6+ Fungsi dan Peran Koperasi yang Menguntungkan

Dengan banyaknya koperasi yang telah berdiri di Indonesia sejak dulu, tentunya kita perlu mengetahui berbagai fungsi dan peran koperasi. Harapannya, mengetahui fungsi koperasi akan mendorong kita untuk mendukung perkembangan koperasi, bahkan ikut berpartisipasi dalam memajukan koperasi yang ada di sekitar kita. Jadi, apa fungsi utama koperasi? Yang paling utama tentunya sudah sering kita dengar dalam pelajaran di sekolah, yaitu untuk menyejahterakan semua anggotanya.

Namun, ternyata masih ada banyak lagi fungsi lain dari koperasi yang tak kalah pentingnya. Apa saja fungsi lain dari koperasi yang belum diketahui banyak orang? Simak artikel ini untuk mengetahui lebih dalam.

Berbagai Fungsi dan Peran Koperasi

Selain untuk kesejahteraan anggota, masih banyak lagi fungsi lain dari koperasi yang sangat menguntungkan seperti yang bisa Anda lihat di bawah ini.

(1) Meningkatkan kualitas hidup

Koperasi tentunya memainkan peran yang sangat penting dalam memperbaiki kualitas hidup anggotanya maupun lingkungan di sekitar mereka. Koperasi dijalankan berdasarkan asas kekeluargaan, yang berarti semua hasil usaha akan dibagikan kepada semua anggota. Dengan begitu, fungsi koperasi yang satu ini akan sangat berpengaruh secara positif kepada hidup anggotanya.

(2) Memperkuat ekonomi negara

Fungsi koperasi yang tak kalah pentingnya adalah memperkuat ekonomi negara di mata dunia. Koperasi bisa dijadikan dasar untuk membangun perekonomian nasional. Kesejahteraan anggota yang dijadikan tujuan oleh koperasi juga bisa menjadi contoh bagi Lembaga keuangan lain.

(3) Memberi kebebasan berpendapat

Koperasi juga berpedoman pada demokrasi, di mana semua anggotanya mempunyai suar yang sama tak peduli berapa investasi mereka di awal. Dengan begitu, fungsi dan peran koperasi yang ketiga ini bisa membuat para anggota lebih berani bersuara dibandingkan organisasi lain yang cenderung pilih-pilih dalam memberikan hak bersuara. Semua hal yang diputuskan harus disetujui semua anggota sebelum disahkan.

(4) Menghindari monopoli

Di dunia ekonomi, ada sesuatu yang disebut monopoli. Monopoli ini sangat merugikan dalam masyarakat karena pihak yang memonopoli akan mendapatkan banyak keuntungan, sedangkan pihak-pihak lain tertekan. Fungsi koperasi yang ini adalah menghindari terjadinya monopoli dengan memberikan ruang bagi semua anggota masyarakat untuk mempunyai peran aktif.

(5) Mengembangkan kemampuan berwirausaha

Kewirausahaan adalah kemampuan seseorang untuk melakukan segala aktivitas bisnis yang terlepas dari kontrol orang lain. Di sekitar kita, sudah banyak koperasi produksi yang memberdayakan tenaga kerja sehingga mereka mampu memproduksi sesuatu dari Sumber Daya Alam yang ada di sekitar mereka. Misalnya di daerah yang banyak terdapat sapi perah, didirikanlah sebuah koperasi yang memproduksi susu. Fungsi dan peran koperasi yang ini selain meningkatkan kondisi ekonomi keluarga, juga ikut meningkatkan pendapatan negara.

(6) Sumber pinjaman yang lebih aman

Meskipun tak banyak kita ketahui karena dianggap aib, tetapi faktanya banyak orang yang trauma meminjam uang kepada bank atau badan keuangan lain karena pengalaman pahit mereka menghadapi rentenir atau sejenisnya. Salah satu fungsi dan peran koperasi yang bisa membantu orang mengatasi trauma ini adalah dengan memberikan pinjaman yang lebih “aman” dan terpercaya, sepanjang si peminjam juga menjaga kepercayaan yang diberikan. Ini adalah salah satu kelebihan koperasi yang sangat membantu.

fungsi dan peran koperasi
fungsi dan peran koperasi

Setelah mengetahui berbagai fungsi dan peran koperasi di atas, mungkin Anda akan tertarik untuk bergabung di salah satu koperasi yang ada di dekat Anda. Sebenarnya tak sulit untuk menemukannya, coba saja tanyakan pada warga sekitar dan mulailah membangun ekonomi bersama koperasi.

Leave a Comment