Macam-Macam Masalah Ekonomi Makro di Indonesia

Ada banyak masalah ekonomi makro yang ada di Indonesia, sebagai negara berkembang tentunya masalah makro ekonomi perlu diselesaikan dengan solusi tepat.

Di dalam ilmu ada sebuah istilah ekonomi makro dan ekonomi mikro, keduanya memang memiliki perbedaan dari ruang lingkupnya. Sebelum membahas lebih lengkap mengenai masalah ekonomi makro, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa pengertian dari ekonomi makro yang menurut ilmu ekonomi dijelaskan sebagai sebuah pergerakan dan kecenderungan secara keseluruhan dalam dunia ekonomi. Jadi, tindakan dari ekonomi makro memang mencakup keseluruhan perilaku perekonomian. Tentunya, dalam kesulurah perekonomian sebuah negara mencakup banyak sekali permasalahan yang harus diselesaikan.

Berbeda dengan ekonomi mikro yang ruang lingkupnya pada unit unit kecil seperti kehidupan rumah tangga hingga sumber daya pasar. Ekonomi makro memang memiliki masalah yang sangat luas mencakup kesuluruhan pendapatan nasional, investasi, total tabungan, jumlah tenaga kerja, tingkat harga umum, total penawaran dan permintaan. Penyebab munculnya masalah ekonomi makro adalah kondisi perekonomian tidak mencapai tujuan yang sepenuhnya diharapkan.

Masalah Ekonomi Makro di Indonesia

Ada beberapa permasalahan ekonomi makro di Indonesia yang memang perlu diselesaikan agar keadaan ekonomi tidak semakin memburuk, untuk mengetahui lebih jelasnya mari simak penjelasannya berikut ini.

A. Masalah Pengangguran

Masalah utama ekonomi makro di Indonesia yang sampai sekarang ini belum terselesaikan adalah masalah pengangguran. Hal tersebut dikarenakan semakin meningkatnya pertumbuhan penduduk di Indonesia, tetapi tidak diimbangi dengan adanya lapagan kerja yang luas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut sebenarnya pemerintah telah melakukan berbagai cara dari memberikan bantuan modal kepada usaha kecil menengah agar mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Bahkan sekarang ini pemerintah juga sudah memberikan berbagai event yang di khususkna untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan agar masyarakat mampu menciptakan produk sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran.

Masalah Ekonomi Makro
Masalah Ekonomi Makro

B. Permasalahan Inflasi

Dalam dunia perekonomian memang sering terdengar permasalahan mengenai inflasi. Ketahuilah bahwa inflasi memang disebabkan karena adanya krisis ekonomi pada sebuah negara yang menyababkan adanya kenaikan harga barang secara terus menerus yang dapat memberatkan masyarakat untuk memilikinya.

Dengan adanya inflasi maka akan memberatkan masyarakat dalam membeli kebutuhan sehari-harinya. Sebenarnya pemerintah sudah menetapkan harga dasar dan harga tertingga agar membantu para produsen dan konsumen dalam menetapkan harga untuk tidak memberatkan masyarakat.

C. Masalah Siklus Bisnis

Dari masalah ekonomi makro yang sebelumnya yaitu pengangguran dan inflasi ternyata kedua hal tersebut termasuk ke dalam permasalahan siklus ekonomi yang memberikan pengaruh permasalahan cukup besar. Siklus bisnis yang mampu memberikan produksi barang ataupun jasa sesuai dengan target atau tujuan ekonomi maka dapat mengatasi permasalahan inflasi.

Sedangkan siklus bisnis yang memberikan lapangan pekerjaan baru mampu mengatasi permasalahan pengangguran. Dengan memperhatikan siklus bisnis yang teratur maka bisa mengatasi permasalahan pengangguran dan inflasi.

D. Masalah Suku Bunga

Suku bunga bank yang diberikan kepada peminjam ternyata juga merupakan salah satu masalah makro yang dapat menimbulkan beban pembayaran bunga lebih tinggi dari peminjaman awal. Peningkatan suku bunga memang bisa mempengaruhi bisnis secara langsung.

Dengan adanya peningkatan suku bunga ternyata dapat memberikan beban yang besar pada masyarakat. Apabila beban suku bunga terlalu besar maka bisa mengakibatkan menurunnya jumlah permintaan produk dengan harga tinggi.

E. Masalah pertumbuhan Stagnan

Malasah pertumbuhan stagnan merupakan masalah yang disebabkan karena adanya produk-produk yang tidak mencapai tujuan penjualan. Hal tersebut tentunya membuat tingkat permintaan menjadi menurun.

Apabila hal tersebut terjadi maka tidak akan membuat pertumbuhan ekonomi menjadi meningkat, permasalahan utama timbulnya pertumbuhan stagnan yang tidak stabil adalah sumber daya manusia.

Di atas adalah penjelasan mengenai usaha masalah ekonomi makro yang memerlukan solusi untuk diselesaikan. Semoga artikel ini dapat mendorong Anda untuk turut berkontribusi dalam pemecahan masalah ekonomi makro di Indonesia meskipun dengan langkah kecil sekalipun.

Leave a Comment