Inilah Masalah Pokok Ekonomi Modern dan Kasusnya

Masalah Pokok Ekonomi Modern – Perkembangan zaman sekarang ini dan dulu sangat berbeda, itulah yang menggambarkan perkembangan zaman saat ini. makin sekarang makan kebutuhannya akan semakin banyak dan kompleks. Lalu apakah kamu tahu apa saja masalah pokok ekonomi modern ini? jika kamu belum tahu, maka kamu berada di artikel yang tepat.

Sekarang ini kami akan membagikan anda artikel tentang masalah pokok ekonomi modern. Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut adalah daftarnya:

  1. (What) Barang apa yang akan diproduksi dan seberapa banyak

Masalah ekonomi modern yang satu ini, menyangkut persoalan jenis dan jumlah barang/jasa yang harus diproduksi. Itu karena kita harus tahu, agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

  1. (How) Bagaimana cara memproduksi barang tersebut

Menyangkut cara berproduksi, yaitu pemilihan teknologi apa dan sumber daya mana yang akan dipakai, dan juga memilih menggunakan tenaga kerja manusia atau mesin.

  1. (For Whom) Untuk siapa barang-barang tersebut diproduksi

Masalah ini bersangkutan dengan persolan siap yang akan memerlukan barang/jasa, dan siapa saja yang akan menikmati hasilnya.

Kebiasaan dan tradisi, insting, serta komando, adalah beberapa cara untuk memecahkan ketiga masalah pokok ekonomi diatas.

Untuk masyarakat modern, mengandalkan mekanisme harga dipasaran adalah cara pemecahan masalah yang bagus. Mekanisme harga itu sendiri adalah proses yang berjalan atas dasar daya Tarik-menarik antara konsumen dengan produsen saat bertemu di pasar. Dengan adanya gerak harga yang ada di pasar, dapat memecahkan masalah ketiga ekomomi masyarakat, adapun jalan sebagai berikut:

Masalah Pokok Ekonomi Modern – What

Masalah Pokok Ekonomi Modern
Masalah Pokok Ekonomi Modern

Pemerintah masyarakat, akan sangat mempengaruhi ada dan berapa banyak barang yang akan di produksi. Jika permintaan masyarakat meningkat, maka meningkat pula harga dan produsen memperoleh keuntungan, dengan begitu akan memperbesar produksi nya.

Begitu juga sebaliknya, jika permintaan masyarakat cenderung menurun, maka menurun pula harga keuntungan produsen, dengan penurunan itu, nantinya produsen akan menurunkan produksinya.

Masalah Pokok Ekonomi Modern – How

Gerak harga lah yang menjadi faktor penentu produksi, yang akan menggunakan sumber-sumber ekonomi yang tersedia nantinya akan dipergunakan untuk memproduksi barang-barang.

Jika harga naik, maka produsen akan mengakalinya dengan menghemat penggunaan factor produksi tersebut, dan menggunakan factor produksi yang lain. Jadi yang menentukan kombinasi yang digunakan produsen dalam produksinya adalah gerak harga.

Masalah Pokok Ekonomi Modern – for Whom

Distribusi barang yang akan diproduksi, akan dipengaruhi untuk siapa barang-barang tersebut akan di produksi. Barang produksi sang produsen akan dijual kepada konsumen, dan konsumen akan membayar harga barang tersebut dari penghasilannya atas penggunaan factor-faktor produksi. Jadi yang menentukan distribusi barang yang dihasilkan dipengaruhi oleh gerak harga barang dan harga faktor produksi.

Ekonomi modern dan ekonomi klasik bisa disatukan dimana ekonomi modern biasanya muncul karena pertemuan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas berlawanan dengan terbatasnya sumber daya. Sedangkan ekonomi klasik sendiri bertujuan untuk kemakmuran.

Jika kita menyatukan hal tersebut, maka semua barang dan jasa yang dibutuhkan manusia akan tersedia dan kehidupan manusia pun lebih sejahtera. Masalah ekonomi klasik sendiri adalah masalah yang melihat dari sudut pandang yang sederhana dan tidak berlebihan. Sedagkan ekonomi modern adalah masalah yang rumit dan luas yang disebabkan peradaban manusia.

Nah, bagaimana?apakah anda sudah tahu apa saja masalah pokok ekonomi modern? Pastinya sudah dong. Semoga artikel tentang masalah pokok ekonomi modern ini dapat memberi anda pengetahuan dan informasi tentang permasalahan ekonomi saat ini.

Leave a Comment