Metodologi Ilmu Ekonomi Induktif, Deduktif, Matematika, dan Statitistika

Untuk mengatasi berbagai permasalahan ekonomi, Anda diharuskan mengetahui berbagai metodologi ilmu ekonomi. Simak selengkapnya di artikel berikut.

Sebelum membahasnya lebih lanjut maka ketahui terlebih dahulu pengertian dari metodologi ilmu ekonomi yang merupakan ilmu yang mempelajari suatu metode ilmiah yang berhubungan dengan permasalahan yang terdapat di dalam dunia ekonomi atau metode ilmu ekonomi juga dapat dipahami sebagai cara untuk mendapatkan suatu kebijakan ekonomi. Dalam memecahkan sebuah masalah ekonomi, misalnya dalam menentukan pennetuan biaya memang sangat dibutuhkan teori yang dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi sebuah permasalahan tersebut.

Metodologi juga terdapat di dalam ilmu ekonomi yang berfokus pada suatu usaha manusia untuk memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas dengan sebuah alat pemuas berupa barang ataupun jasa. Nah, untuk menjalankan usaha dalam memenuhi kebutuhan kehidupan maka memang sangat diperlukan cara yang tepat agar dapat meminimalkan pengeluaran ataupun biaya yang selalu berhubungan dengan dunia perekonomian. Artikel ini akan mengulas lebih jelas mengenai motodelogi yang terdapat pada ilmu perekonomian.

Metodologi Ilmu Ekonomi Induktif, Deduktif, Matematik, dan Statistika

Ada empat jenis dalam metodologi ekonomi yaitu induktif, deduktik, matematik, dan statistika yang memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Untuk lebih jelasnya, mari simak informasinya di bawah ini.

(1) Metode Induktif

Metode induktif dalam dunia perekonomian memiliki cara yang bermulai dari mengumpulkan data sesuai dengan realita kemudian mencari solusinya pemecahannya menggunakan sebuah teori dari metodologi ilmu ekonomi. Dalam hal pemecahannya dapat dikaji secermat mungkin untuk menggunakan teori yang sesuai.

Realita yang terdapat dalam metode induktif merupakan kejadian nyata yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang dialami oleh diri sendiri, keluarga maupun masyarakat. Solusi yang didapatkan dari penggunaan metode indiktif biasanya berfokus pada proses pencapaiannya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

(2) Metode Deduktif

Metode deduktif memiliki cara pemecahan masalah dari ketentuan hukum, prinsip umum yang telah di uji kebenarannya untuk mengatasi permasalahan yang telah ada. Contohnya, ada banyak hukum dan prinsip ekonomi yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk memecahkan sebuah masalah perekonomian.

Metodelogi Ilmu Ekonomi
Metodelogi Ilmu Ekonomi

Salah satu hukum ekonomi yang sering digunakanlah adalah “jika persediaan barang dan jasa berkurang, sementara permintaan tetap maka barang dan jasa tersebut akan naik harganya”. Walaupun tidak semua orang mengetahui hukum ekonomi tersebut, tanpa sadar setiap orang menjalankan prinsip tersebut.

(3) Metode Matematika

Metodologi ilmu ekonomi satu ini mengharuskan Anda mengusai masalahnya terlebih dahulu yang berkaitan dengan soal-soal matematis. Yang dimaksudkan dengan soal-soal matematis adalah biasanya dalam penyelesaian soal matematika terdapat pembahasan yang harus disesuaikan dengan berbagai teori. Nah, hal tersebut sama dengan penyelesaian dalam permasalahan ekonomi yang harus membahas permasalahannya lebih mendetail kemudian menyesuaikannya dengan teori yang tepat untuk digunakan.

(4) Metode Statistika

Metode statistika dimulai dari langkah-langkah pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data dalam bentuk angka secara statistik dengan menyajikan hasil pengolahan angka. Dari angka hasil penyajian tersebut, maka Anda bisa dapat mengetahui permasalahan yang sebenarnya terjadi, kemudian dari permasalahan tersebut barulah Anda mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikannya.

Permasalahan ekonomi yang perlu menggunakan metode statistika adalah permasalahan mengenai pengangguran yang ada di Indonesia. Untuk menatasi permasalahan tersebut maka hal yang harus dilakukan adalah mengumpulkan data berupa angka yang menunjukan seberapa banyak jumlah pengangguran. Setelah mengetahuinya, barulah Anda bisa mencari solusi yang tepat untuk mengatasi pengangguran.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa dari keempat metodologi ilmu ekonomi memiliki peranan dan fungsi yang berbeda-beda sehingga dapat mengatasi segala permasalahan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment