Ini 5 Daerah Penghasil Gas Alam Terbesar di Indonesia [Paling Utama]

Gas alam biasanya dijadikan sebagai sumber energi alternatif karena ramah lingkungan. Jika digunakan sebagai bahan bakar, emosi gas alam yang menguap ke udara tidak akan bertahan lama di atmosfer. Hal ini tentu tidak berdampak besar pada kerusakan lapisan ozon.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang terkenal karena kekayaan gas alamnya. Mana sajakah daerah yang mempunyai cadangan gas alam terbesar di Indonesia. Berikut daftar daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia.

Ini Dia Daerah Penghasil Gas Alam Terbesar Di Indonesia

Daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia ada 5, yaitus sebagai berikut:

1. Kalimantan Timur

Kalimantan Timur merupakan daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia. Salah satu blok yang menyimpan gas alam yang cukup besar adalah blok Mahakam. Industri gas alam di Kalimantan Timur menyuplai penyuplai utama perusahaan-perusahaan penting yang menyokong perekonomian daerah.

Seperti perusahaan badak LNG dan pupuk Kalimantan Timur. Kalimantan timur menyimpan cadangan gas yang besar dengan produksi mencapai 607,15 juta TFC.

2. Sumatera selatan

Provinsi dengan ibukota Palembang ini merupakan salah satu daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia. Salah satu daerah yang menjadi sumber gas alam terbesar di Sumatera Selatan adalah kabupaten Musi Banyuasin. Gas alam yang melimpah di kabupaten Musi Banyuasin merupakan cadangan energi paling produktif di Sumatera Selatan.

Meskipun bisa dijual mahal ke perusahaan luar negeri, pemerintah Musi berkomitmen untuk menyejahterakan warganya terlebih dulu dibanding menjual sumber daya ini ke pihak asing. Pemerintah setempat telah membangun sekitar 10.00 pipa sebagai saluran gas alam pada tahun 2016.

Dibangunnya pipa saluran ini sebagai wujud dukungan pemerintah untuk menyuplai bahan bakar untuk masyarakat setempat. Sehingga, pada penduduk bisa memanfaatkan sumber energi ini untuk memasak atau kebutuhan lainnya.

3. Papua Barat

Di Papua Barat terdapat pusat pertambangan dan pengolahan gas alam cair yang dibangun pemerintah di Teluk Bintuni yakni LNG Tangguh. LGN Tangguh merupakan proyek pemerintah untuk memanfaatkan potensi kekayaan alam nusantara.

Saking banyaknya cadangan gas alam di Papua, Indonesia masih bertahan sebagai penyuplai gas alam terbesar di dunia. Selain di LNG Tangguh, papua barat juga mempunyai wilayah yang ketika diteliti ternyata menyimpan cadangan gas alam yang melimpah. Daerah yang dimaksud yakni Kapulanda.

Tetapi masih dibutuhkan sekitar sepuluh tahun sampai pertambangan di Kapulanda bisa beroperasi. Pemerintah masih terus mengeksplorasi titik-titik lainya yang berpotensi menyimpan cadangan gas alam di bumi Papua Barat.

4. Kepulauan Riau

Selain menyimpan pesona wisata yang menawan, Riau juga merupakan daerah penghasil gas alam yang cukup besar. Di Riau, penambangan dan pengolahan gas alam dijalankan oleh PT Perusahaan Gas Negara atau PGN. Gas alam merupakan salah satu sektor industri terpenting di provinisi ini, mengingat potensi gas alam cukup melimpah.

Kabupaten Natuna merupakan salah satu wilayah di kepulauan Riau yang menyimpan gas alam cukup besar. Karena kekayaan alamnya yang luar biasa ini, tak heran jika Natuna menjadi rebutan antara Tiongkok dan Indonesia. Selain Natuna, gas alam juga terdapat di kabupaten Anambas.

5. Jawa Barat

daerah penghasil gas alam
daerah penghasil gas alam

Jawa barat yang dekat dengan ibukota Indonesia ternyata menyimpan cadangan gas alam yang cukup besar. Karena inilah, pemerintah Indonesia mendirikan PT Nusantara Regas. Perusahaan tersebut merupakan kerjasama antara PGN dan pertamina.

Salah satu produk andalah pengolahan gas di provinsi Jawa Barat adalah gas alam cair yang biasanya digunakan untuk kepentingan industri.

Itu dia beberapa daerah penghasil gas alam di Indonesia. Karena merupakan sumber energi tak terbarukan, sebaiknya kita sebagai warga negara Indonesia turut menjaga kelestarian gas alam ini. Salah satu langkah untuk menjaga kekayaan gas alam yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan dengan bijak bahan bakar LPG.

Leave a Comment