Lima Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Uang (+ Penjelasan)

Ketahuilah bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran uang yang beredar di kalangan masyarakat untuk keperluan bertransaksi segala kebutuhan.

Istilah penawaran uang memang cukup asing di telinga masyarakat, namun dalam dunia perekonomian yang dimaksud dengan penawaran uang adalah jumlah uang yang siap untuk diedarkan di kalangan masyarakat dalam jumlah tertentu yang dapat digunakan dalam waktu tertentu.

Ternyata sebelum uang dapat diedarkan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran uang di Indonesia. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal yang berkaitan dengan jumlah pendapatan yang ada di Indonesia.

Perlu diketahui bahwa jumlah penawaran uang juga bisa mempengaruhi harga berbagai barang kebutuhan pokok maupun tambaha yang ada di masyarakat. Dengan demikian, tentunya Anda semakin ingin mengetahui faktor yang membuat penawaran uang di Indonesia terkadang tidak stabil.

Secara Mendasar, Faktor Penawaran Uang ada 5, yaitu:

  1. Tingkat Suku Bunga
  2. Pendapatan
  3. Kekayaan Masyarakat
  4. Fasilitas Kredit
  5. Harga Barang

Bagi Anda yang belum mengetahuinya maka tidak perlu merasa bingung ataupun khawatir. Artikel ini akan mengulas lengkap penjelasan mengenai penawaran uang untuk Anda.

Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Uang

Ada beberapa faktor penawaran uang yang ternyata juga berdampak pada harga berbagai barang ataupun produk yang menjadi kebutuhan pokok ataupun tambahan Anda.

Nah untuk mengetahuinya, mari simak penjelasannya berikut ini.

(1) Tingkat Suku Bunga

Suku bunga merupakan presentase mengenai bunga bank yang dapat Anda peroleh saat menabung di bank. Apabila masyarakat banyak yang menabung maka suku bunganya rendah, begitupun sebaliknya apabila masyarakat kurang banyak yang menabung maka suka bunga menjadi tinggi.

Hal tersebut memang menjadi salah satu faktor penentu jumlah penawaran uang. Hal tersebut karena tingkat suku bunga dapat berpengaruh pada jumlah banyak atau sedikitnya uang yang beredar di masyarakat.

(2) Pendapatan

Pendapatan dapat dikatakan sebagai sebuah hasil yang didapatkan oleh masyarakat. Apabila jumlah pendapatan yang Anda peroleh banyak maka jumlah penawaran uang yang akan beredar dalam waktu tertentu juga akan banyak.

Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Uang
Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Uang

Begitu juga sebaliknya apabila jumlah pendapatan masyarakat pada suatu waktu tertentu sedikit maka jumlah penawaran uang yang beredar juga akan semakin sedikit. Nah, dengan demikian Anda akan memahami mengapa terkadang terjadi inflasi.

(3) Kekayaan Masyarakat

Salah satu faktor yang mempengaruhi penawaran uang adalah kekayaan masyarakat. Sebenarnya hal tersebut tak jauh berbeda dengan pendapatan masyarakat yang mengatakan semakin banyak jumlah pendapatan maka jumlah uang yang beredar juga semakin banyak.

Sama halnya dengan kekayaan masyarakat. Apabila jumlah kekayaan masyarakat semakin banyak pada waktu tertentu maka jumlah dari uang yang beredar pada waktu tertentu juga akan semakin banyak.

(4) Fasilitas Kredit

Apabila banyak orang yang sekarang ini lebih suka menggunakan fasilitas kredit daripada tunai maka hal tersebut juga akan sangat mempengaruhi jumlah uang yang beredar pada suatu waktu tertentu.

Nah, dengan demikian maka jika sekarang ini Anda lebih menyukai bertransaksi menggunakan pembayaran via kredit maka jumlah uang tunai yang beredar juga akan semakin sedikit. Dengan begitu, sebaiknya gunakanlah uang kredit dan tunai secara seimbang.

(5) Harga Barang

Harga barang ternyata juga mempengaruhi jumlah penawaran uang yang beredar pada suatu tempat dan waktu tertentu. Apabila Anda menjumpai harga semua kebutuhan sekarang menjadi naik maka hal tersebut juga menunjukan bahwa sekarang ini jumlah penawar uang yang beredar memang semakin banyak, sebaliknya jika harga barang murah maka jumlah penawaran uangnya menjadi sedikit.

Dari beberapa penjelasan mengenai faktor yang mempengaruhi penawaran uang di atas, dapat diketahui bahwa penawaran uang juga berpengaruh pada kenaikan harga kebutuhan pokok di pasar.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment