Koperasi Jasa Keuangan Syariah & Beberapa Kelebihannya

Banyak sekali aneka jenis koperasi yang ada di indonesia, hal ini dikarenakan koperasi adalah sebuah badan usaha yang selalu dipromosikan oleh pemerintah, salah satunya adalah koperasi jasa keuangan syariah.

Koperasi adalah sebuah badan usaha yang sangat berorientasi kepada menggerakan roda perekonomian masyarakat keci. Kooperasi juga merupakan sebuah lawan dari jenis usaha berbadan retail yang tersebar di seluruh indonesia seperti aneka swalayan modern dan sejenisnya. Koperasi memiliki sejumlah asas yang sangat penting untuk menggerakan roda koperasi itu sendiri, seperti asas keterbukaan, sukarela dan tanpa paksaan,serta berorientasi kepada masyarakat kecil.

Oleh karenanya kooperasi memiliki SHU dimana anggota dari koperasi tersebut akan memperoleh sejumlah dana di akhir tahun yang diperoleh dari laba penjualan selama setahun. Pada prinsipnya terdapat dua jenis koperasi, yaitu koperasi umum dengan kooperasi koperasi jasa keuangan syariah.

Manfaat Koperasi Jasa Keuangan Syariah

Koperasi yang bernafaskan syariah islam ini muncul dikarenakan tuntutan dan juga kebutuhan dari masyarakat islam indonesia yang tidak menyukai riba atau bunga didalam pinjaman. Secara singkat, sebuah koperasi jasa keuangan syariah adalah sebuah jenis kooperasi yang memiliki prinsip yang hampir identic dengan aneka kooperasi lainya, hanya saja mereka tidak menerapkan bunga didalam pinjamanya, dan menggunakan kesepakatan sebagai gantinya.

Kooperasi berbasis syariah ini merupakan sebuah kooperasi yang sangat umum dan juga menjadi alternative yang bagus bagi masyarakat indonesia yang mencari dan menginginkan pinjaman tanpa riba. Selain itu, ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika anda menggunakan jasa kooperasi ini, yaitu:

1. Menggerakan Ekonomi Masyarakat Kecil melalui Produk Akadnya

Kooperasi jasa keuangan artinya adalah anda mampu untuk melakukan kegiatan pinjaman uang yang pada akhirnya akan mampu untuk menggerakan roda perekonomian. Tentunya uang yang dipinjamkan tidak asal dipinjamkan, melainkan pinjamanya harus memiliki aturan dan fungsi yang jelas, seperti untuk modal bisnis, atau hal-hal yang produktif sehingga masyarakat akan mampu untuk memutar roda perekonomian secara produktif. Anda harus melampirkan rencana anda ketika anda hendak meminjam uang ke kooperasi jenis ini sehingga mereka akan yakin kepada anda dan bersedia untuk meminjamkan uangnya kepada anda.

Akad-akad syariah pada KJKS membuatnya berpeluang menjadi penggerak usaha rakyat kecil (UKM & UMKM)

2. Menyimpan uang atau menabung dengan Akad Syariah

Menabung sangatlah penting untuk kesejahteraan masyarakat karena anda tidak bisa menerka masa depan anda. ada banyak sekali ancaman yang bisa saja jatuh dan menimpa anda, seperti kecelakaan, sakit, kematian dan banyak hal lainya. anda juga harus mempersiapkan bekal pendidkan anak anda, dan juga keluarga anda lainya sehingga anda tidak akan berkesulitan di masa depan.

koperasi jasa keuangan syariah
koperasi jasa keuangan syariah

Anda bisa menyimpan uang anda di koperasi jasa keuangan syariah yang nantinya uang anda akan diputar oleh kooperasi tersebut dan menjadi sebuah uang yang produktif untuk daerah anda, melalui produk-produk syariahnya.

3. Menyediakan kebutuhan masyarakat dengan harga terjangkau

Salah satu keunggulan dari koperasi syariah dalam pertanian adalah, bahwa kooperasi menyedikan aneka jenis kebutuhan masyarakat seperti kebutuhan pertanian, perkebunan dan lainya dengan harga yang sangat terjangkau jika dibandingkan dengan toko serba ada yang beredar di indonesia.

Selain itu jika anda membeli barang-barang di kooperasi yang mana anda sebagai anggota didalamnya juga, anda bisa mendapatkan aneka jenis keuntungan yang sangat menguntungkan untuk anda dalam bentuk SHU.

Koperasi jasa keuangan syariah adalah sebuah alternative dari jenis kooperasi lainya yang mungkin anda bisa gunakan jasanya. Kooperasi syariah yang jelas menerapkan prinsip-prinsip islam yaitu untuk menghilangkan bunga pinjaman dan juga menggantinya dengan praktik akad atau perjanjian didalam pinjaman.

Leave a Comment