5 Kelebihan dan Kekurangan Perseroan Terbatas yang Mendasar

Seperti halnya badan usaha pada umumnya, ada beberapa kelebihan dan kekurangan Perseroan Terbatas. PT merupakan salah satu bentuk usaha yang paling sering ditemukan. Hal ini dikarenakan ada banyak kelebihan yang ditawarkan olehnya. Namun, badan ini juga memiliki beberapa kekurangan. Sebelum mendirikan atau mengikuti perusahaan berbentuk PT, pelaku usaha harus mempertimbangkan kelebihan serta kekurangan yang akan didapat nanti. Berikut ini akan dijabarkan beberapa fakta mengenai Perseroan Terbatas.

Kelebihan dan Kekurangan Perseroan Terbatas

Ada beberapa jenis Perseroan Terbatas. Jenis-jenis itu adalah PT terbuka, PT tertutup, PT perseorangan, PT domestik, PT asing, dan PT kosong. Secara umum,kelebihan dan kekurangan Perseroan Terbatas untuk setiap jenisnya memiliki persamaan karena dasar hukumnya pun sama. Pemilik modal dari PT dianggap sebagai individu yang memiliki harta sendiri, menuntut dan dituntut secara hukum di pengadilan, dan melakukan perbuatan hukum secara sendiri.

A. Kelebihan Perseroan Terbatas

Pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Perseroan Terbatas ini akan diawali dari segi kelebihannya. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Perseroan Terbatas. Kelebihan perseroan terbatas yaitu:

1. Kepemilikan perusahaan dapat berganti-ganti dengan mudah.

Karena Perseroan Terbatas merupakan bentuk usaha berbasis saham, pemilik perusahaan ini dibuktikan dengan kepemilikan saham. Saham dapat diperjual-belikan dengan mudah, sehingga pemilik perusahaan pun dapat berganti dengan mudah.

2. Perusahaan memiliki masa hidup yang lama, bahkan abadi.

Kata abadi di sini memiliki makna bahwa masa hidup perusahaan dapat melewati masa hidup sang pemilik saham, direktur, pejabat, dan pengelola lainnya. Hal ini dapat berdampak positif pada stabilitas modal.

3. Hutang-hutang terbatas pada jumlah saham yang dimiliki.

Apabila perusahaan memiliki hutang, maka hutang tersebut akan ditanggung oleh pemilik saham sesuai dengan besar saham yang dimiliki. Hal ini berarti orang yang memiliki saham lebih banyak harus membayar hutang tersebut lebih banyak dan begitu pula sebaliknya.

Tiga hal di atas merupakan kelebihan yang dimiliki oleh Perseoran Terbatas. Hal-hal tersebut tentu saja menggiurkan sebab bentuk badan usaha ini cenderung lebih terbatas dan para pemilik usaha hanya memiliki tanggungjawab sesuai dengan besar saham yang dimiliki. Namun, sebelum membangun atau mengikuti bentuk badan usaha ini, Anda harus paham mengenai semua kelebihan dan kekurangan Perseoran Terbatas. Ulasan mengenai kekurangan dari PT akan dibahas di bawah ini.

B. Kekurangan Perseroan Terbatas

Ada beberapa kelemahan yang dimiliki oleh badan usaha yang berbentuk Perseroan Terbatas. Kelemahan-kelemahan itu antara lain:

1.     Proses membangun yang rumit.

Membangun sebuah Perseroan Terbatas memiliki kerumitan tersendiri dikarenakan ada banyak syarat yang harus dipenuhi. Beberapa syarat itu termasuk ijin usaha khusus dan akte dari notaris.

2.     Pemilik saham akan dikenakan pajak.

Selain perusahaan, pemilik saham pun memiliki tanggungan pajak pribadi terkait dengan laba bersih yang ia dapat dari perusahaan. Hal ini dikarenakan Perseroan Terbatas memiliki subyek pajaknya sendiri sehingga baik perusahaan maupun pemilik saham sama-sama bertanggung jawab atas pajaknya masing-masing.

kelebihan dan kekurangan perseroan terbatas
kelebihan dan kekurangan perseroan terbatas

Keputusan untuk mendirikan atau membeli saham sebuah Perseroan Terbatas tergantung pada calon pelaku usaha. Selain mempertimbangkan kemudahan yang akan diperoleh, kekurangannya pun juga harus dipikirkan. Apakah kelebihan Perseroan Terbatas lebih berat daripada kekurangannya? Ataukah sebaliknya? Semua itu tergantung dari perspektif Anda sendiri.

Itulah ulasan mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan Perseoran Terbatas yang perlu diketahui. Badan usaha yang memiliki modal berbentuk saham ini memang menjadi salah satu primadona bagi para pelaku usaha.

Leave a Comment