Inilah 5 Kebaikan Dan Keburukan Pasar Oligopoli

Bagi Anda yang belum mengetahui kebaikan dan keburukan pasar Oligopoli, maka simak informasi selengkapnya mengenai pasar Oligopoli di bawah ini untuk Anda.

Pasar Oligopoli adalah pasar persaingan tidak sempurna yang di dalamnya dikuasai oleh beberapa penjual. Barang yang di jual di pasar Oligopoli tidak hanya satu produk, tetapi bisa terdiri dari beberapa produk yang berbeda. Di dalam pasar Oligopoli menjual barang homogen dan juga diferensial yang memiliki corak berbeda. Tentunya, jenis pasar yang satu ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk penjualnya. Dari hal tersebut ada beberapa hal mengenai kebaikan dan keburukan pasar Oligopoli yang perlu untuk Anda ketahui.

Untuk mendirikan sebuah pasar Oligopoli memang sangat dibutuhkan modal yang besar, sehingga tidak sembarang penjual yang bisa masuk menjadi anggota penjual dari pasar tersebut. Sifat penjualan dari produk yang bervariasi ini tidak selalu diinovasikan menjadi produk yang baru. Hal tersebut dikarenakan pasar Oligopoli memang lebih mementingkan mutu, kualitas kemasan, dan juga pelayananan. Apabila Anda menginovasikan produk maka akan membuat harga produk menjadi berubah, pasar Oligopoli memang tidak ingin bersaing dalam jumlah harga.

Kebaikan dan Keburukan Pasar Oligopoli

Setiap jenis pasar memang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Begitu juga dengan pasar Oligopoli yang memiliki banyak kekurangan dan kelebihannya. Apabila Anda sudah mengetahuinya maka Anda dapat memilih tergabung menjadi anggota pasar Oligopoli atau tidak.

A. Kelebihan Pasar Oligopoli

Berikut adalah keuntungan dari pasar oligopoli:

1. Memberikan Kebebasan untuk Pembeli

Di dalam jenis pasar oligopoli memang terdiri dari beberapa penjual yang memberikan berbagai penawaran dari produk yang berbeda. Nah, dengan adanya produk yang bervariasi ini tentunya memberikan sebuah kebebasan kepada para pembeli untuk memilihnya. Selain itu, di dalam jenis pasar yang satu ini memang tidak dikuasai oleh satu penjual. Nah, dengan demikian pembeli dapat dengan bebas memilih berbagai produk dari berbagai penjual di pasar tersebut.

2. Memperhatikan Kepuasan Pelanggan

Selain mampu memberikan kebebasan, ternyata kelebihan yang di miliki oleh jenis pasar yang satu ini adalah mampu memberikan kepuasan kepada setiap pelanggan Anda. Para penjual di pasar oligopoli memang tidak selalu mementingkan inovasi ataupun kreativitas produk, tetapi mereka memang lebih mementingkan kepuasan pelanggan dari produk yang ditawarkan memiliki kualitas atau mutu terbaik dengan memberikan pelayanan yang baik pula.

B. Keburukan Pasar Oligopoli

Sedangkan berikut ini adalah kelemahan dari praktik pasar oligopoli:

1. Ketimpangan Distribusi

Salah satu hal yang menyebabkan munculnya keburukan dari pasar Oligopoli adalah terjadinya ketimpangan distribusi. Hal tersebut disebabkan karena keuntungan yang diperoleh dari pasar yang satu ini memang sangat banyak sehingga harus melakukan distribusi produk secara terus menerus yang dapat menyebabkan munculnya ketimpangan distribusi.

2. Terjadi Inflasi

Apa itu inflasi? Tentunya banyak orang yang sudah memahaminya sebagai sebuah kondisi yang membuat harga kebutuhan pokok ataupun produk yang di jual di pasar terus mengalami kenaikan. Nah, dengan demikian maka sebagai salah satu pihak penjual di pasar oligopoli memang harus mengetahui kelebihan dan keburukan pasar oligopoli agar mampu mengatasi permasalahan yang dapat terjadi.

3. Sulit ditembus Perusahaan

Kebaikan Dan Keburukan Pasar Oligopoli
Kebaikan Dan Keburukan Pasar Oligopoli

Untuk masuk ke dalam pasar oligopoli memang sangat diperlukan modal yang sangat tinggi dan disertai dengan kemampuan manajerial yang juga sangat tinggi. Nah, dengan demikian maka perusahaan tidak akan mudah masuk ke dalam pasar. Oleh karena itu, penjual di pasar Oligopi dapat lebih terfokus pada kepuasan para pelanggannya dengan memberikan pelayanan yang sangat baik.

Apabila Anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan pasar Oligopoli maka dapat dipastikan bahwa jenis pasar yang satu ini memang dapat memiliki keuntungan yang cukup besar atau malah memberikan kerugian, tergantung peran pelaku ekonominya di sana. Semoga artikel ini membantu Anda.

Leave a Comment