Inilah 5 Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol

Ketahui fungsi manajemen menurut Henry Fayol di sini. Pada artikel kali ini, konsen penulis yang paling utama adalah memberi tahu tentang fungsi manajemen menurut seorang ahli bernama Henry Fayol.

Menurut Henry Fayol, kurang lebihnya ada lima fungsi manajemen yang kemudian dibedakan menjadi beberapa golongan atau klasifikasi, antara lain:

  1. Planning
  2. Organizing
  3. Commanding
  4. Coordinating, dan
  5. Controlling.

Kelima elemen di atas adalah fungsi manajemen yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Untuk itu, mari kita bahas satu persatu di bawah ini.

Sekadar informasi tambahan untuk Anda sebelum melanjutkan ke fokus dan bahasan utama. Mari baca sekilas profil tentang pria bernama Henry Fayol.

A. Siapa Itu Henry Fayol

Henri Fayol (lahir di Istanbul, 1841, meninggal di Paris, 1925) adalah seorang teoris manajemen atau administrasi asal Perancis. Fayol merupakan salah satu ilmuwan yang memiliki pengaruh dalam teori manajemen atau ilmu administrasi modern. Penemuan Fayol yang paling mahsyur ialah tentang lima fungsi utama manajemen.

Lima fungsi manajemen tersebut yaitu merencanakan, mengorganisasi, memerintah, mengkoordinasi, dan mengontrol (Fayol, 1949, 1987). Berdasarkan Fayol, praktek manajemen bisa diklasifikasikan ke dalam beberapa pola yang bisa diidentifikasi dan dianalisis. Sehingga kemudian, hasil analisis ini bisa dipelajari dan digunakan oleh manajer lain dan/atau calon manajer lainnya.

Di samping itu, Fayol juga dikenal dengan 14 prinsip manajemennya. Prinsip ini disebut Fayol dalam karya aslinya, dengan sebutan 14 prinsip Administrasi. Perbedaan terjemahan dan referensi ilmu di antara Continental dan Anglo Saxon menjadikan tak sedikit orang memahami Fayol sebagai ahli teori manajemen. Padahal hal itu lebih disebabkan karya aslinya, yaitu “Administration Industrielle et Generale” yang kemudian diterjemahkan ke bahasa inggris dengan judul “General and Industrial Management”.

fungsi manajemen menurut henry fayol
fungsi manajemen menurut henry fayol

Di negeri-negeri Anglo Saxon, Ilmu Manajemen Berkembang. Sedangkan ilmu teori Administrasi malah berkembang di negeri-negeri Continental. Pada perkembangan selanjutnya, ada istilah “tata usaha” yang diartikan dalam bahasa belanda sebagai administratie. Yang mana hal itu merupakan bagian dari Ilmu Administrasi itu sendiri.

Semua itu menyebabkan, di negara-negara jajahan mengalami reduksi makna dari kata “administrasi” menjadi kata yang barti lebih sempit seperti “tata usaha:, sedangkan manajemen berkembang sesuai dengan proporsi sebagaimana aslinya.

B. Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol

1. Planning

Ini adalah perencanaan tujuan perusahaan dan bagaimana strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan dengan sumber daya yang ada. Perencanaan kemudian terbagi lagi menjadi beberapa jenis, yakni: operasional dan strategi.

2. Organizing

Ini adalah singkronisasi antara sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya fisik, dan sumber daya modal. Semua variabel tadi kemudian diatur sedemikian rupa agar berkesinambungan.

3. Commanding

Manajemen ini pada dasarnya adalah mengarahkan. Commanding dilakukan dengan sederhana. Mengarahkan bawahan untuk melakukan suatu tugas agar tercapai target perusahaan.

4. Coordinating

Ini adalah salah satu fungsi manajemen untuk melakukan banyak kegiatan dalam satu waktu. Tentunya, kordinasi diperlukan agar tidak terjadinya kekacauan ketika melakukan banyak tugas dalam satu waktu. Kekacauan, cekcok, kekosongan kegiatan, menghubungkan, dan menyatupadukan adalah yang paling terpenting dalam fungsi manjamen menurut Henry Fayol yang satu ini.

5. Controlling

Fungsi manajemen ini pada dasarny mengacu pada pengawasan sumber daya. Apapun sumber daya yang dimiliki, diharuskan untuk tetap dikontrol dan diawasi guna mendapatkan apa yang perusahaan inginkan. Kegiatan memantau, memastikan, dan membuktikan adalah sedikit dari beberapa yang paling penting dalam fungsi manajemen controlling.

Kurang lebihnya, itulah fungsi manajemen menurut Henry Fayol yang kemudian dibagi menjadi kelima jenis berbeda sesuai dengan fungsi dan tugas masing-masing. Semoga terbantu dengan adanya pembahasan ini.

Leave a Comment