Peluang Bisnis Agro – Budidaya Tanaman Herbal

Peluang Bisnis Agro – Budidaya tanaman herbal saat ini menjadi salah satu peluang yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Begitu pesatnya pertumbuhan industri obat-obatan alternatif, membuat pasar bahan baku herbal menjadi menggoda. Sesuatu yang biasanya hanya dijadika sebagai apotek hidup perkarangan kini menjadi peluang bisnis.

Berikut adalah salah satu contoh peluang bisnis budidaya tanaman herbal

A. Analisis Pasar Tanaman Herbal

Gambaran produk dan jasa.

Produk dan jasa yang kami tawarkan berupa hasil budidaya tanaman herbal dan juga jasa paket edukasi bagi mereka yang ingin mengetahui sekaligus memperdalam keilmuan dari sisi budidaya tanaman herbal. Dari hasil budidaya tersebut selanjutnya, kami akan membuat produk berupa minuman yang bersifat menjaga kekebalan tubuh dari berbagai serangan penyakit yang di akibatkan cuaca yang tidak menentu.

Target pasar yang dituju.

Segmen pasar yang menjadi target kami adalah para pelajar SMA/SMK yang mengambil jurusan agro industry, kami mencoba menawarkan jasa kami untuk pengembangan sekolah mereka sekaligus menjadi media promosi bagi perusahaan kita yang selanjutnya, kami berharap, mereka bisa bekerjasama dengan perusahaan kita dalam bidang budidaya dan juga menjadi fasilitator dalam penjualan produk kita.

Selain itu, kami juga membidik masyarakat perumahan disekitar tempat tinggal kami dengan menawarkan jasa pemesanan tanaman herbal yang menggunakan media pot sebagai pengembang biakkan.

B. Analisis SWOT Bisnis Tanaman Herbal

Strength:

1. jasa yang kami tawarkan masih sedikit pesaing.

2.bisnis yang kami jalani bukan hanya bersifat profit oriented, tapi juga bersifat sosial

3. akad- akad yang dijalani sesuai syariat islam.

4.produk herbal cocok bagi semua kalangan, usia, jenis kelamin dll.

5. perawatan budidaya tanaman herbal yang menggunakan pupuk alami.

6 akses menuju lokasi yang mudah dijangkau baik roda empat maupun roda dua.

Weaknes:

1-lahan yang kurang luas.

2. cuaca yang tidak menentu

Opportunity.

1-Menjadikan sekaligus melestarikan budidaya tanaman herbal sebagai gaya hidup alami untuk mencapai kesehatan yang sesuai dengan syari

2. layanan dalam bentuk paket wisata jasa yang bisa di nikmati oelh siapapun tanpa ada batasan usia.

3. pengembangan produk .

Threat:

1. potensi munculnya bisnis baru yang sama.

C. Rencana operasi Bisnis Tanaman Herbal

budidaya tanaman herbal
budidaya tanaman herbal

Diskripsi bisnis yang akan kami adalah pembudi dayaan tanaman herbal yang juga sekaligus kami menfasilitasi bagi setiap institusi/ masyarakat yang ingin mempelajari budidaya tanaman herbal yang kami kemas dengan “Wisata Herbal”.

Pelaksannaan wisata itu sendiri akan kami lakukan di kebun yang telah kami tanami dengan di sertai dengan guide yang kami tunjuk untuk memberikan penjelasan pada para wisatawan.

1. Desain produk

selain produk yang kami tawarkan yang berupa paket wisata yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Kami juga menawarkan produk tanaman herbal yang dibudidayakan dengan menggunakan media pot yang disususun secara vertical dengan menggunakan bahan dasar pot, kawat, dan bamboo sehingga design yang kami rancang sangat ccocok bag mereka yang tidak mempunyai lahan terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan dan di perumahan.

2. distribusi

produk yang kami hasilkan bisa langsung di beli oleh para wisatawan yang berkunjung ke tempat kami, disamping itu, kami juga menjual produk jadi yang kami distribusikan pada agen yang telah menyutujui dengan kontrak yang kami ajukan, yaitu dengan sistem murabahah.

kami juga menjual produk kami dengan sistem online, tetapi kami tidak akan melayani jika ternyata calon konsumen kami masih berada di area distribusi agen yang telah kami tunjuk

3. pemasaran

Kami memasarkan produk kami dengan cara promosi yang dilakukan disaaat para wisatawan berkunjung ketempat kami, baik itu promosi yang bersifat khasiat atau keunntungan menjadi partner kami, karena disamping menyediakan bibit yang siap untuk berkembang biak yang bisa dibawa pulang oleh para wisatawan yang tentunya disertai dengan ketentuan kontrak, kami juga akan memberikan penyuluhan secara berkala yang dilakukan guna meminimalisir kemungkinan kerugian yang mungkin akan ditimbulkan.

Leave a Comment