namun rencana bisnis sendiri memiliki faktor-faktor yang membuat hal itu penting seperti:

  1. Rencana bisnis itu sendiri dapat menolong bagaimana kelangsungan hidup dari sebuah perusahaan pada sebuah pasar tertentu.
  2. Dapat menyediakan bagi entrepreneur dalam mengorganisasikan aktifitas perencanaan.
  3. Sebuah alat yang memang penting untuk mendapatkan pendanaan.

Dalam hal ini perencanaan bisnis sendiri melihat bagaimana sebuah rencana dapat menolong bagaimana perusahaan tersebut agar memiliki pandangan yang luas tentang segala aspek dan bagaimana sebuah bisnis dapat berjalan dengan baik. Hal ini juga dikarenakan bagaimana pandangan dari segala aspek untuk dapat mendukung jalannya rencana yang ada.

Leave a Comment