Manfaat Penelitian bagi Peneliti, Masyarakat, dan Contohnya

Manfaat penelitian bagi peneliti tentu tidak terlepas dari manfaat yang diberikan dari hasil penelitian untuk masyarakat. Berikut beragam manfaat penelitian.

Manfaat penelitian bagi peneliti memiliki keunggulan tersendiri yang membuat peneliti tidak berhenti untuk melakukan riset. Penelitian merupakan aktifitas yang membutuhkan proses investigasi untuk suatu objek. Proses investigasi akan dilakkan secara aktif dan sistematis untuk dapat menemukan hal baru, melakukan penyelidikan, atau melakukan perbaikan dari suatu faktfa.

Penelitian juga dapat dikatakan sebagai suatu kegiatan penyelidikan yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan atau suatu fakta secara menyeluruh agar ditemukan suatu solusi sebagai pemecah permasalahan.

Penelitian tidak terbatas pada suatu permasalahan tertentu saja, suatu kasus dapat terjadi di berbagai aspek yang dapat dijadikan sebagai objek penelitian. Suatu penelitian dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki keahlian di bidang tertentu.

Manfaat Penelitian Bagi Peneliti dan Tujuan Umum Penelitian

Tujuan dari penelitian secara umum dapat dikatakan sebagai cara untuk mendapatkan pengetahuan baru dari suatu peristiwa. Selain peristiwa, penelitian juga dapat memberikan pengetahuan baru terkait dengan teori dan hukum sehingga pengetahuan dari penelitian dapat diterapkan dalam kehidupan.

A. Tujuan Penelitian

Pada umumnya tujuan penelitian dapat terkait dengan adanya suatu permasalahan atau akan diputuskannya suatu kebijakan baru. Penelitian tidak terlepas dari peran peneliti yang ahli di bidangnya. Kombinasi tim peneliti yang memiliki keahlian dari bidang yang berbeda juga dapat dilakukan untuk melakukan observasi terhadap suatu fakta atau kejadian yang hasilnya dapat memberikan dampak bagi masyarakat luas.

Tujuan dari penelitian dapat dikelompokkan menjadi tiga poin yaitu tujuan operasional, tujuan fungsional, dan tujuan individual.

  1. Tujuan operasional dalam penelitian berfokus pada identifikasi dari permasalahan yang terjadi agar dapat ditemukan solusi dari masalah tersebut. Permasalahan yang diidentifikasi tidak terbatas pada bidang atau objek tertentu saja. Semua hal dapat menjadi objek penelitian yang menarik.
  2. Tujuan fungsional dari suatu penelitan memliki fokus terhadap hasil yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan atau kebijakan. Penelitian fungsional biasanya dilakukan oleh instansi pemerintahan atau perusahaan ketika akan membuat suatu kebijakan baru.
  3. Tujuan individual dari suatu penelitian yaitu melakukan penelitian demi menambah ilmu pengetahuan, pengenalan, pengalaman, dan pemahaman terhadap suatu fakta atau informasi yang terjadi di masyarakat.

Peneliti dapat memperoleh penghargaan dari hasil penelitian ketika dapat menemukan hal baru yang membantu kehidupan. Hal itu merupakan salah satu manfaat penelitian bagi peneliti. Selain itu, pengetahuan baru juga sangat bermanfaat bagi masyarakat luas ketika dapat menyelesaikan suatu masalah atau membantu aktifitas masyarakat agar lebih efektif. Penemuan terhadap hal baru di berbagai hal dapat memberikan manfaat bagi peneliti maupun masyarakat.

Manfaat Penelitian bagi Peneliti
Manfaat Penelitian bagi Peneliti

B. Manfaat Penelitian bagi Peneliti, Masyarakat, dan Individu

Penelitian dapat memberikan banyak manfaat bagi setiap pihak yang terlibat didalamnya. Manfaat penelitian bagi peneliti, masyarakat, dan individu dapat dibagi menjadi beberapa poin diantaranya:

  1. Suatu permasalahan atau fakta dapat diidentifikasikan secara sistematik
  2. Memberikan gambaran terhadap pemecahan dari suatu permasalahan yang sedang dihadapi
  3. Meningkatkan kerjasama antar team dan melatih tanggung jawab antar anggota
  4. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai rekomendasi untuk program atau kebijakan dan diaplikasikan pada masyarakat
  5. Menambah wawasan dan pengalaman

Manfaat penelitian bagi peneliti tentu menjadi hal utama yang melatarbelakangi para peneliti dalam melakukan penelitian.

Pengertian dan Apa Kegunaan Penelitian, Berikut Penjelasannya

Penelitian merupakan sebuah penyelidikan ataupun usaha pengujian dalam upaya untuk mencari fakta-fakta ataupun sebuah prinsip yang menggunakan salah satu langkah tertentu. Dalam kerjanya, penelitian ini memerlukan usaha yang teratur atau sistematis untuk memperoleh jawaban secara ilmiah terhadap suatu masalah.

C. Pengertian Penelitian Berdasarkan Ahli

Beberapa ahli juga mengemukakan pendapat mengenai pengertian penelitian, diantaranya adalah sebagai berikut .

1. David H penny
David berpendapat apabila penelitian merupakan pemikiran yang sistematis tentang berbagai macam masalah di mana pemecahannya memerlukan pengumpulan ataupun penafsiran fakta fakta.

2. Sutrisno Hadi
Sedangkan seorang ahli dari Indonesia bernama Sutrisno Hadi mengemukakan apabila penelitian memiliki tujuan sebagai usaha untuk menemukan, mengembangkan hingga menguji kebenaran sebuah pengetahuan.

3. J Suprapto
Sedangkan penelitian yang diungkapkan oleh J suprapto adalah penyelidikan yang dilakukan dari suatu bidang ilmu pengetahuan yang dijalankan agar memperoleh fakta fakta ataupun prinsip dengan sabar, dan sistematis.

4. Mohammad Ali
Lain halnya dengan pengertian penelitian yang dikemukakan oleh Muhammad Ali. Penelitian merupakan suatu cara yang digunakan untuk memahami sesuatu melalui penyelidikan ataupun usaha untuk menemukan bukti-bukti yang muncul sehubungan dengan masalah itu sendiri dan biasanya dilakukan dengan sangat hati-hati agar dapat memperoleh pemecahannya.

D. Kegunaan Penelitian

Adapun kegunaan penelitian yang perlu Anda ketahui. Fungsi dari penelitian itu sendiri adalah memaparkan penjelasan ataupun jawaban terhadap sebuah permasalahan dan dapat memberikan alternatif bagi kemungkinan yang dapat dipilih untuk memecahkan masalah. Berikut ini beberapa kegunaan penelitian.

  1. Penelitian berguna untuk mendeskripsikan, memberikan data ataupun informasi terhadap suatu gejala atau pun peristiwa yang terjadi di sekitar kita.
  2. Penelitian berguna untuk menerangkan data ataupun kondisi hingga latar belakang terjadinya mengapa sebuah peristiwa tersebut bisa terjadi. Penelitian yang bagus merupakan penelitian yang diterangkan secara jelas dan kompleks.
  3. Kegunaan penelitian berikutnya adalah dapat digunakan untuk penyusunan teori yang memakan waktu cukup panjang karena hal tersebut menyangkut berbagai macam instrumen, prosedur ataupun populasi.
  4. Dapat meramalkan ataupun memproyeksi sebuah peristiwa yang terjadi berdasarkan data data yang telah dikumpulkan atau diketahui.
  5. Anda juga bisa mengendalikan sebuah peristiwa ataupun gejala-gejala yang telah terjadi melalui penelitian.

E. Jenis Penelitian Berdasarkan Tujuan Penelitian

Tujuan dari sebuah penelitian sendiri merupakan merumuskan pertanyaan-pertanyaan untuk menemukan jawaban terhadap pertanyaan penelitian itu sendiri dan Berikut ini merupakan tujuan beberapa jenis penelitian berdasarkan tujuan.

  1. Penelitian eksploratif merupakan penelitian yang dilakukan untuk menggali data ataupun informasi mengenai topik baru yang ditujukan untuk mendapatkan kepentingan tersendiri guna untuk melakukan penelitian lanjutan.
  2. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang memiliki desain yang terumuskan dengan baik untuk ditujukan kepada pendeskripsian secara jelas. Biasanya rumusan masalahnya merupakan Bagaimana dan siapa.
  3. Penelitian eksplanatif merupakan penelitian yang memberikan penjelasan mengapa suatu hal tersebut bisa terjadi ataupun menjawab pertanyaan mengapa.

F. Jenis Penelitian Berdasarkan Kegunaannya

Tak hanya dibedakan berdasarkan tujuan, penelitian juga dibedakan berdasarkan kegunaannya yaitu:

  1. Penelitian Dasar adalah penelitian dasar merupakan apabila penelitian tersebut berguna untuk memberikan pemahaman fundamental nature dari sebuah fenomena sosial ataupun menyediakan pengetahuan dasar dan pemahaman yang dapat digeneralisir pada berbagai macam wilayah kebijakan.
  2. Penelitian terapan adalah sebuah penerapan dari ilmu pengetahuan kepada isu-isu tertentu seperti menjawab persoalan mengenai kebijakan ataupun social problem solving. Pada umumnya penelitian terapan ini merupakan penelitian deskriptif.

Itulah informasi mengenai pengertian penelitian, kegunaan penelitian hingga jenis penelitian. Informasi di atas dapat memberikan jawaban terhadap pertanyaan anda mengenai penelitian.

Pentingnya penelitian pada suatu objek dapat dikaitkan dengan hasil penelitian yang mampu memberikan rekomendasi untuk suatu keputusan. Hasil penelitian juga dapat membantu diterapkannya hal baru yang dapat membantu aktifitas manusia.

Leave a Comment