Pengetian Pengangguran Struktural dan Cara Mengatasinya

Pengetian dan cara mengatasi pengangguran struktural – Seorang tuna karya atau biasa disebut dengan pengangguran adalah istilah yang digunakan untuk yang sedang tidak memiliki pekerjaan, sedang mencari pekerjaan, dan orang yang memiliki pekerjaan kurang dari 2 hari selama 1 minggu atau bisa juga digunakan untuk orang yang sedang mencari pekerjaan yang layak.

Umumnya pengangguran terjadi karena jumlah angakatan kerja atau orang yang sedang mencari pekerjaan tidak sebanding dengan penawaran lapangan kerja yang ada dan ditawarkan oleh perusahaan. Pengangguran ini adalah masalah yang sering kita temui sehari-hari dan hal ini adalah masalah yang cukup serius dalam bidang perekonomian.

Karena adanya pengangguran ini produktivitas dan pendapatan yang dimiliki masyarakat akan mengalami pengurangan yang signifikan dan hal ini bisa menimbulkan masalah sosial ekonomi lain dan bisa menyebabkan kemiskinan.

Pengetian dan Cara Mengatasi Pengangguran Struktural

Di dalam artikel kali ini penulis akan mencoba memberikan informasi mengenai salah satu jenis pengangguran yang ada yaitu pengangguran Struktural serta sebab dan akibat dari adanya pengangguran ini.

Pengangguran struktural adalah salah satu jenis pengangguran yang terjadi karena adanya perubuhan stuktur ekonomi pada suatu wilayah atau negara. Perubahan struktur ini pun bisa terjadi di dalam berbagai bagian perekonomian seperti contohnya adalah perubahan pada komposisi angkatan kerja, terjadinya relokasi industri, dan masih banyak berbagai hal lainnya.

Selain itu juga pengangguran ini bisa terjadi karena adanya ketidak seimbangan antara individu yang sedang mencari pekerjaan dan lapangan pekerjaan yang tersedia.

Salah satu contoh kasus yang menyebabkan terjadinya pengangguran struktural ini adalah sebagai berikut.

Pengetian dan Cara Mengatasi Pengangguran Struktural
Pengetian dan Cara Mengatasi Pengangguran Struktural

Perubahan struktur perekonomian yang berubah dari yang awalnya mengandalkan dari bidang pertanian dan berubah menjadi bidang perindustrian. Karena perubahan stuktur tersebut maka pekerja yang biasa bekerja sebagai petani atau buruh tani dituntut untuk memiliki kemampuan bekerja dalam bidang industri.

Keahlian yang dimaksud adalah seperti keahlian untuk bisa mengoperasikan mesin pabrik, namun karena kebanyakan petani atau buruh tani tidak memiliki keahlian yang dibutuhkan ini maka para petani yang tidak memiliki pekerjaan karena lahan pertaniannya telah dirubah menjadi pabrik ini bisa digolongkan sebagai pengangguran struktural.

Karena para petani ini tidak memiliki kemampuan untuk bisa mengoperasikan mesin pabrik dan tidak berada di wilayah yang memiliki lowongan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki maka angka pengangguran dari negara tersebut pun semakin tinggi.

Untuk mengatasi permasalahan pengangguran struktural ini ada beberapa solusi yang bisa dijadikan sebagai acuan, berikut ini adalah.

  1. Meningkatkan perputaran dan peredaran modal dan jumlah tenaga kerja agar mampu mengurangi angka pengangguran yang ada.
  2. Memindahkan individu pencari kerja atau penganggur ke wilayah atau daerah yang memiliki lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
  3. Mendirikan industri atau proyek karya yang sesuai dengan keahlian penganggur agar bisa mengurangi angka pengangguran.
  4. Melakukan penyuluhan dan menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya penguasaan teknologi agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan bisa memiliki keahlian agar bisa menyesuaikan diri dengan perubahan struktur perekonomian.
  5. Membuat lapangan pekerjaan yang besar agar bisa menampung pengangguran.
  6. Memberikan pelajaran dan pelatihan kepada para pencari kerja atau menganggur dengan keahlian yang sedang dibutuhkan oleh lapangan kerja.

Artikel di atas yang berisi tentang informasi mengenai pengertian pengangguran struktural dan solusi mudah yang bisa menjadi acuan untuk menyelesaikan permasalahan ekonomi tersebut. Perlu diingat tingginya tingkat pengangguran pada suatu negara akan memiliki dampak yang sangat negatif pada pertumbuhan negara tersebut.

Sekian pembahasan tentang pengetian dan cara mengatasi pengangguran struktural pada posting blog kali ini. Semoga, dengan pembahasan artikel yang tidak terlalu banyak ini, apa yang Anda cari dapat ditemukan dan terselesaikan.

Leave a Comment