Apa Saja Lembaga Keuangan Internasional dan Sejarahnya

Apa Itu Lembaga Keuangan Internasional? Bukankah kita sering mendengar kata IMF dan Bank Dunia. Sebenarnya bagaimana sejarah lembaga keuangan internasional tersebut? Lalu bagaimana mereka bisa mempengaruhi ekonomi dunia. Kita akan coba bahas masalah tersebut di artikel kali ini.

Lembaga Keuangan Internasional

Di bawah ini adalah tentang sejarah singkat dan mekanisme kerja IMF dan Bank Dunia.

Sejarah Singkat dari IMF dan bank dunia

Defresi besar tahun 1930an di amerika. Lembaga Keuangan Internasional IMF dan bank dunia didirikan pada konfrensi di bretton woods tahun 1944. Perwakilan dari 45 negara bertemu untuk membahas bagaimana untk menghindari masalah yang di sebabkan oleh depresi ekonomi tahun 1930an. Mereka ingin lebih bekerja sama dalam keuangan internasional. Setiap negara anggota IMF juga merupakan anggota dari bank dunia dan sebaliknya.

Keuntungan IMF

A. Mempromosikan kerja sama keuangan internasional dan stabilitas keuangan global
B. Menyediakan bantuan keuangan sementara untuk negara- negara yang berhutang terutama mereka yang memiliki masalah pembayaran yang tidak seimbang
C. Mendorong pertumbuhan ekonomi
D. Memberikan nasihat keuangan kepada negara-negara tentang bagaimana menjalankan perekonomian mereka

Kerugian IMF

A. Keputusan tentang negara dapat meminjam uang yang dibuat oleh negara-negara kaya.
Negara –negara miskin hanya mengikuti negara negara kaya (lebih besar imf di kuasai oleh negara-negara kaya
B. Imf hanya akan meminjaman uang kepada negara negara jika mereka setuju untuk kondisi tertentu, kondisi ini dapat meningkatkan kemiskinan
C. Mata pencharian masyarakat di negara miskin di hancurkan oleh persaingan yang tidak sehat dari barang dan jasa asing.

Cara Kerja Lembaga Keuangan Internasional – IMF dan Bank Dunia

Lembaga Keuangan Internasional IMF dan Bank Dunia ada terutama untuk membantu negara negara dalam kesulitan ekonomi. Imf dapat meminjamkan uang kepada negara-negara tersebut. Namun memaksakan kondisi ketat pada negara-negara yang meminjam uang. Hal tersebut termasuk persyaratab bahwa pemerintah negara itu menghilangkan hambatan perdagangan bebas, termasuk tarif dan kuota dan subsisi untuk setiap sector indutri, termasuk subsidi pertanian.

Bank dunia

Juga di kenal sebagai IBRD (international bank for reconstruction and development / bank internasional untuk rekontruksi dan pembangunan). Tujuan organisasi keuangan internasio adalah untuk membantu keuangan dalam proyek-proyek pembangunan dari negra-negara anggota.

Program penyesuain structural / persyaratan

A. Privatisasi
Di sini imf mensyaratkan sebuah negara untuk membatasi government spending dengan melepaskan perusahaan milik negara. Akibatnya layanan public yang tadinya murah dan dapat di jangkau oleh masyarakat luas menjadi sangat terbatas karena hanya dapat di jangkau oleh mereka yang mampu.

B. Agrikultur
1. Adanya kebijakan yang lebih focus pada bidang indutri
2. Prasyarat yang di bidang ini sering kali menjadi permasalahan pada bumi bagian selatan. Urbanisasi, meningkatkatnya mega city, imigrasi global keutara, meningkatnya kemiskinan di perkotaan dan pedesaan

C. Lingkungan
1. Lingkungan biasanya langsung menjadi korban dari kebijakan prasyarat imf
2. Di sini indudtri terus di kembangkan dan ahirnya meningkatkan polusi, pencemaran lingkukan dan ahirnya berujung pada gangguan kesehatan.

D. Pemaksaan atau austerity
1. Program yang paling sering di potong adalah pendidikan, kesehatan masyarakat dan jarring pengaman social lainnya
2. Sebagai contoh, jika pemerintah dana pendidikan, pendidikan terganggu, dan pertumbuhan ekonomi jangka panjang. Demikian pula, pemotongan untuk program kesehatan seperti aids, untuk menhancurkan perekonomian untuk beberapa daerah dan tenaga kerja.

Leave a Comment