kelebihan dan kekurangan perusahaan perseorangan
kelebihan dan kekurangan perusahaan perseorangan

5 Kelebihan & Kekurangan Perusahaan Perseorangan yang Mendasar

Posted on

Sebagian orang mungkin belum tahu apa saja kelebihan dan kekurangan perusahaan perseorangan. Dalam dunia bisnis, terdapat berbagai macam bentuk dan jenis usaha. Tentu Anda sudah tidak asing dengan istilah Perseroan Terbatas (PT), Firma, Persekutuan Komanditer (CV), perusahaan perseorangan, dan lain sebagainya. Sebelum menyelami seluk beluk perusahaan perseorangan, ada baiknya kita mengetahui definisi perusahaan perseorangan terlebih dahulu.

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Perusahaan Perseorangan

Secara garis besar, perusahaan perseorangan mengacu pada badan usaha yang dijalankan oleh seseorang. Dengan demikian, kepemilikan dan tanggung jawab berjalannya perusahaan tersebut bergantung pada seseorang tersebut. Tentu saja terdapat banyak kelebihan dan kekurangan perusahaan perseorangan yang dapat kita analisis bersama.

Perusahaan perseorangan sendiri di Indonesia dapat ditemukan dengan mudah. Biasanya, jenis usaha ini digunakan dalam skala usaha kecil hingga menengah atau sebagai batu pijakan dalam membangun perusahaan yang lebih besar nanti di kemudian hari. Contoh nyata perusahaan perorangan yang dapat kita amati sehari hari antara lain restoran, warung makan, toko kelontong, dan lain sebagainya.

Saat ini, pemerintah Indonesia tengah gencar untuk mengembangkan potensi perusahaan perseorangan di kalangan masyarakat sebagai salah satu roda penggerak ekonomi bangsa. Pengenalan sistem, kelebihan dan kekurangan perusahaan perseorangan kian giat dilakukan untuk menarik minat masyarakat membangun perekonomian di atas kaki sendiri.

A. Kelebihan Perusahaan Perseorangan

Berikut adalah beberapa kelebihan yang ada pada badan usaha perusahaan perseorangan:

1. Seluruh keuntungan yang didapat akan menjadi milik orang tersebut.

2. Perusahaan perseorangan cenderung bergerak dengan dinamis dan bebas. Pemilik perusahaan dapat mengambil keputusan secara bebas dalam menjalankan bisnisnya.

3. Pemerintah menerapkan pajak yang rendah untuk jenis perusahaan ini. Umumnya, pemilik hanya dikenakan pajak penghasilan.

4. Pengorganisasian perusahaan cenderung lebih ringkas dan hemat biaya. Tidak seperti jenis perusahaan lain, amat jarang ditemui perusahaan perseorangan yang memiliki banyak bagian – bagian sehingga pengelolaannya lebih murah dan mudah.

5. Segala rahasia perusahaan akan terjamin karena hanya dimiliki oleh perseorangan.

6. Semangat untuk mencapai keuntungan sangat menggelora dalam perusahaan perseorangan. Dengan demikian, sangat besar kemungkinan pemilik usaha akan melakukan inovasi inovasi untuk menarik minat konsumen. Terobosan inilah yang sangat dinantikan oleh masyarakat.

B. Kekurangan Perusahaan Perseorangan

Berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki perusahaan perseorangan:

1. Sulit untuk mengembangkan besaran perusahaan karena modal yang terbatas. Tentu pemilik dapat melakukan kredit, namun kuantitasnya tentu tidaklah banyak.

2. Keberlangsungan perusahaan cenderung tidak terjamin karena sangat tergantung kepada pemilik perusahaan. Apabila terjadi hal yang tidak terduga terhadap pemilik perusahaan seperti sakit keras, meninggal dunia, atau sebab lain, maka jalannya perusahaan dapat terancam bahkan berhenti total.

3. Minimnya kesempatan karyawan perusahaan untuk berkembang karena mereka akan berada pada jabatan yang sama dalam jangka waktu tidak menentu.

4. Tanggung jawab pemilik yang tidak terbatas. Hal ini berarti pemilik perusahaan menanggung seluruh resiko yang dimiliki perusahaan, Apabila dalam perjalanan perusahaan tersebut mengalami kebangkrutan, maka harta benda pemilik akan menjadi jaminan untuk melunasi seluruh hutang perusahaan.

5. Sulitnya melakukan manajemen perusahaan. Umumnya, perusahaan dalam bentuk lain terdiri atas bagian bagian atau divisi atau departemen yang mengurus aktivitas tertentu, seperti pembukuan, pembelian, penjualan, pengaturan karyawan dan lain sebagainya. Ketiadaan bagian ini dalam perusahaan perseorangan memang menjadikan pengelolaan menjadi ringkas.  

Namun, tidak menutup kemungkinan pemilik akan merasa sangat kesulitan dalam mengatur segala komponen tersebut.

kelebihan dan kekurangan perusahaan perseorangan
kelebihan dan kekurangan perusahaan perseorangan

Demikian yang dapat disimpulkan mengenai kelebihan dan kekurangan perusahaan perseorangan. Semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda mengenai dunia bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *