Apa itu Ethereum dan Perbedaannya dengan Bitcoin

Posted on

Untuk anda yang pernah memainkan bitcoin pasti pernah mendengar yang namanya ethereum. Ethereum sendiri adalah cryptocurrency yang saat ini sedang mengalami perkembangan yang pesat di Indonesia. Banyak yang menyalah artikan bitcoin sama dengan ethereum, namun sebenarnya berbeda karena bitcoin sendiri adalah jaringan peer-to-peer publik atau sebuah blockchain yang memiliki mata uang yang disebut dengan ethereum.

Ethereumt sendiri memiliki tujuan yang nantinya akan menjadi sebuah komputer dunia. Banyak orang yang bahkan memilih Ethereum daripada menggunakan bitcoin. Dalam hal ini anda dapat menggunakan dompet yang juga digital bernama dengan MyEtherWallet yang memang telah dibuat khusus untuk cryptocurrency Ethereum. Dalam hal ini banyak kemudahan yang dapat anda gunakan dengan menggunakan dompet digital.

Untuk anda yang memang masih menjadi seorang pemula, anda tidak perlu takut karena akan kesulitan menggunakannya karena memang dompet digital ini dirancang khusus untuk pemula agar mudah untuk digunakan. Aplikasi yang dimiliki oleh Ethereum sendiri sudah berbasis website sehingga sangat mudah untuk digunakan tanpa harus mengunduh data apapun.

Perbedaan Ethereum dengan Bitcoin adalah?

Sampai saat ini masih banyak orang yang menanyakan perbedaan tentang Ethereum dengan bitcoin. Memang keduanya merupakan sama-sama cryptocurrency. Perbedaan yang terlihat mencolok yang dapat dilihat dari Ethereum sendiri adalah Ethereum sendiri bukan hanya dapat memproses sebuah transaksi melainkan dapat juga melakukan proses kontrak dan program yang kompleks.

pengertian ethereum
pengertian ethereum

Hal ini juga yang membuat bahwa Ethereum adalah sebuah hal yang sempurna bagi blockchain application. Jika membicarakan bitcoin, bitcoin lebih ditunjukkan untuk menyimpan sebuah saldo dan memang dirancang untuk melakukan transaksi namun sementara Ethereum sendiri memiliki fokus untuk menyimpan berbagai jenis data. Data inilah yang menjadikan Ethereum sebagai salah satu keuntungan karena dapat diakses dan digunakan oleh program-program komputer yang berjalan di Ethereum.

Para mining atau penambang sendiri yang ada di seluruh dunia dapat membangun dan menjalankan aplikasi yang ada di Ethereum. Hal ini juga memiliki tujuan untuk memperbaiki industri keuangan yang ada. contoh dari memperbaiki tersebut dapat berupa penyimpanan dengan informasi pribadi, menata kelola dengan berbagai kegunaan lainnya yang pastinya transparan.

Salah satu hal yang membedakannya juga adalah jika bitcoin hanya dibatasi dengan sebesar 21 juta, namun tidak ada jumlah batasan tertentu yang ada pada Ethereum. Tidak ada batasan jumlah tertentu seperti jumlah mata uang pada umumnya. Namun kedua hal ini diproduksi oleh sebuah proses yang terkenal dengan nama mining atau bertambang.

Sebenarnya jika digabungkan kedua hal ini yaitu Ethereum dan bitcoin adalah kedua hal yang sama, namun hanya saja transaksi yang mereka miliki cukup berbeda secara teknis. Keduanya juga masih mengalami perkembangan yang diharapkan untuk dapat lebih baik lagi terutama untuk Ethereum. Hal inilah yang membuat banyak juga orang yang ingin melakukan investasi dengan Ethereum.

apa itu ethereum
apa itu ethereum

Untuk anda yang memutuskan untuk berinvestasi Ethereum, anda harus mengetahui beberapa hal dari Ethereum itu sendiri. Hal pertama yang harus anda ketahui bahwa hal ini masih terbilang sebagai teknologi yang baru sehingga masih banyak resiko dan kegagalan yang mungkin akan terjadi nantinya. Nilainya juga masih bersifat fluktuatif sehingga anda masih memiliki potensi volatile di masa yang akan datang.

Anda juga dapat menerima kegagalan seperti uang yang diretas dalam menggunakan Ethereum dan masih sangat sulit untuk mendapatkannya kembali. Dalam hal inilah masih banyak yang perlu dikembangkan oleh Ethereum sendiri dan perlu berhati-hati dalam melakukan apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *