Kenali 6 Bahaya Harta Haram Sebelum Menimpa

Oke, kali ini kita akan membahas …… dampak harta haram. Mungkin agak berat, tetapi lebih berat lagi kalau kita tidak tahu konsekuensinya dan kemudian terkena konsekuensinya. Iya kan 🙂

Bahaya HArta Haram, Dilarang dalam Keuangan Syariah

Islam sangat adil, bahkan untuk urusan sosial tidak pandang bulu siapapun dia, apakah dia laki-laki atau perempuan, tua atau muda, bahkan muslim atau non-muslim (kafir). Semua dapat haknya, dan tidak boleh mengambil hak orang dengan cara zalim.

Tak siapapun boleh menzalimi siapapun.

Sebagian kita masih menganggap remeh, misalkan, menggunakan barang teman tanpa izin. Atau yang lebih parah lagi memakan bunga bank, padahal itu riba. Kita tidak tahu mungkin kita telah terpapar harta haram.

Padahal mendapatkan / menggunakan harta dengan cara yang batil konsekuensinya tidak ringan, khususnya bagi seorang muslim. Pelajari sebelum terlambat. Ayo kita lihat satu-satu dalil yang melarangnya.

Dampak Harta Haram

1. Tidak diterimanya Amal Ibadah

Rasulullah saw bersabda, “Ketahuilah bahwa suapan haram jika masuk ke dalam perut salah satu dari kalian, maka amalannya tidak diterima selama 40 hari.” (HR At-Thabrani).

Dalam kitab Sya’bul Imam disebutkan, “Barangsiapa yang membeli pakaian dengan harga sepuluh dirham di antaranya uang haram, maka Allah tidak akan menerima shalatnya selama pakaian itu dikenakan.” (HR Ahmad)

Bayangkan, ketika kita harus shalat tetapi kita tidak mendapatkan pahalanya. Hal tersebut bagaikan kerja paksa, tetap kerja tetapi tidak digaji, bukan karena penjajahan, tetapi karena kesalahan kita. Naudzubillahi min dzalik 🙁

2. Tidak dikabulkannya doa

Apakah Anda waktu kecil termasuk yang pernah meminta sesuatu kepada orang tua sampai merengek-rengek sampai guling-guling?
Bahkan ada yang sampai mengancam ingin bunuh diri, bahkan ada yang bunuh diri beneran.

Dan bayangkan, jika permintaan itu ditolak, apalagi ditolak dari satu-satunya yang memberi kita harapan, rasanya? pasti putus asa dan sedih. Seperti itulah kemungkinannya jika kita makan harta haram.

Rasulullah saw bersabda:
Seorang lelaki melakukan perjalanan jauh, rambutnya kusut, mukanya berdebu, menengadahkan kedua tangannya ke langit dan mengatakan, “Wahai Rabbku! Wahai Rabbku!” Padahal makanannya haram dan mulutnya disuapkan dengan yang haram, maka bagaimanakah akan diterima doa itu?” (HR Muslim).

3. Tidak diterima hajinya

Kalau misalkan ada koruptor yang pergi haji dengan uang korupsinya,

atau,

Artis yang mengumbar aurat dalam akting dan menggunakan upahnya untuk naik haji, maka apakah hajinya berkah? boro-boro berkah, diterima aja ngga, malah dosa, berikut sabda Baginda Nabi saw :
Jika seorang keluar untuk melakukan haji dengan nafaqah haram, kemudian ia mengendarai tunggangan dan mengatakan, “Labbaik, Allahumma labbaik!” Maka yang berada di langit menyeru, “Tidak labbaik dan kau tidak memperoleh kebahagiaan! Bekalmu haram, kendaraanmu haram dan hajimu mendatangkan dosa dan tidak diterima.” (HR At Thabrani)

4. Tidak ada pahala bagi sedekah atau kebaikan lainnya, dan tetap mendapat dosa.

Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa mengumpulkan harta haram, kemudian menyedekahkannya, maka tidak ada pahala, dan dosa untuknya.” (HR Ibnu Huzaimah)

Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa mendapatkan harta dari dosa, lalu ia dengannya bersilaturahim (menyambung persaudaraan) atau bersedekah, atau membelanjakan (infaq) di jalan Allah, maka Allah menghimpun seluruhnya itu, kemudian Dia melemparkannya ke dalam neraka. Lalu Rasulullah saw bersabda, ” Sebaik-baiknya agamamu adalah al-wara’ (berhati-hati).” (HR Abu Daud).

Last, but not least. Dosa riba yang sekarang sudah mengakar dalam perekonomian kita 🙁

Konsekuensinya adalah :

5. Azab Allah atas Negeri tersebut

“Apabila perzinahan dan riba merajalela di suatu negeri, sungguh mereka telah mengundang azab Allah untuk menimpa mereka.” (HR. al-Hakim, menurut Syaikh Al-Albani derajat hadits ini hasan li ghairihi).

Sekarang kita bertanya, Negeri manakah yang benar-benar terbebas riba? Hampir tidak ada, bahkan uang kertas yang kita pakaipun juga adalah riba. Kalaupun ada yang terbebas riba biasanya berupa masyarakat terpencil yang tidak bertransaksi dengan ekonomi dunia luar.

Dan ultimate consequences alias balasan pamungkas dari harta haram adalah :

6. Halal Api Neraka Membakarnya

Rasulullah saw bersabda, “Tidaklah tumbuh daging dari makanan haram, kecuali neraka lebih utama untuknya.” (HR At Tirmidzi).

Semoga Allah Melindungi kita dan keluarga kita dan saudara kita dari harta haram baik yang disadari maupun yang tak disadari.

Itulah akibat-akibat dari harta haram. Oleh karena itu selalu utamakan keberkahan dalam mencari harta.

1 thought on “Kenali 6 Bahaya Harta Haram Sebelum Menimpa”

  1. Kalo boleh nambain, efek buruknya juga mengenai regenerasi karena keturunan dari orang yang suka memakan harta haram.

Leave a Comment