Latar Belakang Pentingnya Penelitian & Pengembangan Crowfunding Syariah di Indonesia

Crowdfunding merupakan salah satu alternatif pembayaran yang tidak bisa dipandang sebelah mata saat ini. Ya, Crowdfunding yang dimaksud adalah crowdfunding dengan teknologi informasi. Kita dapat lihat dari fenomena yang ada, begitu tidak sedikitnya uang yang dapat terkumpul dari sebuah campaign crowdfunding.

Crowdfunding Kiva membantu Orang Miskin di Afrika

Kiva.com adalah sebuah platform yang berfungsi untuk memediasi pemberi dana pinjaman kepada yang membutuhkan. Umumnya pihak yang membutuhkan di sini adalah para entrepreneur miskin di Afrika yang tidak memiliki modal. Mereka menemukan bahwa para tidak mampu di sana lebih menyukai diberi pinjaman dan membuka usaha untuk merubah hidupnya dibanding diberikan donasi. Pinjaman yang diberikan bersifat lunak dan akan dikembalikan beserta bunga yang telah disepakati.

The Story of Emerging Growth Company & Kickstarter

Kickstarter.com adalah sebuah platform crowdfunding. Crowdfunding sesuai namanya adalah pendanaan (funding) yang dilakukan oleh orang banyak (crowd). Istilah praktisnya, crowdfunding adalah pendanaan yang berasal dari orang banyak dengan kontribusi yang relatif sedikit melalui media internet. Dana yang telah berputar di kickstarter cukup besar. Sebagian startup yang pernah didanai melalui platform itu telah menjadi perusahaan besar.

Fenomena perkembangan Teknologi dan Pengaruhnya di Bidang Keuangan (Fin-Tech)

Perekmbangan Teknologi Informasi (TI) telah berkembang pesat. Kemajuan ini membawa inovasi pada berbagai bidang, tak terkecuali keuangan. Awal ketika belum ada system keuangan ketika transaksi menggunakan barter. Kemudian menggunakan uang untuk mempermudah. Uang sendiri sebenarnya juga media informasi. Media yang menginfomasikan nilai suatu barang. Kemudian dari uang logam menjadi kertas berharga. Di zaman elektronik ini semua media tersebut sudah mulai digantikan penuh dengan data digital. Inti dari penjelasan ini adalah system keuangan selalu menempel pada perkembangan system informasi.

Sudah seharusnys kita bersikap reseptif terhadap perubahan TI. Melihat dari masa lampau, system keuangan selalu mengalami perubahan. Melihat masa kini perubahan TI itupun masih terjadi. Oleh karena itu sangat memungkinkan bahwa akan terjadi perubahan pada bagaimana system keuangan kita, dan mungkin itu perubahan yang besar.

Crowdsourcing & Crowdfunding

konsep crowdfunding syariah
Bagaimana konsep crowdfunding syariah?

Sebelum crowdfunding, ada istilah crowdsourcing. Crowdsourcing sesuai namanya adalah pemenuhan kebutuhan sumberdaya (sourcing) melalui orang banyak (crowd). Crowdsourcing bias berupa urunan tenaga, donasi, tempat, media komunikasi, dan sumber daya personal lainnya. Crowdsourcing adalah bentuk umum dari crowdfunding.

Emerging Growth Company & Inklusi Keuangan

Startup adalh istilah popular untuk menggambarkan perusahaan yang dimulai, baik masih berada di masa inkubasi atau sudah beroperasi secara public. Beberapa perusahaan popular yang pernah diasosiasikan sebagai startup adalah seperti facebook, myspace, BnB, ………

Karena baru dimulai perusahaan ini sulit mendapatkan akses pembiyaaan baik dari bank apalagi pasar modal. Selain karena prasyarat administrasi yang belum bias terpenuhi, perusahaan yang beru dimulai jelas berisiko. Oleh karena itu Startup harus mencari pembiayaan alternative selain dari keluarga dan temannya. Salah satu jalan yang cukup popular adalah melalui angel investor dan crowdfunding. Angel investor adalah orang kaya yang memiliki minat untuk menginvestasikan dananya pada usaha kecil menegah yang berkembang.

Berikut adalah jenis-jenis pendanaan usaha rintisan.

Tetapi tidak semua beruntung semua startup bias mendapat pendanaan dari investor. Angel investor sangat selektif dalam memilih usahanya dan kebanyakan startup selain IT dianggap inferior. Maka bagi mereka yang tidak memilih atau tidak memiliki pilihan lain, mereka memilih media crowdfunding untuk pembiayaan.

Massa kelas menengah yang banyak tentu tidak kalah dengan seorang angel investor, bahkan bias mengalahkannya. Crowdfunding mengkonversi kekuatan ini dan menyalurkannya kepada mereka yang membuytuhkan dana.

Infrastructure Crowdsourcing and Crowdfunding

Corwdfunding tidak hanya untuk usaha rintisan atau startup. Tetapi juga bias digunakan untuk pembangunan infrastruktur atau asset public lainnya. Public project….. Kemenkeu….

Antitesis Kapitalisme

Crowdfunding memberikan dua kesempatan bagi kelas menengah, 1) kesempatan untuk membuka usaha, 2) kesempatan untuk berinvetasi dan memiliki usaha. Hal yang sebelummya sangat terbatas pada mereka yang memiliki net worth yang tinggi.

Harus Syariah -> Hikmah Syariah -> Higher Interest Rate

Crowdfunding adalah hal yang tergolong baru. Sebelum dikembangkan lebih jauh harus diaudit dahulu syariah compliancenya.

Hadis harta haram. Higher interest rate. Transaksi yang dilarang.

Contohlah pendanaan di kiva sebagai studi kasusnya.

The Chance to Get The Most Optimal Economoic and Financial System

Kita masih tidak tahu akan dibawa kemana perkembangan ekonomi dan keuangan ke depannya. Jikalau crowdfunding ini adalah sebuah langkah maju dalam duniakeuangan manusia, maka jangan sampai Indonesia tertinggal. Tidak hanya masalah ketertinggalan tetpai bagaimana agar kemajuan ini sempurna dengan syariah compliance.

Leave a Comment