5 Cara Menyimpan Duit Bagi Pelajar Sekolah yang Mudah & Aman

Pelajar rata-rata hanya mendapatkan uang dari uang saku atau uang ampau. Untuk itu, mereka mau tak mau harus memutar otak apabila menginginkan sesuatu dan tidak memungkinkan untuk meminta barang tersebut kepada orang tua atau keluarga. Selain itu, di zaman yang semakin keras ini, uang telah menjadi kebutuhan pokok untuk dapat bertahan hidup.

Apabila tidak bekerja maka tidak akan mendapatkan uang, bagi pelajar jalan satu-satunya agar tetap memiliki uang adalah dengan menabung. Maka dari itu, berikut ada beberapa cara menyimpan duit bagi pelajar sekolah yang aman dan terarah.

Cara Menyimpan Duit Bagi Pelajar

Berikut 5 cara menyimpan duit bagi pelajar:

1. Menabung Secara Pribadi

Cara menyimpan duit bagi pelajar sekolah yang pertama yakni dengan menabung secara pribadi. Menabung pribadi disini maksudnya yakni menabung dengan cara manual, seperti menggunakan celengan, dimasukkan dibawah sarung bantal, dimasukkan kedalam kaleng biskuit, atau bisa diletakkan di bawah kasur.

Meskipun cara ini terkesan kuno, namun nyatanya banyak yang telah membuktikan bahwa dengan menabung uang dengan celengan lebih aman dan mudah memenuhi target yang diinginkan. Apalagi menabung secara pribadi tidak akan dipotong biaya pajak.

2. Menabung di Sekolah

Cara yang selanjutnya yakni dengan menabung di sekolah. Sekolah seringkali memiliki program “menabung itu baik” dengan memberlakukan adanya buku tabungan yang bisa siswanya gunakan untuk menabung di sekolah. Muda ini sekolah mengambil uang tabungan siswa dari pembayaran yang dilakukan setiap bulan atau uang SPP, namun masih banyak yang memberlakukan tabungan harian, terutama bagi siswa sekolah dasar.

Kebijakan lain yang biasanya dilakukan oleh pelajar yang sudah dewasa adalah mengadakan arisan kelas. Ini juga bisa menjadi jalan untuk menabung dengan tanpa khawatir bunga.

3. Menabung di Bank

Menabung di bank bisa menjadi salah satu cara menyimpan duit bagi pelajar sekolah yang sangat efektif dan efisien. Bank-bank yang ada di Indonesia kini banyak yang memberlakukan atau menawarkan tabungan taplus muda.

Taplus muda ini merupakan program yang memang disediakan untuk menyasar para pelajar, baik usia muda maupun remaja serta dewasa, selama berusia kurang dari 25 tahun. Namun bergantung pada kebijakan bank. Program ini tidak memungut pajak apapun pada uang tabungan pelajar, baik biaya tahunan, transfer, dan lain sebagainya.

4. Menabung dengan Target

Saat seseorang memiliki keinginan yang sangat besar, maka hal tersebut akan di kerjakan dengan semangat. Begitupun dengan aktivitas menabung, apabila sesorang memiliki target menabung yang kuat, maka dipastikan akan mau mengorbankan apapun untuk mencapai target tabungan yang diinginkan.

cara menyimpan duit pelajar
cara menyimpan duit pelajar

Dan saat mengetahui uang yang dikumpulkan memenuhi target, perasaan akan terasa hangat dan menyenangkan. Cara menyimpan duit bagi pelajar sekolah ini cukup efektif.

5. Menghemat Pengeluaran

Cara untuk dapat menyisihkan uang yakni dengan menghemat pengeluaran. Sebisa mungkin uang saku yang diberikan orang tua atau keluarga kita disimpan dan mengabaikan sesuatu yang tidak perlu. Misalnya Kamu bisa membawa bekal dan minum dari rumah, maka lakukan sebab kedua hal tersebut dapat menghemat pengeluaran uang jajan.

Dengan tidak berbelanja di kantin maka uang saku yang seharusnya kamu gunakan untuk jajan, dapat dialih fungsikan untuk kegiatan menabung.

Itulah tadi cara menyimpan duit bagi pelajar sekolah yang bisa Kamu praktikan. Usahakan Kamu memiliki target pencapaian tabungan yang harus terpenuhi dalam kurun waktu tertentu. Hal ini membantu Kamu untuk meningkatkan motivasi menabung dengan baik.

Leave a Comment