5 Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran (dan Permisalannya)

Apa saja faktor yang mempengaruhi penawaran? Mari simak rangkuman di bawah ini agar Anda bisa memperoleh informasi yang lengkap dan berasal dari sumber yang terpercaya.

Penawaran merupakan adanya ketersediaan jumlah suatu barang yang siap ditawarkan kepada konsumen pada waktu dan tingkat harga tertentu. Penawaran ini bisa berubah sewaktu-waktu karena adanya suatu hal. Lalu apa sajakah faktor yang mempengaruhi penawaran?

Faktor yang mempengaruhinya tidak hanya terdapat satu faktor saja, tetapi terdapat beberapa faktor. Sebab, setiap faktor pasti saling bekaitan satu sama lain. Mau tahu informasi selengkapnya? Simak rangkuman di bawah ini agar pengetahuan Anda menjadi semakin luas.

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Penawaran

Penawaran suatu barang dan jasa bisa berubah karena adanya berbagai hal. Sebab, seiring berjalannya waktu, dunia terus berjalan dan segala kemunkinan bisa terjadi di masa depan. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penawaran dalam bidang ekonomi.

1. Biaya Produksi

Biaya produksi merupakan biaya yanga dikeluarkan untuk melakukan suatu produksi barang dan merupakan salah satu aspek yang sangat menentukan jumlah barang yang akan ditawarkan. Biaya produksi terdiri dari beberapa hal, antara lain yaitu biaya untuk membeli bahan baku, gaji pegawai, transportasi dan lain sebagainya.

Apabila biaya yang dikeluarkan untuk membuat suatu barang produksi semakin besar, maka jumlah barang yang dihasilkan akan semakin sedikit. Sebab untuk mengantisipasi jumlah permintaan yang sedikit karena barang yang ditawarkan akan dijual dengan harga yang relatif lebih tinggi.

2. Jumlah Penjual

Jumlah penjual dapat mempengaruhi jumlah barang yang ditawarkan. Sebab semakin banyak penjual, maka jumlah barang yang diproduksi akan semakin banyak, sehingga jumlah yang ditawarkan pun akan semakin banyak.

Misalnya di daerah Cibaduyut yang merupakan sentra penjualan sepatu. Penjual sepatu di daerah tersebut sangatlah banya, dan jumlah produk sepatu yang ditawarkan pun semakin berlimpah ruah karena banyaknya jumlah pedagang di daerah tersebut.

3. Perkiraan Harga Di Masa Yang Akan Datang

Salah satu faktor yang mempengaruhi penawaran adalah perkiraan harga di masa yang akan datang. Mengapa demikian? Sebab, produk yang dapat bertahan lama seperti barang elektronik harus diperhitungkan dengan pasti dalam melakukan produksi barang agar bisa ditawarkan.

Apabila suatu harga diperkirakan akan meningkat di masa yang akan datang, tetapi pendapatan masyarakat relative tetap sama, maka perusahaan harus memangkas jumlah produksi dari barang tersebut agar tidak terjadi kerugian yang besar.

4. Harga Barang Pengganti

Apabila terjadi peningkatan harga pada suatu barang, jumlah barang pengganti yang ditawarkan akan semakin banyak. Hal tersebut disebabkan karena konsumen lebih cenderung untuk memilih alternative pengganti barang yang memiliki harga murah.

Berbagai Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran
Berbagai Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran

Misalnya antara kopi dan teh. Ketika kopi mengalami kenaikan harga yang sangat melambung tinggi, maka produsen akan memproduksi the lebih banyak untuk ditawarkan, sebab konsumen lebih cenderung untuk memilih teh yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan kopi dan memiliki harga yang lebih murah.

5. Pajak

Pajak merupakan iuran wajib bagi orang yang memiliki barang atau lahan yang dikenakan pajak. Besar kecilnya tarif pajak ini tergantung dengan jenis barang dan luas lahan. Semakin bagus suatu barang dan semakin luas suatu lahan, maka tariff pajaknya akan semakin besar.

Misalnya, mobil Lamborghini. Mobil yang sangat terkenal di dunia ini dijual dengan harga yang sangat mahal. Selain itu, tarif pajaknya juga sangat tinggi. Hal tersebut membuat konsumen untuk berpikir dua kali sebelum membeli mobil ini. Sehingga produk ini ditawarkan dalam jumlah yang sedikit.

Infrormasi terkait berbagai faktor yang mempengaruhi penawaran yang telah diulas pada rangkuman di atas semoga dapat menambah wawasan Anda di bidang perdagangan. Terimakasih sudah membaca.

Leave a Comment