Ini 8 Daerah Penghasil Minyak Bumi Indonesia yang UTAMA

Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah baik sumber daya yang bisa diperbarui maupun sumber daya yang tidak bisa diperbarui seperti bahan bakar fosil berupa minyak bumi, batu bara dan gas alam. Sumber minyak bumi pertama ditemukan oleh warga Belanda bernama A.G Zeijlker pada tahun 1883 di Telaga Said dan Tiga Telaga, Pangkalan Brandan, Sumatera Utara.

Penemuan tersebut menjadi latar belakang berdirinya perusahaan minyak asal Netherland di Indonesia. Berikut ini beberapa daerah penghasil minyak bumi.

Ini Dia Daerah Penghasil Minyak Bumi di Indonesia

Ini dia, 8 penghasil minyak bumi yang utama di Indonesia. Silahkan disimak:

1. Daerah Laut Jawa

Laut Jawa merupakan salah satu daerah penghasil minyak bumi dan gas alam terbesar di Indonesia. Laut jawa terbentang dari kota Sumatera sampai Jawa Barat. Laut Jawa mampu menghasilkan minyak bumi sebesar 65.154 barell setiap harinya.

Sehingga wilayah ini bisa dikatakan sebagai penghasil minyak bumi dan gas alam paling tinggi se-Indonesia.

2. Riau

Riau mampu menghasilkan minyak bumi mentah cukup besar yakni sekitar 359.777 barel. Terdapat 6 blok yang merupakan daerah pengoperasian perusahaan minyak yakni Mointain Front, Coastal, Siak Blok, Selat Panjang, Rokan, dan Pekanbaru.

Beberapa perusahaan minyak yang mengoperasikan aktivitas penambangan antara lain pertamina, chevron, siak pusako dan petroselat.

3. Kalimantan Timur

Kaltim mempunyai hasil minyak cukup besar. Hal ini bisa dilihat dari peringkat Kaltim sebagai daerah penghasil minyak bumi dan gas alam terbesar setelah Riau. Perusahaan yang mengoperasikan minyak bumi di Kalimantan Timur antara lain Chevron, Medco, Total dan Vico.

Diperkirakan hasil minyak bumi yang mampu diproduksi oleh beberapa perusahaan tersebut setiap harinya mencapai 134.626 barrel. Karena itu, Kaltim disebut-sebut sebagai penghasil minyak bumi dan gas terbesar di Indonesia.

4. Kepulauan Riau

Kepulauan Riau juga disebut sebagai salah satu penghasil minyak bumi dan gas alam terbesar di Indonesia. Perusahaan yang melakukan aktivitas penambangan minyak bumi di Kepulauan Riau antara lain Star Energy, Conoco Philips dan Premier Oil.

Perusahaan-perusahaan tersebt setiap harinya mampu menghasilkan minyak bumi sampai dengan 59.210 barrel. Dengan tambahan kondesat 2.365 barrel.

5. Jawa Timur

Selain menawarkan destinasi wisata yang menarik dan kuliner yang lezat. Jawa Timur ternyata merupakan salah satu daerah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia. Nama blok yang mungkin tidak asing lagi di telinga Anda adalah blok brantas dan blok cepu.

Blok brantas merupakan daerah operasi perusahaan Bakri yang menyebabkan lumpur lapindo.

6. Jambi

Jambi mampu menghasilkan minyak bumi sampai dengan 19.506 barrel setiap harinya. Beberapa perusahaan yang melakukan operasionalnya di ladang minyak ini antara lain Conoco, Pethrochina, Philips dan Pearl oil.

daerah penghasil minyak bumi
daerah penghasil minyak bumi

7. Sumatera Selatan

Provinsi Sumatera Selatan juga mampu menghasilkan minyak bumi dengan produksi besar. Blok yang terdapat di provinsi ini antara lain Ogan Komering, Raja Blok, Lematang dan Corridor. Ladang minyak tersebut dioperasikan oleh perusahaan Pertamina, Talisman, Golden Spike, Medco dan Conoco.

Sumatera selatan mampu menghasilkan minyak 41.057 barrel setiap harinnya.

8. Papua

Daerah lain yang mampu menghasilkan minyak bumi dalam jumlah besar yakni Papua. Perusahaan yang mengoperasikan minyak bumi di Papua antara lain Pertamina, Petroleum dan Petrochina. Dengan produksi sebesar 14.811 barrel setiap harinya, sangat tepat jika dikatakan Papua sebagai salah satu provinsi yang memproduksi minyak bumi dengan jumlah besar.

Itulah beberapa daerah penghasil minyak bumi di Indonesia yang mampu memproduksi minyak bumi dengan jumlah besar. Tetapi sayang, kekayaan alam yang ada di nusantara tersebut sebagian besar dikuasai oleh negara asing. Karena Indonesia sendiri belum mampu mengelolanya.

Leave a Comment