Ini 4 Contoh Tindakan Ekonomi yang Paling Aktual

Ekonomi merupakan salah satu sektor penting dalam kehidupan manusia, perkembangan yang pesat dalam bidang tersebut membuat penduduk lebih sejahtera. Prosesnya tidak lepas dari tindakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh tindakan ekonomi dapat dibedakan menjadi dua yaitu besar & kecil yang merupakan salah satu cara yang dilakukan manusia untuk bertahan hidup. Berbagai macam aktivitas ekonomi sudah dapat diperkenalkan orang tua kepada anak sejak dini dengan pengajaran-pengajaran ringan dalam lingkungan rumah tangga.

Di bawah ini kita akan melihat contoh tindak ekonomi dalam 4 aspek, yaitu:

  1. Aktivitas Individu
  2. Rumah Tangga
  3. Lembaga Masyarakat
  4. Lembaga Pemerintah

Untuk lebih jelasnya mari kita lanjutkan pembahasan tentang tindakan ekonomi.

Contoh Tindakan Ekonomi dalam Lingkungan Kecil & Besar

Proses pembangunan bidang ekonomi tidak serta merta tumbuh dengan cepat, perlu usaha-usaha untuk membuatnya terus tumbuh. Langkah-langkah kecil perlu dibangun oleh masyarakat setempat untuk mencapai kemajuan ekonomi yang signifikan.

Apa saja contoh tindakan ekonomi yang terlihat dalam keseharian masyarakat? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Aktivitas Individu

Banyak contoh kegiatan yang dilakukan perseorangan berkaitan dengan sektor ekonomi dapat dilihat setiap hari, satu diantaranya yaitu hubungan saling ketergantungan satu sama lain. Misalnya seperti kebutuhan manusia terkait bahan makanan ataupun hidangan akan menciptakan tindakan ekonomi berupa bertransaksi antara pelanggan dan penjual, baik itu pemilik restoran maupun pedagang di pasar.

Pada intinya, kegiatan individu yang menunjang ekonomi ini adalah segala transaksi jual beli yang dilakukan masyarakat untuk tujuan memenuhi kebutuhan pribadi.

2. Kegiatan ekonomi dalam rumah tangga

Dibandingkan dengan contoh tindakan ekonomi yang dilakukan oleh perseorangan, ruang lingkup rumah tangga lebih luas karena berkaitan dengan seluruh anggota keluarga. Tindak tanduk keluarga bisa dicontohkan dengan segala hal mengenai penghasilan per bulan yang umumnya dihasilkan oleh kepala keluarga untuk mencukupi semua kebutuhan individu-individu yang tinggal dalam satu atap tersebut.

Alurnya dimulai dari dedikasi ayah untuk perusahaan tempatnya bekerja, kemudian upah pekerjaan yang diberikan dimanfaatkan untuk kesejahteraan rumah tangga.

3. Kesibukan ekonomi lembaga masyarakat

Kegiatan ekonomi berupa rencana ataupun agenda lembaga masyarakat tidak hanya memberikan keuntungan untuk satu pihak saja, hasilnya juga dapat dinikmati oleh seluruh warga. Semakin besar lingkungan yang melakukan kesibukan ekonomi tersebut, maka lebih banyak individu yang menikmati manfaatnya.

Tindakan ekonomi yang dikerjakan oleh lembaga masyarakat dapat berupa berdirinya koperasi. Dana yang disediakan koperasi bisa membantu seluruh anggotanya untuk kebutuhan-kebutuhan mendadak dengan syarat & ketentuan yang diatur sendiri oleh masing-masing lembaga.

4. Tindakan ekonomi dari lembaga pemerintah

Pemerintahan merupakan lembaga yang segala kebijakannya berkaitan dengan kebutuhan warga dan negara sehingga mempengaruhi kegiatan ekonomi yang terjadi setiap harinya. Salah satu contoh tindakan ekonomi yang berasal dari lembaga pemerintahan yaitu bantuan bahan pangan seperti beras dan jenis sembako lainnya untuk mencukupi kebutuhan masyarakat kurang mampu.

Contoh tindakan ekonomi
Contoh tindakan ekonomi

Contoh lainnya berupa pembangunan sarana dan prasarana umum seperti bendungan, irigasi, jalan, jembatan dan masih banyak lainnya. Dampak dari aktivitas tersebut bisa dirasakan oleh seluruh penduduk, timbal baliknya akan dibebankan pajak dengan besaran tertentu kepada masyarakat. Misalnya pemilik kendaraan wajib membayar pajak setiap tahun untuk perbaikan jalan raya.

Selain empat poin di atas, contoh tindakan ekonomi yang memiliki lingkup paling luas adalah hubungan kerjasama antara dua negara atau lebih yang bertujuan untuk menciptakan kestabilan ekonomi. Hal tersebut tentu saja memberikan dampak kepada seluruh masyarakat di tiap negara.

Misalnya saja terbentuknya ASEAN dengan membentuk program-program ekonomi untuk membantu kemajuan ekonomi negara-negara yang menjadi anggota.

Leave a Comment