Jenis Masalah Sosial di Masyarakat yang Berkembang Sekarang

Masalah terjadi karena ekpektasi dan kenyataan tidak selaras. Ketika kita mengharapkan ingin terjadi A, tetapi yang terjadi malah B, maka di sana akan timbul suatu masalah. Namun, masalah ini tidak hanya terjadi pada individu.

Ketika suatu masalah sudah mempengaruhi atau mengancam keadaan masyarakat sosial, maka bisa disebut sebagai masalah sosial. Masalah sosial di masyarakat ini bisa berbagai macam wujudnya, dan juga diakibatkan oleh banyak hal.

Macam-Macam Masalah Sosial yang Sampai Sekarang Masih Belum Terselesaikan

Ada berbagai penyebab mengapa masalah sosial ini bisa timbul di masyarakat. Penyebab itu antara lain karena perubahan kebudayaan, perubahan demografi yang menyangkut pertumbuhan maupun pengurangan penduduk, perubahan struktur sosial dalam masyarakat, bahkan karena kondisi lingkungan alam sekitar, psikologis, dan ekonomi.

Dari penyebab tersebut, timbullah berbagai masalah umum seperti; kemiskinan yang sulit teratasi di banyak negara, pendidikan yang kurang merata, pengangguran, kriminalitas, dan masih banyak lagi.

A. Masalah Kemiskinan

Masalah paling kentara adalah kemiskinan, di mana hal ini memang seolah menjadi permasalahan genting negara-negara berkembang, bahkan negara maju. Biasanya karena masyarakat cenderung berjalan di pola yang sama.

Misalnya, sebuah keluarga miskin memiliki anak-anak yang sepemikiran dengan orang tua, mereka pun tidak melanjutkan pendidikan lalu berakhir dengan profesi yang sama dengan orang tuanya.

Hal tersebut sebenarnya bisa diatasi jika anak yang terlahir dari keluarga miskin memiliki pemikiran yang lebih terbuka, punya keinginan dan tindakan untuk keluar dari lingkar kemiskinan tersebut.

B. Masalah Pendidikan & Lapangan Kerja

Selain itu, perhatian dari pemerintah juga sangat diperlukan. Penyediaan lapangan pekerjaan atau pendidikan gratis adalah beberapa solusi yang bisa diterapkan. Namun, pola pikir adalah hal yang harus diubah jika seseorang ingin keluar dari kondisi kemiskinannya saat itu. Inilah mengapa harus ada kerjasama antara pemerintah maupun masyarakat, tidak bisa hanya mengandalkan satu pihak.

Permasalahan kemiskinan tersebut juga akan berpengaruh pada masalah sosial yang lain, seperti pendidikan, dan pengangguran. Biasanya, individu dengan tingkat kemiskinan yang tinggi, akan mengabaikan pendidikannya karena lebih fokus untuk bekerja.

Padahal sekarang, seseorang akan sulit bekerja ketika tidak memiliki ijazah atau pendidikan yang memadai. Kemudian terciptalah masalah baru, yaitu pengangguran.

Di era yang semakin maju seperti ini, masalah pengangguran bahkan semakin melebar. Bukan lagi didominasi orang-orang yang kurang berpendidikan, tetapi malah oleh sarjana-sarjana terdidik.

Hingga mengikuti masalah sosial berikutnya, yaitu masyarakat yang enggan melanjutkan pendidikan karena ingin fokus kerja. Sebab, dalam hati ada prasangka bahwa orang yang berpendidikan tinggi belum tentu sukses dalam karir. Permasalahan yang satu ini pun berputar di situ-situ saja.

C. Masalah Sosial di Era Digitalisasi

Di era modern, di mana budaya sudah banyak berubah, masalah sosial pun tidak berhenti begitu saja. Meskipun sudah banyak alat-alat canggih untuk mempermudah kehidupan, tetapi masalah yang timbul semakin rumit dan sulit diselesaikan. Di era digital ini masalah yang paling menakutkan dan meresahkan masyarakat adalah mudahnya persebaran hoaks.

masalah sosial di masyarakat
masalah sosial di masyarakat

Hoaks yang timbul bahkan bisa menjadi skala nasional sampai internasional. Terlebih karena kita memiliki internet, di mana sebuah informasi bisa disebarkan hanya dalam hitungan detik. Sekarang kamu upload, lima detik kemudian teman-temanmu baca, sepuluh detik kemudian di-share, dan tiga puluh detik langsung terkenal ke seluruh dunia. Apakah mustahil? Sama sekali tidak.

Menghadapi masalah sosial di masyarakat ini, kita sebagai individu harus lebih bijak bertindak. Meskipun tidak dapat terselesaikan secara maksimal, tetapi tindakan nyata dari satu individu akan mempengaruhi individu yang lain.

Mulai berpikir lebih terbuka, diskusikan masalah di sekitar dengan orang-orang di sekitarmu, cari solusinya bersama. Apabila punya ide untuk mengatasi masalah sosial, utarakan pada pemerintah. Kerjasama antara masyarakat dan pemerintah adalah salah satu untuk mencari solusi terbaik dari masalah yang menumpuk.

Leave a Comment