Cara Kirim Uang Lewat Indomaret, Alfamart, & Tanpa Rekening!

Sekarang ini, transaksi non tunai lebih banyak dilakukan dibandingkan dengan transaksi menggunakan uang tunai. Meski begitu masih ada orang yang tidak memiliki rekening bank. Anda tetap dapat melakukan transfer uang dalam kondisi itu. Kirim uang lewat Indomaret dan Alfamart merupakan salah satu pilihan untuk Anda yang ingin mengirim uang ke orang lain.

Transaksi melalui dua minimarket ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, apalagi keduanya memiliki cabang-cabang yang tersebar di lokasi-lokasi terpencil di seluruh Indonesia. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang mengirim uang lewat indomaret, alfamart, dan metode tanpa rekening lainnya.

Kirim Uang Lewat Indomaret dan Alfamart dengan Mudah

Banyak orang masih ragu untuk melakukan transfer uang melalui cabang minimarket. Padahal, transaksi yang dilakukan tergolong aman seperti halnya transaksi melalui bank.

Ketika mengirimkan uang melalui kedua minimarket ini, Anda biasanya akan memperoleh kode pengiriman. Kode pengiriman inilah yang akan diberikan kepada penerima uang agar mereka dapat mencairkannya di cabang minimarket yang terdekat. Kerahasiaan kode tersebut harus dilindungi dengan baik karena bila ditemukan oleh orang lain yang bukan penerima yang dimaksudkan, orang tersebut tetap dapat mencairkan yang dikirim.

Selain keamanan, terdapat beberapa keunggulan lain ketika melakukan transfer uang melalui Indomaret dan Alfamart. Pertama, Anda tidak perlu mengisi formulir untuk mengirimkan uang karena petugas minimarket yang akan melakukannya untuk Anda.

Transaksi dapat dilakukan kapan saja karena minimarket ini buka dua puluh empat jam tujuh hari dalam seminggu. Selain itu, cabang-cabangnya menyebar rata di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan Anda dapat menemukan cabang minimarket di desa terpencil sekalipun.

Langkah Mengirim Uang Lewat Indomaret – Alfamart

Bagaimana cara kirim uang lewat Indomaret dan Alfamart? Kedua jaringan minimarket itu menerapkan cara yang sama untuk melakukan transfer uang. Berikut langkah mengirim uang lewat indomaret atau alfamart:

  1. Kunjungi cabang Indomaret atau Alfamart yang terdekat
  2. Katakan pada petugas apabila Anda bermaksud untuk mengirim uang
  3. Tunjukkan kartu identitas Anda kepada petugas seperti KTP, paspor, atau SIM
  4. Sebutkan nomor telepon genggam Anda yang dapat dihubungi
  5. Sebutkan nama dan nomor telepon genggam orang yang akan menerima dana yang dikirim
  6. Katakan besar nominal uang yang akan Anda kirimkan kepada petugas
  7. Serahkan uang yang akan ditransfer kepada petugas beserta biaya transfer

Biaya transfer yang diminta untuk kirim uang lewat Indomaret dan Alfamart cukup terjangkau yaitu hanya sebesar Rp 2.500,00. Setelah Anda membayarkan besar nominal yang ditransfer dan juga biaya transfer, Anda akan diminta untuk menunggu beberapa saat. Sebuah SMS akan dikirimkan ke telepon seluler Anda.

Pesan tersebut berisikan kode pengiriman yang harus ditunjukkan oleh penerima uang transfer ketika mencairkan uang di cabang minimarket yang paling dekat dari lokasi mereka.

kirim uang lewat indomaret dan alfamart
kirim uang lewat indomaret dan alfamart

Banyak orang bertanya apakah mereka dapat menerima uang transfer dari rekening bank atau kirim uang lewat Indomaret dan Alfamart ke rekening bank tertentu. Sayang sekali, saat ini fitur tersebut belum disediakan oleh jaringan minimarket tersebut. Apabila Anda menanyakan kepada petugas apakah hal tersebut bisa dilakukan, mereka akan menjelaskan bahwa minimarket tidak melayani jasa itu.

Gerai-gerai minimarket bahkan juga bekerja sama dengan jaringan transfer tunai terbesar di dunia. Orang yang tinggal di luar negeri dapat mengirimkan uang ke Indonesia dengan biaya transfer yang cukup rendah. Jumlah maksimal yang dapat diproses adalah sebesar dua puluh juta rupiah.

Pengen Tranfer Uang Tanpa Rekening? Berikut Ini Cara Kirim Uang Tanpa Rekening

Saat ini mengirim uang tidaklah sulit yaitu hanya bermodalkan memiliki nomor rekening Anda bisa melakukan transfer dengan bank lainnya. Selain itu proses pengiriman ini juga terbilang sangat cepat bahkan kisah hitungan detik uang tersebut akan terkirim. Lantas Bagaimana cara kirim uang tanpa rekening?

Cara Kirim Uang Tanpa Rekening

Transaksi online memang akan memudahkan anda untuk melakukan jual beli atau pun transaksi keuangan lainnya dengan cepat tanpa mengenal batasan waktu. Dan biasanya akan memanfaatkan kartu kredit. Kendati demikian tidak semua orang memiliki rekening bank ataupun kartu kredit, sehingga akan menyulitkan mereka untuk mengirim ataupun menerima uang secara online.

Cara Kirim Uang Tanpa Rekening
Cara Kirim Uang Tanpa Rekening

Kendati demikian anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk kirim uang tanpa memiliki rekening. Seperti yang akan dibahas pada ulasan berikut ini.

a. Melalui Kantor Pos Indonesia

Sejak zaman dulu kantor pos sudah menyediakan layanan kirim uang tanpa menggunakan rekening dan. Cara ini biasanya akan menggunakan wesel untuk melayani kirim uang. Selain itu persyaratan yang diajukan juga cukup mudah yaitu anda bisa membawa KTP dan uang tunai serta data peserta ataupun nomor rekening bank dari pihak penerima..

Selain digunakan untuk mengirim barang, inilah kelebihan yang dimiliki oleh Kantor Pos Indonesia dimana memberikan layanan kirim uang tanpa menggunakan rekening.

b. Datang langsung ke bank

Anda juga bisa melakukan setoran tunai di bank tanpa memiliki rekening. Cara ini menjadi salah satu cara yang sering dilakukan oleh masyarakat yang ingin mengirim uang tanpa rekening secara aman dan cepat. Caranya cukup mudah anda bisa datang ke kantor Bank terdekat dengan membawa sejumlah uang yang akan dikirim.

Anda harus mengambil antrian untuk menuju ke teller bank dan untuk mengisi formulir. Setelah itu Anda akan menghadap pada teller bank dan disinilah Anda harus memberitahu tujuan anda. Kendati demikian perlu dicatat apabila cara ini hanya bisa dilakukan apabila seseorang yang akan menerima transfer tersebut memiliki nomor rekening.

c. Western Union

Western Union juga menjadi salah satu cara yang dipilih oleh sebagian besar orang untuk melakukan transfer tanpa menggunakan nomor rekening. Cara yang satu ini sebenarnya lebih cocok untuk di manfaatkan terutama untuk pengiriman luar negeri.

Caranya pun cukup udah di mana anda bisa mendatangi kantor yang telah bekerjasama dengan Western Union seperti pos, JNE atau bank. Anda bisa menemui. Selain itu, Western Union ini juga dapat melayani lebih dari 200 negara dengan proses pengiriman yang aman dan biaya yang murah.

Cara mengirim uang melalui Western Union ini juga cukup mudah di mana anda bisa datang ke kantor cabang Western Union terdekat dengan membawa identitas seperti KTP, SIM, Paspor dengan membawa sejumlah uang yang akan dikirim. Selain itu Anda juga harus menyertakan nama negara asal dan nomor referensi.

d. Melalui Alfamart atau Indomart

Cara berikutnya yang bisa anda pilih adalah mengirim uang melalui Alfamart atau Indomaret. Jika Anda memilih mengirim uang melalui Alfamart maka akan memanfaatkan true money. True money dan dirimu bukanlah perusahaan baru yang ada di Indonesia. Dengan truman inilah maka proses pengiriman uang ke seluruh daerah yang dekat dengan Alfamart akan lebih cepat.

Transaksi ini sendiri tidak membutuhkan nomor rekening karena anda hanya perlu membawa identitas resmi dan uang yang akan dikirimkan. Selain itu transaksi ini juga membutuhkan informasi yang valid baik itu identitas pengirim ataupun penerima.

Nah itulah empat cara yang bisa anda gunakan untuk mengirim uang tanpa menggunakan nomor rekening. Manakah cara termudah untuk anda?

Melihat banyak kemudahan untuk mentransfer uang melalui kedua jaringan minimarket tersebut, kirim uang lewat Indomaret dan Alfamart ada baiknya menjadi pilihan utama Anda.

Leave a Comment