Jenis Jenis Barang Dalam Ekonomi Menurut Sifatnya, Fungsinya dan Lainnya

Pembagian jenis barang dalam dunia ekonomi cukup banyak, terdapat jenis-jenis barang dalam ekonomi menurut sifatnya dan fungsinya untuk Anda ketahui.

Perlu diketahui jenis-jenis barang dalam ekonomi terbagi dari berbagai hal yaitu sifatnya, fungsinya, wujudnya, cara penggunaannya dan cara pengerjaannya. Seperti yang Anda ketahui bahwa kebutuhan manusia dalam kehidupan memang terbagi menjadi kebutuhan barang dan jasa. Barang adalah salah satu kebutuhan manusia yang berwujud, terlihat, dan juga dapat dirasakan. Namun, ternyata tidak semua barang memiliki fungsi yang sama, menurut dunia perekonomian fungsi dari barang memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Jasa adalah kebutuhan manusia yang tidak terlihat tetapi bisa memiliki nilai guna yang lebih untuk kehidupan manusia. Artikel ini akan mengungkap lebih jelas mengenai jenis barangnya saja, walaupun jasa merupakan sebuah kebutuhan ekonomi. Dari adanya penggolongan barang dalam dunia ekonomi maka Anda harus mengetahui apa saja jenis barang yang dikategorikan dalam jenis barang menurut sifatnya ataupun fungsinya. Hal tersebut, bertujuan agar Anda semakin memahami fungsi barang dalam dunia perekonomian.

Jenis Jenis Barang Dalam Ekonomi

Ketahuilah bahwa jenis barang dalam dunia ekonomi memang sangatlah banyak berdasarkan sifat, fungsi, wujud, bahkan cara penggunaannya. Anda harus mengetahui penjelasan dari berbagai jenis barang tersebut, mari simak penjelasannya berikut ini.

1. Menurut Sifatnya

Perlu diketahui bahwa jenis barang dalam dunia ekonomi menurut sifatnya di bagi menjadi tiga yaitu barang bebas dan ekonomi. Barang bebas merupakan barang yang jumlahnya tidak terbatas dan mudah untuk didapatkan oleh manusia seperti oksigen, udara, dan angin. Sedangkan barang ekonomi adalah barang yang merupakan pemuas kebutuhan manusia yang memiliki harga dan nilai yang juga memerlukan pengorbanan untuk memilikinya.

2. Menurut Fungsinya

Menurut fungsinya jenis jenis barang ekonomi juga terdiri dari barang konsumsi dan produksi. Barang konsumsi ialah jenis barang yang dapat segera dikonsumsi (pakai), sedangkan barang produksi ialah jenis barang yang dapat memproduksi & menghasilkan barang-barang lainnya. Contoh dari barang konsumsi adalah makanan, minuman atau yang lainnya yang bisa langsung dikonsumsi. Sedangkan contoh dari barang produksi adalah mesin jahit yang mampu menghasilkan produksi baju yang sudah jadi ataupun produksi barang yang lainnya.

Jenis Jenis Barang Dalam Ekonomi
Jenis Jenis Barang Dalam Ekonomi

3. Menurut Wujudnya

Nah, untuk wujudnya jenis barang dalam kehidupan perekonomian juga terbagi menjadi dua yaitu barang abstrak dan barang konkret. Apa itu barang abstrak? Banyak orang yang memahami barang yang berharga tapi tak nyata. Contohnya, seperti hak cipta, royalty, hak merk dan juga jasa. Sedangkan barang konkret merupakan barang nyata yang memiliki wujud dapat terlihat seperti meja, motor, lampu dan lainnya.

4. Menurut Cara Penggunaannya

Menurut cara penggunaannya jenis barang dalam kehidupan ekonomi terbagi menjadi barang substitusi dan barang komplementer. Mungkin memang cukup asing mendengar jenis barang ini. Barang substitusi adalah barang yang bisa digantikan atau sebagai barang pengganti. Contohnya kemeja dengan kaos. Nah, sedangkan barang komplementer merupakan barang yang melengkapi suatu hal seperti mouse untuk melengkapi komputer.

5. Menurut Cara Pengerjaannya

Untuk jenis barang menurut cara pengerjaannya terbagi menjadi tiga yaitu barang mentah, setengah jadi, dan barang siap jadi. Tentunya dari istilah tersebut Anda sudah mampu memahami bahwa dari cara pengerjaannya jenis barang ini memang terlebih dahulu dikategorikan sebagai barang mentah yang kemudian di proses menjadi barang setengah jadi, dan kemudian di olah menjadi barang yang siap jadi.

Setelah mengetahui jenis jenis barang dalam ekonomi, tentunya membuat Anda semakin mudah mengklasifikasikan berbagai barang ke dalam jenisnya. Semoga informasi ini bermanfaat dalam menambah wawasan Anda.

Leave a Comment