Latar Belakang Berdirinya Asean Dan Permulaannya

Apakah kamu tahu apa itu ASEAN? Sejarah ASEAN? Apa latar belakang ASEAN? Jika kamu belum tahu, kamu berada pada artikel yang tepat. Karena sekarang, kami akan membagikan artikel tentan Latar Belakang Berdirinya ASEAN.

ASEAN sendiri adalah salah satu organisasi yang penting dikawasan Asia Tenggara. ASEAN didirikan untuk menyasar bidang ekonomi, keamanan, dan kerjasama lainya pada anggota-anggotanya.

Untuk kamu yang berada di Indonesia, harusnya kamu mengetahui mengenai latar Belakang Berdirinya ASEAN. Karena Indonesia sendiri berada pada kawasan Asia Tenggara. Untuk kamu yang sudah penasaran apa itu latar Belakang Berdirinya Asean. Berikut adalah penjelasan tentang latar Belakang Berdirinya Asean.

Latar Belakang Berdirinya Asean

Apakah kamu tahu apa saja latar Belakang Berdirinya Asean? ASEAN sendiri mempunyai konteks latar belakang yang meliputi 4 hal. Tetapi sebelum membahas itu, apakah kamu sudah tahu apa pengertian dari ASEAN? Jika belum, simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian ASEAN sendiri adalah (Association of Southeast Asian Nations) yang merupakan suatu organisai regional negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang didirikan terhadap tanggal 8 Agustus 1967. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, ASEAN memiliki arti PERBARA (Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara). ASEAN sampai sekarang sudah memiliki 10 negara partisipan, diantaranya adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Laos, Kamboja, Myanmar, dan Vietnam.

Latar Belakang Berdirinya Asean
Latar Belakang Berdirinya Asean

Nah, bagaimana? Apakah kamu sudah mengerti pengertian ASEAN? Jika sudah mengerti, tanpa panjang lebar, kita langsung lanjut saja menjelaskan tentang latar Belakang Berdirinya Asean. Simak penjelasan dibawah ini.

Sebagian persamaan yang dimiliki oleh negara-negara Asia Tenggara yang menyebabkan berdirinya ASEAN. Persamaan-persamaan tersebut diantaranya:

  1. Persamaan Geografis

Benua Asia serta Benua Australia, dan diantara dua Samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Dua benua dan dua Samudra tersebut adalah tempat berdirinya seluruh negara-negara Asia Tenggara.

Jadi karena letak Geografis inilah yang menjadikan negara-negara tersebut menjadi satu regional dan satu kesatuan wilayah menjadikan berdirinya ASEAN.

  1. Persamaan Kebudayaan

Kawasan Asia Tenggara sendiri mempunyai basis kebudayaan, bahasa dan tata kehidupan yang hampir sama. Ini dikarenakan mereka adalah pewaris peradaban rumpun melayu Austronesia.

  1. Persamaan Nasib

Hampir semua negara di Asia Tenggara dijajah oleh bangsa barat, terkecuali Thailand. Hal tersebut akhirnya membuat negara-negara ini tumbuh rasa setia kawan antara bangsa-bangsa di Asia Tenggara.

  1. Persamaan Kepentingan

Selat Malaka dan Selat Sunda, adalah pintu gerbang disebelah barat serta menjadi jalan utama bagi lantas lintas dan perdagangan dunia, itulah kenapa negara-negara di Asia Tenggara membutuhkannya.

Disamping itu, ada kepentingan bersama di bidang ekonomi, sosial budaya, keamanan dan stabilitas politik kawasan yang menyebabkan latar belakang berdirinya ASEAN ini.

Nah, kamu sudah tahu kan bagaimana latar Belakang Berdirinya Asean. Tapi apakah kamu tahu siapa tokoh pendiri ASEAN? Jika belum, kamu bisa simak penjelasan dibawah ini.

Tokoh Pendiri ASEAN

Kita sudah singgung diatas, negara-negara mana saja yang tergabung di dalam ASEAN. Kelima negara yang diwakili oleh menteri luar negeri dari masing-masing negara, yaitu:

  • Adam Malik, wakil dari Indonesia
  • Tun Abdul Razak, wakil dari Malaysia
  • Sinnathamby Rajaratnam, wakil dari Singapura
  • Thanat Khoman, wakil dari Thailand
  • Narsisco Ramos, wakil dari Filipina

Sekian artikel tentang latar belakang berdirinya asean yang sudah kami beri untuk anda. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat bagi anda.

Leave a Comment