5 Kegunaan Gas Alam untuk Kehidupan yang Paling Mendasar

Gas alam merupakan salah satu komponen yang dikeluarkan langsung oleh bumi, umumnya muncul bersama minyak bumi. Jenis energi ini masuk dalam kategori sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui karena prosesnya sangat panjang mencapai ratusan tahun.

Kegunaan gas alam sangat banyak untuk membantu penyelesaian masalah energi dalam kehidupan sehari-hari. Jika ditarik garis besarnya, gas alam mempunyai 3 fungsi yaitu bahan bakar, bahan baku, dan komoditas ekspor.

Secara umum kegunaan gas alam ada 5 yaitu:

  1. Bahan baku untuk beragam industri
  2. Bahan bakar pembangkit
  3. Keperluan rumah tangga
  4. Sumber keuntungan negara
  5. Mengurangi pengangguran

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas manfaatnya di bawah ini lebih lanjut.

Kegunaan Gas Alam untuk Bahan Baku & Bahan Bakar

Komposisi utama energi alam berupa gas ini yaitu 80% metana sementara sisanya berupa etana, propana, butana, isobutana, serta pentana. Kandungan yang ada di dalamnya yaitu helium, CO2, nitrogen, dan zat lainnya.

Menambah pengetahuan tentang manfaat gas alam dalam kehidupan sehari-hari dapat menjadi gambaran bagi Anda jika sumber daya tersebut harus digunakan dengan baik. Berikut adalah beberapa kegunaan gas alam yang perlu diketahui.

1. Bahan baku untuk beragam industri

Beberapa indutri membutuhkan gas alam sebagai bahan baku pembuatan produknya. Jenis industrinya meliputi pengolahan plastik, proses pengolahan mesin untuk pemadaman api, proses pembentukan besi & baja. Bukan hanya sebatas itu saja, pabrik pembuatan pupuk juga memerlukan gas alam sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir kerusakan alam.

Karena sering kali pupuk buatan memicu kerusakan tanah dan mengurangi kesuburan. Satu lagi aktivitas yang memerlukan gas alam sebagai bahan baku yaitu hujan buatan sebagai salah satu solusi mengatasi kekeringan. Beragam produk minuman seperti softdrink juga memakai gas alam sebagai zat yang bisa memberikan efek berbusa.

2. Bahan bakar pembangkit

Selain menggunakan air dan angin, pembangkit listrik juga memanfaatkan kemunculan gas alam sebegai energi alternatif. Kegunaan gas alam juga dapat dilihat dari aktivitas PLTU yang ramah lingkungan. Gas alam jauh lebih baik daripada batu bara ataupun minyak bumi yang selalu menimbulkan polusi.

Perbedaan tersebut dikarenakan sisa buangan yang dikeluarkan gas alam tidak membahayakan tetapi malah sebaliknya yaitu memiliki kemampuan membersihkan polusi udara.

3. Keperluan rumah tangga

LPG merupakan salah satu produk yang dikembangkan untuk mengurangi pemakaian kayu dalam aktivitas memasak. Gas alam yang tidak memiliki bau akan ditambahkan dengan zat lain yang berbau sehingga kebocoran elpiji bisa dideteksi dengan segera.

Sementara kegunaan gas alam untuk rumah tangga lainnya bisa dilihat dari alat pendingin maupun pemanas ruangan dalam upaya menghemat pemakaian listrik.

4. Sumber keuntungan negara

kegunaan gas alam
kegunaan gas alam

Peningkatan keuntungan negara menjadi kegunaan gas alam sebagai energi yang sangat diminati selain batu bara dan minyak bumi. Contohnya Indonesia sebagai salah satu negara penghasil gas alam bisa menjual bahan mentah tersebut dengan harga plus pajak yang cukup tinggi.

Sehingga sudah bisa dipastikan jika keuntungan penjualannya merupakan pendapatan besar untuk negara.

5. Mengurangi Pengangguran

Pengangguran masih menjadi masalah untuk beberapa negara, terciptanya lapangan pekerjaan karena pengolahan gas alam membutuhkan sumber daya manusia cukup banyak akan mengurangi jumlah penduduk yang belum bekerja. Biasanya industri akan membuka banyak lowongan untuk proses pembersihan & pengepakan.

Selain kelima kegunaan gas alam yang tersebut di atas, masih banyak manfaat lainnya misalkan untuk bahan penelitian. Hal itu dilakukan untuk menemukan kegunaan lain yang belum diketahui dan menciptakan teknologi-teknologi baru untuk memudahkan aktivitas manusia.

Selain itu, tujuan utama penelitian gas alam adalah meminimalisasi penggunaan bahan bakar yang menghasilkan polusi terhadap lingkungan.

Leave a Comment