harga lobster air tawar
harga lobster air tawar

Harga Lobster Air Tawar 2018 (+ Cara Memilih Lobster Bagus)

Posted on

Lobster air tawar semakin naik daun karena rasanya yang lezat dan manis, namun harga lobster air tawar ditaksir dapat merogoh kocek Anda cukup dalam. Biasanya, lobster air tawar berukuran cukup besar dengan tekstur yang lembut ketika disantap. Banyak orang yang menyukai santapan berupa lobster ini, karena masih tetap lezat walaupun tanpa dibumbui. Hal ini disebabkan rasa lobster air tawar sudah manis sejak awal. Tak heran, jika lobster ini menjadi salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Anda bisa menyantapnya dengan makanan pokok, berupa nasi hangat atau hanya dengan lobsternya saja. Dijamin, kedua cara ini akan sama enaknya.

Harga Lobster Air Tawar dan Cara Memilih yang Terbaik

Harga lobster air tawar yang cenderung mahal, membuat Anda harus ekstra hati-hati ketika memilihnya. Jangan sampai Anda memilih lobster yang sudah tidak segar, karena akan berdampak pada kualitas rasanya yang menurun. Lalu, bagaimanakah cara memilih lobster yang masih baik dan segar? Berikut ini ada beberapa tips dalam memilih lobster agar kelezatannya tidak berkurang:

0. Ketahui Harga Pasaran Lobster Air Tawar

a. Harga Lobster Air Tawar Clarkii

Harga Lobster Air Tawar Jenis Clarkii

Harga (dalam rupiah)

Oranye 2 sampai 2,5 inc.5.000
Putih 3 – 4 inch betina20.000
Putih 3 – 4 inch jantan15.000
Merah 3 – 4 inch10.000
Orange 3 – 4 inch15.000
Merah 2 – 2,5 inch4.000

b. Harga Lobster Air Tawar Capit Merah

Harga Lobster Air Tawar Jenis Capit Merah

Harga

Benih 3 inchiRp. 5.000 / ekor
Benih 2 inchiRp. 2.500 / ekor
Induk 4 inchi UPRp. 110.000 / set
Induk 6 inchi UPRp. 220.000 / set
Induk 5 inchi UPRp. 180.000 / set

c. Lobster Air Tawar Yabbi

Jenis Lobster YabiiHarga dalam Rupiah
Benih 1 inch10.000
Benih 2 inch20.000

4.  Lobster Konsumsi

Jenis Lobster

Harga dalam Rupiah

1 sampai 9210.000
25 sampai 30110.000
15 sampai 20150.000
30 sampai 35100.000
10 sampai 15180.000
20 sampai 25130.000

1. Pilihlah Lobster dengan Cangkang Utuh

Ada dua jenis lobster yang dijual di pasaran, yaitu lengkap dengan cangkangnya dan tanpa cangkang alias sudah dikupas terlebih dahulu. Jika Anda ingin membeli beberapa lobster air tawar, pastikan untuk memilih yang masih memiliki cangkang. Hal ini karena lobster dengan cangkang akan memiliki daging yang jauh lebih lezat dan lembut. Selain itu, daging lobster yang bercangkang akan lebih padat daripada yang tanpa cangkang.

2. Pastikan Lobster dalam Keadaan Hidup

Lobster air tawar yang masih hidup tentu saja dan sudah pasti segar. Jika Anda sudah menemukan lobster hidup yang Anda inginkan, maka perhatikanlah kondisi lobster tersebut. Kondisi lobster yang berkualitas baik ditandai dengan permukaannya yang bersih dan tanpa cacat. Tentu saja harga lobster air tawar tergolong mahal karena disesuaikan dengan kualitasnya yang baik pula.

 3. Tentukan Pilihan antara Lobster Jantan atau Betina

Berdasarkan banyak testimoni, lobster betina lebih lezat rasanya dibandingkan dengan lobster jantan. Namun, Anda tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi lobster betina yang memiliki telur karena telah dilarang oleh Pemerintah Indonesia. Nah, untuk membedakan lobster jantan dan betina ternyata cukup mudah. Lobster air tawar berkelamin jantan, pada capitnya memiliki tanda berwarna merah. Sedangkan lobster betina tidak memiliki tanda tersebut.

 4. Pilihlah Lobster yang ‘Aktif’ Bergerak

Lobster yang aktif bergerak memiliki daging yang lebih segar. Pastikan Anda tidak memilih lobster air tawar yang terlihat sakit atau lemas. Harga lobster air tawar akan menunjukkan kualitas lobster itu sendiri. Jadi, pilihlah lobster dengan keadaan yang sebaik mungkin agar tekstur dan rasanya semakin lezat ketika dimasak.

 5. Setelah Dibeli, Bawa Pulang dan Langsung Dicuci

Jika Anda sudah menemukan lobster air tawar sesuai dengan keinginan Anda, maka Anda bisa langsung membawanya pulang ke rumah. Cucilah lobster sebersih mungkin untuk menghilangkan berbagai kotoran. Setelah itu, Anda bisa menyimpannya terlebih dahulu dalam suhu dingin atau langsung mengolahnya menjadi santapan lezat.

harga lobster air tawar
harga lobster air tawar

 Itulah beberapa tips dalam memilih lobster air tawar yang bisa Anda ketahui dan bisa Anda aplikasikan ketika ingin membeli lobster. Dengan tips-tips tersebut, Anda tidak perlu kebingungan lagi dalam membedakan kondisi lobster yang segar dan yang tidak. Walaupun harga lobster air tawar cukup tinggi, namun tak menyurutkan minat para konsumen untuk membelinya.

Sumber Tambahan: farmbos.com/harga-lobster-air-tawar/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *