6 Kelebihan Dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna (+ Contoh)

Mau tahu apa saja kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna? Simak ulasan pada artikel di bawah ini dengan seksama agar Anda dapat mengetahui informasinya.

Kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna sangatlah banyak. Sebab, pasar persaingan sempurna merupakan salah satu pasar di mana para penjual hanya menawarkan barang yang serupa atau sejenis kepada pembeli, dan harga barang tersebut ditentukan oleh kedua belah pihak berdasarkan hasil kesepakatan pada saat tawar menawar.

Pemerintah setempat tidak bisa mempengaruhi harga dari barang yang ditawarkan pada pasar persaingan sempurna, karena tidak ada kaitannya dengan penjual dan pembeli pada pasar itu. Penjual bisa menawarkan harga barang dagangannya sesuai dengan biaya produksinya, dan pembeli bisa menawar apabila harga yang ditawarkan terlalu tinggi.

Kelebihan Dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

Meskipun pasar ini dinamakan dengan pasar persaingan sempurna, tetapi segala sesuatu di dunia ini pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya. Pun sama halnya dengan pasar persaingan sempurna yang tidak bisa terlepas dari kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari pasar persaingan sempurna? Simak ulasan berikut ini.

1. Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna

Berikut adalah keuntungan-keuntungan yang bisa muncul dari praktek pasar persaingan sempurna:

a. Bebas

Dalam melakukan transaksi penjual maupun pembeli memiliki hak kebebasan untuk menentukan harga dari suatu produk. Sehingga penjual bebas untuk menawarkan barang dengan harga tertentu dan pembeli bebas untuk menawar harga yang telah ditentukan oleh pedagang hingga menemukan sebuah kesepakatan yang tetap serta melakukan pembayaran secara tunai, sehingga masing-masing memperoleh keuntungan.

b. Tidak Ada Monopoli Perdagangan

Dalam pasar persaingan sempurna, monopoli harga tidak terjadi, karena pemerintah setempat tidak ikut andil dalam pasar jenis ini, sehingga pembeli tidak perlu bingung dan lelah berkeliling dalam memilih penjual. Sebab, pasar ini hanya menjual barang yang homogen, sehingga Anda dapat memilih secara acak di tempat yang dekat dengan lokasi Anda untuk membeli barang yang memiiki kualitas dan harganya hampir sama.

c. Perekonomian Semakin Berkembang

Pasar persaingan sempurna cenderung dapat meningkatkan perekonomian setempat karena kegiatan tawar menawarnya berjalan secara efektif dan efisien, sehingga dalam waktu singkat saja sudah dapat menemukan kesepakatan yang tidak saling merugikan, tetapi saling menguntungkan. Dengan demikian, masing-masing memperoleh profit yang sesuai dan pereoknomian berjalan dengan lancar.

Kelebihan Dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna
Kelebihan Dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

2. Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

Berikut adalah kelemahan-kelemahan yang bisa muncul dari praktek pasar persaingan sempurna:

a. Sulit Untuk Berinovasi

Pasar persaingan sempurna hanya terbatas untuk menjual produk yang sama dalam jumlah yang banyak dan dilakukan secara terus menerus. Misalnya hanya menjual beras atau gandum saja, sehingga dalam perkembangannya, kemajuan teknologi di pasar ini tidak digunakan, sehingga tidak inovatif untuk meningkatkan jenis produk.

b. Membatasi Pilihan Konsumen

Ciri khas dari pasar persaingan sempurna yang paling menonjol adalah hanya menjual barang yang sejenis saja atau biasa disebut dengan homogen. Dengan demikian, hal tersebut dapat membatasi konsumen dalam memilih dan memenuhi kebutuhan hidupnya. Selain itu, pembeli juga harus berganti tempat apabila ingin memenuhi kebutuhan yang lainnya.

c. Distribusi Pendapatan Yang Tidak Merata

Meskipun pasar persaingan sempurna apat meningkatkan prekonomian di dalamnnya, namun distirbusi pendapatan dari setiap penjual tidak merata. Hal tersebut disebabkan karena biasanya pembeli sudah memiliki langganan tetap untuk melakukan transaksi dengan alasan agar lebih cepat dan tepat dalam menentukan harga sekaligus sudah saling percaya satu sama lain.

Infromasi terkait kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna di atas dapat dijadikan sebagai penambah wawasan serta pengetahuan Anda dalam mengetahui jenis pasar dan tetang perekonomian pasar. Jadilah penjual dan pembeli yang cermat agar bisa saling menguntungkan.

Leave a Comment