Faktor Penyebab Dagangan Tidak Laku

Faktor Yang Menyebabkan Dagangan Tidak Laku – Beberapa pedagang merugi hingga gulung tikar karena barang dagangannya tidak laku. Barang yang tidak kunjung laku menyebabkan perputaran modal dan keuntungan macet jika berlangsung terus menerus maka gulung tikar tidak terhindarkan. Barang dagangan yang tidak laku memiliki beberapa faktor penyebab. Biasanya persaingan hingga kualitas yang tidak sebanding dengan harga menjadi faktor terbesar masalah ini.

Maka dari itu agar usaha anda tidak terancam gulung tikar sebaiknya mengetahui penyebab barang tidak laku sehingga anda bisa mencegah hal tersebut terjadi pada bisnis anda. beberapa penyebab lain yang menjadi faktor penyebabnya adalah pemilihan lokasi dagang hingga kesalahan riset pemasaran dan faktor lainnya. Berikut ini beberapa ulasan lengkapnya untuk penyebab dagangan tidak laku yang bisa anda ketahui.

Faktor Penyebab Dagangan Tidak Laku

cara melakukan pemasaran di media sosial
Mencari konsumen di medsos

1. Lokasi dagang

Lokasi menjadi bisa jadi penentu kelarisan dagangan anda. tentu saja lokasi yang strategis lebih berpotensi melariskan dagangan daripada sebaliknya. Memang saat ini banyak yang berpromosi melalui online shop atau jejaring sosial sehingga tidak memerlukan lokasi untuk menggelar lapak. Namun tidak semua orang bisa mengakses online shop atau medsos sehingga jika didukung lokasi yang ramai dan strategis akan membantu mendongkrak nilai penjualan anda.

2. Kualitas barang

Kualitas dibawah standar namun dibandrol dengan harga selangit tentunya menyebabkan pelanggan enggan membeli produk anda. hal ini menyebabkan barang menjadi sulit laku. Jika barang yang dijual memiliki kualitas dibawah standar sebaiknya jual dengan harga yang sesuai sehingga konsumen tidak merasa tertipu dan kecewa. Sebaiknya pilih barang dagangan yang berkualitas baik sehingga peluang menarik konsumen yang loyal lebih besar walaupun dibandrol dengan harga tinggi.

3. Penampilan barang

Sebagus apapun barang jika dikemas kurang menarik akan membuat konsumen enggan membeli. Maka penampilan barang dagangan mestinya dikemas secara rapi dan apik. Penampilan barang yang baik akan semakin menarik minat konsumen jika ditambah dengan sikap pedangan yang ramah memberikan pelayanan.

4. Harga barang

Harga barang sangat berpengaruh terhadap kelarisan barang dagangan anda. harga barang yang lebih tinggi dari pesaing anda akan menyebabkan konsumen enggan membeli dagangan anda sehingga tidak laku. Jangan mengambil keuntungan terlalu tinggi karena akan berdampak buruk terhadap kelangsungan bisnis anda. sebaiknya sesuaikan harga dengan kualitas barang. Anda bisa memberi diskon atau penawaran khusus untuk menarik minat konsumen.

Persaingan

Persaingan yang ketat juga menjadi faktor lain penyebab barang tidak laku. Bisa jadi konsumen anda lebih tertarik membeli di lapak sebelah karena penawarannya lebih menarik. Namun persaingan bukanlah alasan yang tepat untuk gulung tikar. Anda mesti menyikapi persaingan dengan melakukan inovasi agar bisa unggul dari pesaing. Jadikan pesaing bisnis sebagai media belajar sehingga bisnis tetap berjalan.

Demikian beberapa faktor penyebab dagangan tidak laku. Dengan demikian anda bisa menganalisa pesar dan memecahkan permasalahannya dengan mengetahui sebab barang dagangan tidak kunjung laku. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment