Apa itu Sebenarnya bisnis MLM? Ini Penjelasannya

Dunia semakin modern. Sebuah usaha, tentunya akan semakin berkembang dan semakin bertumbuh dari waktu ke waktu. Pun, demikian juga dengan pencarian uang dan penghasilan pada era modern saat ini. Anda, tentunya sangat mengenal istilah bisnis baru. Sebut saja MLM (multi level marketing). Apakah Anda mengenalnya? Apa itu bisnis mlm? Itulah pembahasan inti kita kali ini.

Saat ini, MLM sudah sangat berkembang luas. Tentunya, hal ini dibuktikan dari banyaknya bisnis mlm baru yang bermunculan. MLM sendiri adalah strategi pemasaran yang berjenjang. Pun, bisa dibilang juga bisnis pemasaran berantai. Sistemnya sangat mudah dimengerti. Tenaga penjual bukan hanya mendapat upah atau kompensasi atas penjualan mereka. Sang tenaga penjual juga akan mendapatkan penghasilan dari penjualan sales lain yang sudah direkrut sebelumnya.

Penjualan piramida. Itulah namanya. Upline dan downline adalah istilah yang lumrah dalam dunia bisnis MLM. Semakin banyak downline, semakin banyak pula penghasilan potensi yang bisa didapatkan oleh tenaga penjual atau sales. Keuntungan yang berlipat ini, tentunya membuat orang tergiur dengan keberadaan bisnis MLM.

Di lapangan sudah dibuktikan. Bisnis MLM banyak sekali. Pun, MLM baru kerap bermunculan. Dengan semakin banyak produk MLM, semakin berwarna pula bisnis MLM di masyarakat Indonesia. Tentunya, sebagai pelaku bisnis MLM, Anda harus turut berhati hati. Tidak jarang MLM bodong sekarang ini. Harus ekstra hati hati sebelum Anda ikut bergabung dalam bisnis MLM.

Apa itu bisnis MLM dan cara memilih MLM yang tepat

Pertanyaan apa itu bisnis MLM sudah terjawab dalam poin sebelumnya. Sekarang, mari bahas bagaimana memilih bisnis MLM yang tepat untuk kita geluti. Ingat, selalu gabung dengan bisnis MLM yang sudah terdaftar di asosiasi penjual langsung Indonesia (APLI).

APLI ialah akronim. Kepanjangannya tidak lain adalah Asosiasi Penjual Langsung Indonesia. APLI ialah wadah perusahaan bisnis MLM. Latar belakang berdirinya tidak lain karena adanya aturan hukum di Indonesia. Dengan pengaturan ini, adanya kode etik dalam bisnis MLM akan semakin memperbaiki suasana. Antara bisnis MLM dan APLI sudah mensepakati kesepakatan khusus. Dengan sejumlah persyaratan, bisnis MLM baru dapat bergabung dengan APLI guna mendapatkan sertifikasi.

Apa itu MLM
Apa itu MLM

Sebelum bergabung dengan APLI, sebuah MLM harus memenuhi klasifikasi. Oleh karenanya, penting untuk Anda memfilter MLM yang Anda ikuti. Jangan gabung kalau tidak tergabung MLM tersebut di dalam APLI.

Itu adalah persyaratan utama untuk bergabung dengan MLM yang baik. Ada beberapa cara memilih MLM yang tepat lainnya, antara lain:

  1. Memiliki badan hukum dan aturan yang jelas
  2. Pilih perusahaan MLM dengan produk yang beragam
  3. Pilhi MLM dengan sistem distributor untuk sukses
  4. Pilih MLM dengan Upline yang bersedia membantu Downline berkembang maju
  5. Lihat lebih dulu kualitas dan nama baik perusahaan MLM di pasar nasional
  6. Memiliki sistem adil untuk keseluruhan anggota/member
  7. Produk yang dijual memiliki harga jual rasional
  8. Mempunyai sistem dengan dukungan yang baik

Delapan syarat tersebut adalah suatu syarat mutlak untuk Anda bergabung dengan bisnis MLM tertentu.

Apakah Bisnis MLM Sudah Sesuai Syariat?

Pertanyaan ini sebenarnya adalah pertanyaan penting, bahkan sebelum delapa syarat di atas. Memang tidak sedikit MLM yang melanggar aturan syariah. Hal ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Untuk apa kita mencari duit di dunia dengan menjual akhirat kita.

Pada dasarnya semua transaksi dalam muamalah adalah halal, sampai ada dalil yang melarangnya. Maka yang kita lihat adalah, apakah dalam MLM ada mengandung hal-hal yang dilarang dalam syariat?

Untuk mengetahui itu silahkan Anda mengujungi artikel berikut: Transaksi Yang Dilarang dalam Islam.

Dari bahasan ini, semoga Anda memahami apa itu bisnis MLM dan mengetahui cara memilih bisnis perusahaan MLM yang tepat. Semoga membantu, ya! Selamat berbisnis.

 

Leave a Comment